by

Step by Step Mematangkan Kampanye Pemasaran di Media Sosial

Salah satu strategi jitu untuk memasarkan produk atau jasa saat ini yaitu menggunakan media sosial. Dari jumlah penggunanya, sudah dapat dipastikan bahwa pemasaran melalui media digital sangat perlu dilakukan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Bahkan saat ini anda pasti sudah mengetahui beberapa perusahaan besar yang menggunakan medsos sebagai ajang kampanye produk mereka. Dari data statistik, 80% perusahaan di Asia telah menggunakan media sosial untuk sebagai salah satu media pemasaran.

Dari potensi yang besar tersebut, tentunya anda tidak mau ketinggalan dengan yang lain untuk juga menggunakannya. Namun jangan asal melakukan pemasaran saja, ada beberapa langkah penting yang harus anda lakukan demi kesuksesan kampanye pemasaran yang dilakukan.

1. Menentukan Tujuan

Tujuan adalah hal yang harus anda tentukan terlebih dahulu sebelum melangkah lebih jauh. Apa tujuan anda melakukan kampanye? Untuk mengenalkan produk baru? Untuk mencari pelanggan setia atau untuk meningkatkan penjualan? Anda juga bisa menentukan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan kampanye pemasaran tersebut. Berapa keuntungan yang bisa didapatkan dari modal tersebut. Semua itu harus jelas terlebih dahulu. Jika anda sudah menentukan, lakukan langkah selanjutnya.

2.  Mengembangkan Timeline

Tentukan timeline yang tepat, bisa sangat berguna ketika anda meluncurkan produk baru. Susun timeline dengan jelas, mulai dari perencanaan dan kapan peluncurannya. Buat rangkaian yang jelas dan mudah untuk dilakukan.

3. Pilih Platform Media Sosial

Tidak semua apa yang anda tawarkan akan sesuai dengan jenis platform yang digunakan. Untuk itu anda perlu memilih platform apa yang cocok untuk media kampanye pemasaran. Apakah itu Facebook, Twitter, Instagram atau yang lain? Tentunya semua tergantung dari konten yang akan digunakan. Misalkan saja anda menggunakan konten video,  maka gunakan platform youtube atau Tiktok. Semua platform media sosial dapat menjangkau audience di beberapa lokasi.

4. Strategi Pemasaran Menggunakan Influencer

Untuk mengenalkan sebuah produk baru, mungkin anda perlu menggandeng influencer sebagai daya tariknya. Namun yang perlu diperhatikan adalah, beri ruang kepada influencer untuk mengenalkan produk tersebut. Maksudnya adalah, jangan terlalu diarahkan ketika mereka memposting apa yang anda tawarkan. Hal ini akan terlihat tidak natural dan terkesan dipaksakan.

5. Menentukan Konten Kampanye Pemasaran

Konten mempunyai peran penting dalam kesuksesan anda melakukan kampanye pemasaran. Kalaupun anda menggunakan layanan SMS masking, atau bahkan influencer yang terkenal sekalipun, akan tidak berguna jika kontennya tidak menarik. Konten yang menarik bisa didapatkan dari gambar, video ataupun teks yang dapat mempengaruhi audience agar mereka tertarik. Pilih konten sesuai dengan platform media sosial yang anda gunakan.

6. Saatnya Peluncuran

Jika anda sudah menyiapkan semua poin diatas dengan benar, seharusnya anda sudah siap dengan peluncuran produk yang akan dikampanyekan. Pada poin ini, anda juga harus menyiapkan beberapa hal untuk menjawab respons dan pertanyaan pelanggan. Misalkan anda menyiapkan kontak yang dapat dihubungi dan siapa saja yang akan menanganinya. Anda juga bisa menyiapkan seseorang untuk membantu mengawasi proses peluncuran tersebut.

Selain dari hal diatas, anda dapat memberikan promo atau diskon pada saat peluncuran agar calon konsumen lebih tertarik dengan penawaran anda. Untuk menerapkan kampanye pemasaran di media sosial, anda harus yakin bahwa produk atau jasa yang anda tawarkan tersebut memang benar-benar bagus. Jangan pernah mengecewakan pelanggan, jika hal itu terjadi, bukan hanya pelanggan yang akan meninggalkan usaha anda, melainkan calon pelanggan lain yang mungkin saja potensial.

News Feed