by

Seperti Apa Prinsip Kerja Sel Surya? Yuk Ketahui Disini!

Apa Anda sudah tahu bagaimana prinsip kerja sel surya? Jika belum, informasi dalam artikel ini akan membantu Anda. Saat ini akibat tagihan listrik yang membengkak banyak masyarakat yang mencari energi alternatif untuk memenuhi kebutuhan listriknya sehari-hari. Solar Panel menjadi energi alternatif yang banyak digemari. Nah, agar energi matahari bisa berubah menjadi energi listrik dibutuhkan sel surya. 

Semakin banyak sel surya yang disusun berbanding lurus dengan energi yang bisa dihasilkan. Sel surya juga akan menyerap sinar matahari.  Di dalam sel surya sendiri memiliki komponen photovoltaic yaitu komponen yang bisa mengubah cahaya menjadi listrik. Sel surya pada umumnya terdiri dari beberapa lapisan silikon. Sifat dari silikon tersebut adalah semikonduktor, metal, strip konduktor dan anti reflektif.  Lalu bagaimana prinsip kerja sel surya tersebut? Yuk simak!

Sel Surya Merupakan Bagian Panel Surya

Sebelum Anda tahu seperti apa prinsip kerja sel surya, alangkah baiknya jika tahu apa itu sel surya terlebih dahulu. Mungkin masih banyak yang belum tahu apa itu sel surya dan perbedaannya dengan panel surya.  Sel surya dan panel surya menjadi bagian yang penting dari PLTS.

Tanpa sel dan panel surya, PLTS tidak bisa mengubah energi matahari menjadi energi listrik. Panel surya adalah kumpulan sel surya yang ditata agar bisa efektif dalam menyerap sinar matahari. Jadi, panel surya terdiri dari banyak sel surya. Semakin banyak sel surya yang disusun akan membuat energi yang dihasilkan akan semakin besar.

Apa itu Sel Surya?

Lalu apa itu sel surya? Nah, sel surya adalah sel yang terdiri dari beberapa komponen seperti photovoltaic. Apa itu photovoltaic? Nah, photovoltaic akan menghubungkan dua elektroda dengan sistem padatan atau cairan yang bisa mendapatkan energi cahaya.  Pada umumnya sel surya terdiri dari beberapa lapisan silik[n seperti semikonduktor, metal, lapisan anti reflektif, dan strip konduktor metal. Nah, lapisan-lapisan inilah yang akan berjasa menghasilkan listrik agar bisa Anda nikmati di rumah.

Fungsi Sel Surya

  1. Menangkap Energi Matahari

Dalam panel surya, sel surya inilah yang memiliki fungsi untuk menangkap sinar matahari. Energi matahari akan ditangkap kemudian menyerapnya. Semakin banyak sel surya yang terpasang pada panel surya membuat semakin banyak sinar matahari yang terserap sehingga nantinya energi listrik yang dihasilkan akan semakin besar.

  • Mengubah Sinar Matahari Menjadi Listrik

Setelah menangkap sinar matahari, sel surya inilah yang akan mengubah sinar matahari menjadi energi listrik dengan arus DC. Di dalam sel surya terdapat photovoltaic yang menjadi komponen pengubah cahaya menjadi listrik. Meski sudah berubah menjadi arus DC, energi listrik tersebut belum bisa dimanfaatkan karena masih harus diubah menjadi energi listrik dengan arus AC.

Prinsip Kerja Sel Surya

Tahukah Anda jika prinsip kerja sel surya dimulai dari partikel yang disebut sebagai foton? Nah, foton merupakan partikel sinar matahari yang paling kecil. Partikel bernama foton yang akan menghantam atom pada bagian atas silikon semikonduktor sel surya. Akibat hantaman yang terjadi tersebut membuat ledakan kemudian terjadi dan menimbulkan energi yang cukup besar.

Ledakan yang terjadi menyebabkan elektron terpisah dan berubah menjadi dua yaitu elektron negatif dan positif. Apa perbedaannya? Untuk elektron yang bermuatan negatif akan bebas bergerak di daerah pita konduksi yang asalnya dari material silikon semikonduktor. Atom yang kehilangan elektron bisa meninggalkan struktur kosong yang bisa disebut dengan hole atau elektron dengan muatan positif.

Pada bagian semikonduktor dengan elektron bebas memiliki sifat negatif. Fungsinya sebagai donor elektron semikonduktor dengan hole yang sifatnya positif dan berfungsi sebagai penerima atau tipe R. Di persimpangan antara elektron positif dan negatif bisa membentuk PN Junction. Nah, PN Junction inilah yang akan menimbulkan energi bahkan mampu mendorong elektron dengan hole secara kuat bergerak berlawanan. Arus listrik juga berasa dari persimpangan daerah positif atau negatif yang biasa disebut sebagai PN Junction.

Prinsip Kerja Lebih Sederhana

Prinsip kerja sel surya secara sederhana adalah sel surya pada panel surya bisa menangkap sinar matahari. Nah, sinar matahari tersebut akan diubah menjadi arus listrik DC.  Eits, arus listrik tersebut belum bisa digunakan lho. Arus listrik harus bisa diubah menjadi arus listrik AC agar arus listrik tersebut menjadi terbentuk.

Untuk mengubah arus listrik DC ke AC dibutuhkan inverter. Setelah arus listrik diubah, daya tersebut akan disimpan ke dalam baterai. Anda bisa menggunakannya saat malam hari tanpa sinar matahari sekalipun karena daya sudah ada di dalam baterai. Anda bebas menggunakannya kapan saja, listrik bisa digunakan untuk AC, TV, kulkas dan sebagainya.

SUN Energy Menawarkan Panel Surya Terbaik

Jika Anda tertarik untuk menggunakan panel surya Anda bisa menggunakan jasa SUN Energy. Mengapa SUN Energy? Hal itu karena SUN Energy menjadi perusahaan pengembang proyek sistem tenaga surya terbesar di Indonesia. SUN Energy telah memiliki proyek sebesar 49 MWp. Anda akan mendapatkan solusi terintegrasi mulai dari konsep sampai konstruksi.

Ada beragam pilihan produk yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda lho. Soal biaya tenang saja, kompetitif kok. Anda juga akan mendapatkan berbagai macam model pembiayaan yang inovatif bahkan Anda bisa mendapatkan model pembiayaan  dengan DP 0% dan bunga yang kompetitif. Bahkan SUN Energy memberikan jaminan sistem selama 25 tahun lho. Sangat menarik kan? Anda tidak perlu bingung lagi dengan tagihan listrik Anda karena dijamin lebih hemat.

Nah, Demikianlah prinsip kerja sel surya yang menarik untuk diketahui, silahkan hubungi kontak SUN Energy untuk mendapatkan informasi lebih lanjut ya!