by

Tanpa Obat-Obatan, Kamu Juga Bisa Atasi Nyeri Haidmu

Tidak melulu menggunakan obat-obatan kimia, untuk mengatasi nyeri haid Kamu juga bisa menggunakan sesuatu yang alami. Ini juga dapat diterapkan sebagai cara mengatasi nyeri haid yang berlebihan. Menggunakan sesuatu yang alami untuk atasi nyeri haid tersebut dapat berlangsung dalam jangka panjang. Lain halnya dengan obat-obatan kimia. Lantas, apa saja sih cara alami untuk atas nyeri haid?

Cara Alami Atasi Nyeri Haid

  1. Terapi akupuntur

Kamu tentu tidak asing dengan istilah akupuntur. Akupuntur merupakan jenis pengobatan Tiongkok tradisional dengan melibatkan pemasangan jarum kecil pada titik-titik tertentu. Terapi ini diklaim mampu meredakan kram dan nyeri haid. Bahkan penelitian akupuntur sebagai metode ampuh meredakan kram perut karena haid telah dilakukan oleh Rumah Sakit Oriental di Kyung Hee University Medical Center.

  1. Meminum teh chamomile

Studi ilmiah menyebutkan bahwa terdapat kandungan penghilang rasa sakit di dalam teh chamomile. Teh chamomile dapat meningkatkan hippurate, yakni suatu senyawa anti-inflamasi alami yang dapat menurunkan produksi zat kimia prostaglandin. Hal ini menyebabkan teh chamomile bisa mengurangi kram akibat menstruasi.

  1. Mencukupi kebutuhan vitamin D

Untuk mencegah maupun mengurangi rasa nyeri dan kram akibat menstruasi, maka sebaiknya Kamu mulai memperhatikan asupan vitamin D dalam tubuhmu. Sebuah studi membuktikan bahwa dosis tinggi dari vitamin D3 dapat meredakan kram akibat menstruasi. Kurang lebih 40% rasa nyeri akibat menstruasi berkurang karena banyaknya asupan vitamin D3.

  1. Mengonsumsi jamu kunyit asam

Mengonsumsi jamu kunyit asam adalah salah satu resep turun-temurun yang hingga kini sering digunakan oleh banyak wanita. Bahkan sekarang sudah banyak produk jamu kunyit kemasan yang bisa Kamu dapatkan di toko terdekat. Kamu dapat meredakan nyeri haidmu dengan menggunakan jamu kunyit asam. Selain itu, apabila Kamu rutin mengonsumsi jamu ini maka siklus haidmu akan terasa lancar.

  1. Menempelkan pad hangat terapi nyeri haid

Cara alami terakhir yang dapat Kamu lakukan untuk mengurangi nyeri haidmu adalah dengan menempelkan pad hangat. Pad hangat ini dapat Kamu gunakan untuk mengatasi nyeri haid yang normal maupun yang berlebihan sekalipun. Efek hangat yang ditimbulkan oleh pad terapi ini bisa mencapai 8 jam. Dengan menggunakan pad ini, maka Kamu akan merasa lebih nyaman dan rileks dalam beraktivitas.

News Feed