by

Sering Dilakukan, Ini 5 Kebiasaan Mahasiswa yang Bikin Boros!

Meski sering disibukkan dengan tugas kampus yang menumpuk, namun masalah kantong kering juga kerap dialami para mahasiswa. Apalagi, bagi mereka yang harus membiayai kuliahnya sendiri atau tinggal jauh dari orang tua, mengelola keuangan dengan baik merupakan hal penting yang harus dilakukan. Mahasiswa biasanya memang mempunyai banyak kebutuhan, mulai dari uang buku, uang semester, biaya tempat tinggal, dan berbagai biaya lainnya yang penting.

Selain masalah biaya-biaya ini, ada juga sejumlah kebiasaan mahasiswa yang tanpa disadari membuat keuangan cepat menipis alias boros. Mereka biasanya tidak menyadari bahwa kebiasaan yang mereka lakukan tersebut menyebabkan keuangannya cepat habis, karena sudah menjadi kebiasaan sehari-hari.

Kalau kamu termasuk mahasiswa yang sering mengalami keuangan menipis padahal belum akhir bulan, dan ingin mengubah kebiasaan boros tersebut. Kamu bisa mulai dengan mengurangi atau menghindari berbagai kebiasaan yang bikin boros, seperti sejumlah daftarnya di bawah ini.

  1. Sering Makan Di Luar

Sumber: id.pinterest.com

Makan di luar menjadi salah satu faktor mahasiswa menjadi boros. Sekali-kali makan di luar mungkin gak ada salahnya, tapi kalau sudah menjadi kebiasaan sehari-hari, bukan tidak mungkin keuangan kamu akan cepat terkuras. Kalau kamu memiliki keahlian memasak, membuat makanan sendiri bisa menjadi cara terbaik untuk kamu coba agar tidak terlalu boros.

Kamu juga bisa membawa makanan tersebut buat bekal di kampus nanti. Jika tidak ada waktu untuk memasak, pilihlah tempat makan yang terjangkau, misalnya warteg atau kantin yang ada di sekitar kampus. Hal ini dapat membantumu menghemat pengeluaran.

  1. Terlalu Sering Nongkrong di Kafe

Sumber: id.pinterest.com

Kafe biasanya memang menjadi tempat favorit para mahasiswa untuk nongkrong bareng teman-teman maupun sekedar mengerjakan tugas kuliah. Mengerjakan tugas kuliah di kafe mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mencari inspirasi atau suasana baru agar bisa meningkatkan semangat dalam mengerjakan tugas. Tapi, sadarkah kamu, bahwa kebiasaan ini justru menjadi penyebab uang sakumu menjadi menipis.

Pasalnya, kebanyakan kafe mempunyai harga makanan dan minuman yang cukup mahal. Jika terlalu sering membeli makanan dan minuman disana, kamu tentu harus siap mengeluarkan budget yang tidak sedikit. Hal ini sebenarnya sah-sah saja, namun kamu juga perlu memperhatikan kondisi keuanganmu agar tidak kehabisan sebelum akhir bulan.

  1. Beli Buku, Tapi Malas Baca

Sumber: id.pinterest.com

Beli buku namun malas membaca dan hanya jadi pajangan, sudah jelas pemborosan. Padahal, dengan rajin membaca kamu bisa mendapatkan banyak ilmu dan wawasan yang bermanfaat untuk kebutuhan kuliah mu, sehingga uang yang kamu keluarkan gak sia-sia.

  1. Belanja Barang-barang yang Tidak Penting

Sumber: id.pinterest.com

Kebiasaan ini umumnya banyak dilakukan oleh para perempuan. Ketika pergi ke Mall, ada saja barang-barang yang ingin dibeli. Padahal, belum tentu barang tersebut penting dan dibutuhkan. Jika kamu mempunyai kebiasaan ini, sebaiknya segera hindari. Pikirkan dengan baik sebelum belanja. Apakah barang tersebut benar-benar kamu butuhkan, atau hanya tergiur dengan modelnya yang bagus dan diskon yang menguntungkan.

Kalau kamu bisa menahan hal ini, uang milikmu bisa digunakan untuk membeli barang yang lebih penting, misalnya printer Epson l3110 untuk kebutuhan kuliah.  Dengan memiliki printer sendiri, kamu bisa lebih bebas nge-print dokumen tanpa perlu keluar budget.

  1. Tidak Memanfaatkan Fasilitas Perpustakaan yang Ada

Sumber: id.pinterest.com

Perpustakaan adalah salah satu fasilitas kampus yang harus kamu manfaatkan dengan sebaik mungkin. Karena, disana kamu bisa meminjam berbagai buku untuk kebutuhan tugas maupun bahan skripsi. Tentunya ini lebih hemat daripada harus membeli buku.

Namun, biasanya ada batas waktu tertentu saat meminjam buku di perpustakaan. Jadi, kamu harus tepat waktu untuk mengembalikannya, sebab umumnya ada denda yang harus kamu bayar jika terlambat mengembalikannya. Tapi, kalau masih membutuhkan buku tersebut, kamu bisa melaporkan kepada petugas perpustakaan untuk memperpanjang waktu peminjaman buku tersebut.

Itu dia sederet kebiasaan yang bikin mahasiswa jadi boros. Jika kamu bisa mengurangi kebiasaan-kebiasaan boros tersebut, kamu bisa lebih hemat pengeluaran. Bahkan, kamu bisa menabung untuk membeli printer Epson l3110 buat memenuhi kebutuhan kuliahmu. Dengan harga printer Epson l3110 sekitar Rp 2.495.000, kamu bisa melakukan print, scan hingga copy dokumen sepuasnya. Semoga bermanfaat!. Baca juga Reaksi Pemakaian Ms Glow Berdasarkan dari Jenisnya.

News Feed