by

Tahapan Testing Genset yang Perlu Kamu Ketahui

Tidak bisa dimungkiri, di zaman sekarang kebutuhan listrik mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Pasalnya, hampir semua kegiatan yang dilakukan sehari-hari melibatkan listrik di dalamnya, tak terkecuali bagi perusahaan-perusahaan besar. Oleh karena itu, biasanya perusahaan membutuhkan pemasok daya listrik yang tinggi supaya dapat menjalankan aktivitas bisnis dengan lancar. Salah satu opsi yang tepat bagi perusahaan dalam menangani hal tersebut adalah dengan menyewa genset atau generator set.

Seperti yang kita tahu, genset merupakan alat yang paling penting untuk digunakan dalam menangani masalah listrik saat butuh cadangan dan daya pemasok tambahan. Namun, tahukah kamu bahwa hampir kebanyakan orang melakukan testing dan commisioning terlebih dahulu sebelum melakukannya?

Testing dan commisioning genset adalah serangkaian tes yang dilakukan untuk memastikan bahwa genset memiliki performa yang optimal sehingga dapat menghasilkan listrik sesuai dengan kebutuhan. Tes ini merupakan salah satu bagian dari perawatan genset untuk mencegah terputusnya aliran listrik di kawasan industri atau gedung perkantoran. Selain itu, tes ini juga berguna untuk memastikan bahwa genset berada dalam kondisi yang baik dan menghasilkan daya listrik yang maksimal.

Berikut ada tahapan-tahapannya yang perlu kamu ketahui:

Tes dan inspeksi konstruksi

Tahapan pertama dalam commisioning genset adalah inspeksi konstruksi genset. Dalam tahap ini bertujuan untuk memastikan desain genset telah sesuai dengan rancangan dan siap untuk digunakan saat kondisi darurat.

Biasanya dalam tahap ini dilakukan di area:

  • Tes operasi genset secara penuh
  • Tes fungsi kontrol
  • Uji hambatan listrik
  • Uji kenaikan suhu

Tes kinerja fungsional

Setelah menjalani tes dan inspeksi konstruksi, tes selanjutnya yang perlu dilakukan adalah melakukan tes kinerja fungsional. Langkah ini dilakukan dengan menjalankan proses di area berikut:

  • Uji beban tiruan
  • Tes penerimaan beban
  • Tes hidrolik
  • Cek perlindungan sirkuti dan uji transfer beban

Proseder testing dan commisioning genset harus dilakukan secara rutin dan teliti. Agar dapat dilakukan dengan maksimal perawatan gensetnya, kamu bisa menyerahkannya kepada Sewatama. Sebagai perusahaan yang dapat menangani backup power kelistrikan perusahaan, mereka tidak akan mengecewakan pelanggannya.

News Feed