by

Perkembangan Teknologi di Indonesia Beserta Dampaknya

Teknologi adalah salah satu elemen utama dari perkembangan yang direncanakan. Tanpa perkembangan teknologi, perubahan tidak akan secepat dan canggih seperti sekarang.

Kecanggihan Teknologi Informasi yang kami sukai saat ini adalah hasil dari hasil dari proses panjang puluhan, bahkan ratusan tahun pengembalian. Selain evolusi cepat teknologi, dampak positif dan negatif dalam lingkungan tidak dapat dihindari. Semuanya harus dilakukan secara bertahap dan harus dimulai dengan persiapan yang baik.

Tidak hanya berdampak pada sektor komunikasi, tetapi juga dirasakan dalam pendidikan, manufaktur, kesehatan, sistem pertahanan. Sangat menarik kan?

Pengembangan Teknologi di Indonesia

Perkembangan teknologi di Indonesia sebenarnya telah menghabiskan sejak pra-Akham. Kita dapat melihat bukti tertua dari keberadaan lukisan gudang bawah tanah 44.000 tahun di wilayah Sulawesi. Kemudian, ketika memasuki era Hindu-Buddha, pengembangan teknologi informasi dan komunikasi telah terjadi kembali berkat pengaruh budaya India.

Memasuki era modern, rakyat Indonesia telah mengadopsi banyak teknologi dari luar negeri. Dari gadget, Internet, sejumlah inovasi yang mampu memfasilitasi kegiatan sehari-hari. Akibatnya, ketika kita berbicara tentang teknologi saat ini, Indonesia memiliki peluang yang cukup besar. Hanya perlu untuk menanggapi kesadaran dan gerakan besar sehingga inovasi teknologi dapat beroperasi lebih optimal.

Dampak Pengembangan Teknologi

Selain dominasi yang terjadi, pengembangan teknologi tampaknya merupakan pisau bermata dua, di mana selain memberikan manfaat kapan saja dapat terluka.

Berikut ini adalah dampak positif dan negatif dari banyak perkembangan teknologi.

Dampak Positif dari Perkembangan Teknologi

Buka Pekerjaan Baru

Melalui internet, saat ini ada lusinan jenis pekerjaan baru yang tersedia di Indonesia.

Dari administrator media sosial, programmer, pengembang web, spesialis referensi, editor konten, dan banyak lagi.

Mudah Bertukar Informasi

Jika di era 90-an, informasi selalu didistribusikan di surat kabar, radio, televisi atau telegram. Jadi, pada periode 2010, penyebaran informasi mayoritas telah terjadi secara online melalui Internet.

Keuntungan dari teknologi ini adalah distribusi konten hampir dekat dengan waktu nyata dan dapat diakses selama 24 jam.

Mudah Dibeli dan Dijual

Siapa yang tidak tahu Shopee? Situs web e-commerce yang memiliki warna khas oranye saat ini mendominasi pembelian dan pasar penjualan online di negara ini.

Dampak negatif dari perkembangan teknologi
Dibandingkan dengan dampak positif, munculnya dampak negatif dari perkembangan teknologi masih belum terlalu terasa oleh pengguna Indonesia.

Namun demikian, ada banyak bahaya yang mengancam generasi muda jika kita tidak dapat mengendalikan diri.