by

Tak Hanya Tempat Bekerja, Ini Manfaat Lain Coworking Space

Kemajuan teknologi menawarkan cara baru dalam bekerja. Banyak yang bekerja di sebuah perusahaan yang menerapkan konsep virtual office. Bekerja tak harus “ngantor”, bisa di mana saja. Inilah yang mendorong munculnya kaum digital nomad, atau orang-orang yang bekerja secara lepas, nomaden, tidak terikat oleh waktu dan tempat, dan memanfaatkan teknologi untuk bekerja dan berkomunikasi. Oleh sebab itu menjamurlah coworking space.  Tak hanya itu, tumbuh pesatnya bisnis start up mendorong anak-anak muda semakin kreatif menjadi entrepreneur. Apa sih manfaat lain coworking space jakarta?

Fenomena ini pun menumbuhkan peluang bisnis lainnya. Salah satunya ruang kerja bersama, yang dikenal dengan coworking space. Di sini, individu maupun komunitas akan berbagi ruang untuk masing-masing pekerjaannya. Pengguna coworking space, biasa disebut coworkers, bisa menggunakan ruang atau meja di coworking space dengan membayar sewa dengan waktu bervariasi. Ada yang menawarkan waktu lebih fleksibel, ada pula yang terbatas. Konsep coworking spaceyang tersedia pun bermacam-macam. Coworkers bisa memilih sesuai kebutuhan. Selain untuk bekerja, apa sih manfaat lain coworking space?

Manfaat lain coworking space

Ada banyak manfaat yang bisa Anda nikmati dengan bekerja di coworking space. Apa saja?

1. Terbangun komunitas.

Bekerja di coworking space memungkinkan terbangunnya suatu komunitas bagi para coworkers. Hal ini juga tentunya bisa memperluas jaringan, serta bersosialisasi dengan mereka yang bekerja di berbagai bidang.

2. Suasana kondusif.

Selain itu, Anda bisa mendapatkan suasana bekerja yang kondusif. Anda berkesempatan berada di sekeliling orang-orang kreatif sehingga bisa menjadi lebih produktif dan termotivasi.

3. Hemat

 Yang tak kalah penting, menyewa coworking space bisa menghemat bujet Anda dalam membangun usaha. Karena, Anda cukup membayar biaya sewa saat memakai coworking space. Jelas ini lebih murah ketimbang menyewa gedung atau ruko sendiri.

4. Representatif

Terletak di wilayah perkantoran serta terpelihara dengan baik membuat coworking space representatif untuk bekerja dan bernegosiasi dengan mitra bisnis. Sehingga, meski usaha yang Anda bangun ialah usaha rintisan, Anda tetap berkesempatan bekerja atau melakukan rapat di tempat yang representatif. Ini tentu akan meningkatkan citra dan reputasi Anda di mata rekan bisnis.

Namun, yang perlu diingat, selalu jaga etika saat bekerja di ruang bersama ini. Misalnya, menjaga ketenangan, tidak asyik dengan “dunia sendiri” dan tetaplah menjalin komunikasi dengan coworkers lain. Karena siapa tahu, ini akan menjadi pintu bagi Anda untuk berkolaborasi dengan coworkers lain.