by

Waspadai Modus Akun Palsu Sosmed BCA, Karena Sudah Banyak yang Tertipu

Sekarang ini sosial media memang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat tak sekedar untuk menambah jaringan pertemanan, maupun juga mempermudah dalam mendapatkan beragam informasi terbaru. Langsung dari sumber yang terpercaya tentunya, diantaranya adalah untuk nasabah dari beberapa bank besar, seperti diantaranya adalah BCA juga memiliki sosmed yang digunakan untuk sharing informasi-informasi terbaru mereka. Anda bisa follow untuk mendapatkan banyak informasi menarik dan pastinya baru. Namun sekarang ini kejahatan cyber juga kian marak, diantaranya modus akun palsu sosmed BCA juga kian bertebaran.

Pastinya banyak yang sudah tidak asing dengan hal ini, coba saja Anda cari di Instagram dan ketik bank BCA, maka akan ada banyak sekali diantara akun-akun yang menamakan diri sebagai bank BCA, namun tidak semuanya merupakan akun resmi. Umumnya mereka juga berpotensi untuk menjalankan kejahatan cyber, banyak orang yang bahkan sudah tertipu akan hal ini sehingga kehilangan uang bahkan juga tak jarang data diri mereka yang tersebar kemana-mana.

Untuk itu penting sekali bagi Anda mewaspadai modus akun palsu sosmed BCA tersebut, adapun berikut ini diantaranya beberapa cara mudah yang dapat dilakukan untuk membedakan antara akun sosial media dari bank BCA yang resmi maupun juga palsu, yaitu:

  1. Mengecek keaslian akun, hal pertama yang tentunya harus Anda lakukan adalah dengan mengecek keaslian dari akun tersebut. Bank BCA sendiri umumnya akan menautkan akun resmi mereka di beragam platform yang dimiliki, baik itu lewat website resminya maupun juga lewat aplikasi bank BCA tersebut.
  2. Mengecek username, langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan mengecek username tersebut, dimana umumnya untuk username asli dan juga yang palsu akan sedikit memiliki perbedaan. Contohnya sendiri adalah dalam pemakaian huruf besar dan kecil saja sudah berbeda diantara keduanya, untuk itu maka harus diperhatikan baik-baik sebelum Anda follow.
  3. Akun yang resmi tidak akan meminta data pribadi, inilah yang harus diperhatikan karena ketika follow akun resmi mereka, maka tidak akan masuk pesan yang meminta data pribadi nasabah tersebut. Anda harus curiga jika seandainya setelah follow social media mereka, justru langsung dikirimi pesan yang meminta data pribadi baik itu nomor kartu ATM, ID PIN dan sebagainya, karena dapat dipakai untuk tindak kejahatan.
  4. Umumnya akun yang ada di Instagram akan memiliki tanda verified berupa centang biru untuk akun resminya, tandanya memang sudah terverifikasi dan membuktikan bahwa memang akun tersebut resmi. Namun hati-hati juga karena ada banyak yang menambahkan gambar tanda centang biru yang tidak asli, sehingga tampak mirip.

Umumnya modus akun palsu sosmed BCA ini sendiri juga sama, yaitu ketika Anda mengikuti aku tersebut, biasanya pihak akun yang akan balik meminta untuk mengikuti Anda. Selanjutnya akan mengirimkan pesan terlebih dahulu terkait dengan solusi layanan bank BCA ke user tersebut.

Dari sini nantinya Anda akan diminta untuk memberikan mereka berbagai macam data, diantaranya adalah meliputi nomor kartu ATM, kode OTP yang masuk ke ponsel, PIN, nomor CVV, kartu kredit serta berbagai macam data penunjang yang lainnya yang akan digunakan untuk membobol tabungan Anda, pastinya sangat meresahkan bukan. Patut untuk diketahui bahwa akun resmi tak akan meminta serangkaian hal tersebut. Jadi harus berhati-hati. Apalagi memang modus semacam ini memang kian marak, serta tak sedikit diantaranya yang sudah tertipu. Sumber : https://www.bca.co.id/id/informasi/awas-modus/2021/01/06/10/09/Awas-Modus-Jangan-Follow-Akun-Palsu-Sosmed-BCA

News Feed