by

Wajib Dicoba, Inilah Aneka Olahan Nikmat dari Bawang Bombay

Siapa yang tidak kenal dengan bawang bombay, ia termasuk dalam kategori bawang yang umum digunakan sebagai bumbu masak. Satu hal yang membedakan antara bawang bombay dengan jenis bawang yang lainnya adalah dari segi ukurannya yang tergolong relatif besar. Ia juga memiliki aroma yang cukup khas. Biasanya banyak digunakan untuk aneka olahan khas Timur Tengah, makanan-makanan khas daerah tersebut memang kerap kali menggunakan bawang bombay sebagai bumbu utamanya.

Aneka Olahan Lezat dari Bawang Bombay

Penting untuk diketahui bahwa selain dapat dijadikan sebagai bumbu untuk meningkatkan cita rasa masakan, sebenarnya bawang bombay ini juga dapat dijadikan sebagai bahan utama dalam beberapa jenis masakan, berikut ini diantaranya, yaitu:

  1. Onion ring, pastinya tak asing dengan makanan yang satu ini bukan, terbuat dari bahan dasar bawang bombay yang digoreng bersama dengan tepung sehingga rasanya cenderung lebih crispy, sebagai pelengkapnya maka dapat disajikan dengan beberapa jenis saus, termasuk diantaranya saus keju.
  2. Omelet bawang bombay, yaitu telur dadar dengan isian bawang bombay didalamnya, tak akan kalah jika dibandingkan dengan daun bawang karena bahan yang satu ini akan menciptakan cita rasa dan aroma yang lebih khas pada omelet tersebut.
  3. Tumis udang bawang bombay, Anda juga bisa mencoba hidangan yang satu ini, sajian udang ditambah dengan bawang bombay yang akan membuat aromanya menjadi lebih kuat, pastinya dari segi rasa sendiri juga sangat nikmat.

Kandungan Gizi dalam Bawang Bombay

Patut untuk diketahui bahwa bumbu dapur yang satu ini juga mengandung banyak sekali jenis senyawa bermanfaat didalamnya, diantaranya adalah:

  • Protein.
  • Karbohidrat.
  • Serat.
  • Kalium.
  • Vitamin C.
  • Kalsium.
  • Zat besi.
  • Zinc.
  • Vitamin B2.
  • Karoten.

Manfaat Bawang Bombay untuk Kesehatan

Tentunya dengan begitu banyak kandungan senyawa bermanfaat dalam bawang bombay ini membuatnya memiliki banyak khasiat, khususnya adalah bagi kesehatan sendiri, yaitu:

  1. Menjaga kesehatan jantung, manfaat utamanya adalah sangat bagus untuk kesehatan jantung, hal ini tak terlepas dari kandungan senyawa dalam bawang bombay yang memang dapat menjaga tekanan darah agar nantinya tetap stabil, jika tekanan darah senantiasa normal maka dampak jangka panjangnya juga bagus untuk jantung Anda.
  2. Membantu untuk menjaga mood, bawang bombay juga mengandung folat yang berguna untuk mengurangi gejala depresi. Karena memang dapat mengurangi terbentuknya homosistein, senyawa yang memang dapat menghalangi darah juga zat gizi bisa sampai hingga otak secara maksimal.
  3. Menjaga sistem pencernaan, bawang bombay ini nyatanya juga mengandung serat yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan organ pencernaan. Mencegah terjadinya sembelit dan gangguan cerna yang lainnya.
  4. Meningkatkan kekebalan tubuh, di dalam bawang bombay terkandung senyawa polifenol yang manfaatnya adalah sebagai sumber antioksidan untuk melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas.

Jadi tak perlu ragu untuk menambahkan bawang bombay ini kedalam menu masakan yang Anda buat. Bawang bombay sekarang ini juga dapat dibeli secara mudah lewat online di TaniHub. Dimana memang aplikasi yang satu ini secara khusus menjual beragam jenis bahan pangan mulai dari sayuran, buah-buahan, bumbu dapur, sembako sampai dengan daging juga seafood tersedia lengkap. Banyak promo istimewa yang pastinya akan membuat harga jadi lebih hemat. Anda bisa berbelanja secara lebih mudah lewat aplikasinya langsung, bisa didownload di Playstore maupun Appstore.

News Feed