by

Peraturan yang Wajib Diketahui Saat Bermain Tenis Meja

Bermain sambil belajar sepertinya tidak hanya berlaku bagi anak anak saja yang memulai petualangan mereka mengenal banyak hal. Begitu juga dengan mereka yang memilih tenis meja sebagai olahraga yang mengasyikkan karena selain membuat tubuh menjadi sehat, pikiran pun akan jauh lebih segar. Adapun yang dimaksud dengan bermain tapi terus belajar adalah memahami peraturan apa saja yang diterapkan untuk membuat permainan ini semakin menyenangkan. Ya, aturan demi aturan yang dibuat tentu memberikan kemudahan bagi pemainnya.

Misalnya saja aturan service untuk pemain tunggal akan berbeda dengan pemain ganda. Begitu juga dengan penghitungan poin dimana masing-masing memiliki kriteria tersendiri. Nah, disinilah Anda bisa belajar aturan mana saja yang bisa diterapkan selama bermain. Terlebih, di era sekarang ini tidak sulit kok mencari referensi tentang permainan ping pong mulai dari luas lapangan, ukuran net, jenis bet yang digunakan hingga berbagai aturan yang ditentukan oleh pihak yang berwenang. Dengan demikian, permainan akan jauh lebih menyenangkan.

Lain halnya jika permainan ini hanya bersifat ‘permainan’ atau having fun. Meskipun demikian, tidak ada salahnya juga menggunakan beberapa aturan agar permainan ini memiliki “ujung” atau pemenangnya.

Seperti peraturan saat melakukan servis misalnya dimana bola dikirimkan ke area permainan lawan. Tentu saja, saat melakukan ini tidak bisa sembarangan karena memang ada aturannya seperti memukul bola yang dilemparkan setinggi 16 cm dan jatuh bebas sebelum nantinya dipukul dengan bet. Kemudian, bola juga harus melewati set saat melakukan servis.

Jika saat bola servis ternyata menyentuh net dan jatuh di area permainan sendiri  maka lawan yang akan mendapatkan poin. Sebaliknya, jika bola jatuh ke lapangan lawan namun sudah menyentuh net terlebih dahulu maka pemain yang tidak melakukan servis akan mendapatkan poin.

Kemudian, setelah melakukan servis maka pemain harus menjauhkan tangan serta bagian lengan yang tidak sedang memegang bet dari meja permainan.  Adapun jatah untuk melakukan servis dalam permainan tenis meja dilakukan sebanyak dua kali untuk masing-masing pemain. Setelahnya, maka servis dilakukan oleh pihak lawan yang juga mendapatkan jatah yang sama. Hanya saja, jika posisi poin duece maka jatah yang diberikan masing-masing pemain adalah satu kali.

Hal hal yang bersifat teknis seperti ini mau tidak mau harus diingat agar permainan semakin seru. Jangan lupa, pilihlah seseorang untuk menjadi juri sehingga Anda dan pemain lainnya tidak terganggu fokusnya saat bermain. Atau, jika tidak ada Anda bisa menghitung sendiri secara bergantian dengan pemain lain.

Selain peraturan yang memang harus diketahui ada hal lain juga yang tidak bisa diabaikan. Misalnya saja cara memegang bet yang benar. Sekilas sepele namun sangat berpengaruh saat bermain. Nah, kalau untuk ini Anda bisa mencari dari berbagai referensi khususnya bagi pemula yang sedikit mengalami masalah saat memegangnya. Perhatikan juga dimana letak kekuatan tangan Anda saat memegang bet agar pukulan yang dihasilkan cukup kuat.

Ternyata, permainan ini mengasyikkan bukan? Selain tubuh menjadi sehat dan bugar, pikiran pun jauh lebih segar karena dilakukan secara beramai ramai. Gelak tawa sepanjang permainan bisa menjadi ‘obat’ bagi mereka yang mengalami stres akibat pekerjaan misalnya.

Yang penting, siapkan peralatan yang mumpuni agar permainan ini semakin menyenangkan terlebih saat memilih bet. Dipasaran sendiri cukup banyak model dan brand bet tenis meja yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

News Feed