Tips Memilih Perumahan Syariah untuk Hunian Keluarga Besar

Bisnis17 views

Setiap pasangan yang berkeluarga pasti menginginkan sebuah hunian. Terlebih lagi jika sudah ada penambahan jumlah anggota keluarga. Rasanya tidak mungkin menetap di rumah tinggal yang terlalu kecil. Dapat dipastikan mengurangi kenyamanan anggotanya.

Jika diperhatikan sekarang menjamur pembangunan perumahan syariah. Pangsa pasarnya adalah keluarga muslim yang menginginkan hunian dengan penekanan pada syariat Islam.

Tentu saja hal ini cukup berbeda dibandingkan dengan perumahan konvensional. Berhubungan dengan pembiayaan serta akad yang nanti akan dijadikan salah satu dasar transaksi finansial.

Tips Memilih Perumahan Syariah

Kendati berbasis syariat Islam bukan berarti Anda tidak berhak untuk berhati-hati.  Tetap diperlukan kewaspadaan untuk memilih developer perumahan syariah yang terpercaya. Sebab berhubungan dengan transaksi keuangan dalam jumlah besar serta masa depan Anda dan keluarga.

Beberapa tips di bawah ini dapat anda perhatikan untuk membantu memilih developer yang amanah. Antara lain adalah:

Pengecekan Kredibilitas Developer

Sebelum melakukan transaksi keuangan dengan pengembang, maka Anda dapat melakukan pengecekan kredibilitas developer tersebut. Lihatlah pada sistem registrasi pengembang ataupun sireng yang berada di bawah asosiasi yang menaungi secara resmi.

Anda juga dapat melihat Apakah pengembangan tersebut terdaftar dalam Komunitas Developer Property Syariah yang ada. Dari situ bisa melihat perizinan yang dimiliki pengembang terpilih.

Pengontrolan Proses Pembangunan

Biasanya developer memiliki rencana pengembangan suatu kawasan perumahan.  Anda dapat melihat progresnya dalam jangka waktu tertentu.  Karena pada umumnya sudah ada beberapa orang yang melakukan transaksi keuangan dengan pengembang tersebut.

Jangan sungkan untuk bertanya kepada mereka yang berada di lokasi. Sebab sering kali memberitahukan Informasi yang tidak diberikan oleh developer. Kroscek ketika mendapatkan data yang baru.

Perhatikan Sistem Pembayarannya

Pengembang perumahan berbasis Syariah akan menggunakan sistem inden yaitu calon konsumen harus memberikan uang muka sejumlah tertentu sebagai tanda jadi untuk membangun rumah yang diinginkan.

Anda dapat memberikan sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati bersama.  namun bukan berarti bisa lepas tangan.  anda juga wajib memantau kegiatan tersebut melalui sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh pengelolaan dana pembiayaan perumahan.

Platform tersebut dimaksudkan untuk membantu konsumen agar mengetahui tentang KPR subsidi Perumahan Syariah. Ini untuk menghindari macetnya pembangunan karena sesuatu dan lain hal yang dialami oleh developer

Cari Alternatif Pembayaran

Anda tidak yakin dengan kemampuan developer menangani keuangan maka Carilah alternatif pembayaran yang dilayani oleh perbankan syariah pemerintah. Pada umumnya pengembang perumahan juga bekerjasama dengan lembaga keuangan tersebut untuk mempermudah para nasabahnya melakukan pembayaran serta pelunasan.

Kini Anda tidak perlu bingung lagi memilih perumahan syariah untuk memenuhi kenyamanan anggota keluarga. Dengan beberapa tips diatas, maka Anda dapat mulai untuk menentukan developer mana yang bekerja yaa sesuai dengan prinsip syariah.