Strategi untuk Belajar Tentang Social Media Marketing dengan Efektif

Bisnis32 views

Pemasaran media sosial atau social media marketing merupakan salah satu cabang untuk pemasaran yang saat ini sedang digandrungi oleh banyak orang. Lebih singkatnya, social media marketing itu sebenarnya sebuah metode pemasaran yang dilakukan untuk memanfaatkan adanya jejaring sosial sebagai suatu platform yang berguna untuk mempromosikan bisnis.

Socialmediamarketer atau SMM sendiri merupakan suatu proses untuk pemasaran suatu jasa, produk atau bisnis dan kemudian membagikannya lewat sebuah media sosial untuk bisa menimbulkan suatu interaksi antara bisnis dengan para target audiensnya. Menurut seorang pakar marketing yaitu Neil Patel mengatakan jika social media marketing itu adalah salah satu upaya untuk bisa memasarkan sebuah produk lewat berbagai jenis media sosial baik itu yang dilakukan secara berbayar atau ads, organik, dan juga lewat berbagai strategi dari networking.

Saat ini pemasaran media sosial sendiri sedang banyak sekali dilirik oleh perusahaan. Maka sudah tidak heran lagi, jika ada begitu banyak orang yang akhirnya mereka tertarik untuk bisa belajar social media marketing. Mungkin sebagian besar termasuk salah satu dari orang-orang tersebut, maka dari itu pada artikel kali ini kami akan memberikan kalian beberapa tips untuk mendalami bidang yang satu ini agar nantinya bisa membantu untuk memaksimalkan proses belajar kalian.

Penyesuaian Profil untuk Media Sosial

Agar nantinya proses marketing kalian bisa berjalan secara maksimal, kalian harus bisa belajar untuk mengelola profil sosial media kalian. Di bawah ini ada beberapa informasi yang sangat wajib sekali untuk kalian isi dengan benar:

  • Description atau about
  • Username
  • URL
  • Location
  • Cover photo
  • Profile picture

Selain itu, kalian juga wajib untuk membuat sebuah konten yang pastinya sesuai dengan bidang dari perusahaan. Selain mengetahui informasi yang dasar, kalian juga harus bisa memastikan jika konten yang kalian buat tersebut sangat akrab dan juga konsisten di mata para audiens.

Memilih Media Sosial yang Tepat

Saat kalian memutuskan untuk mulai belajar tentang social media marketing, ada baiknya terlebih dahulu kalian harus memilih salah satu untuk medianya. Dengan kalian fokus terhadap satu platform saja, itu nantinya akan membuat kalian memiliki gambaran soal dalam bidang yang satu ini. Untuk bisa menentukan hal ini, kalian bisa mencocokkan dengan para audiens layanan atau produk milik kalian. Dengan kalian memahaminya, maka nantinya kalian akan bisa memilih sebuah media sosial yang sangat tepat untuk kalian mulai mempelajarinya.

Frekuensi dan Waktu yang Ideal

Untuk para social media marketer, frekuensi dan juga waktu untuk upload itu memiliki nilai yang sangat besar. Ketika frekuensi dan juga waktunya meleset, maka nantinya hasil untuk postingnya juga tidak akan bisa maksimal. Coba kalian pelajari tentang frekuensi dan juga waktu setiap kali kalian akan post, karena masing-masing media sosial mempunyai frekuensi serta waktu idealnya yang berbeda-beda satu sama lain.

Membuat Tone dan voice untuk Setiap Post

Selanjutnya, kalian harus bisa menetapkan adanya tone dan juga voice. Tone serta voice sendiri merupakan sebuah gaya tampilan dan juga interaksi kalian dengan para audiens. Hal yang satu ini juga bisa kalian lihat dari penggunaan suatu bahasa sampai dengan tampilan dari visualnya, untuk melakukan hal tersebut kalian perlu untuk melakukan sebuah riset secara mendalam terlebih dahulu tentang persona dari para audiens kalian.