by

Penyebab Sakit Tumor pada Otak yang Perlu Dihindari

Adanya pertumbuhan sel abnormal di berbagai bagian tubuh, pastinya akan memberikan dampak yang cukup berbahaya bagi tubuh itu sendiri. Begitu halnya ketika ada pertumbuhan sel tidak normal di otak yang bisa memicu terjadinya tumor otak baik jinak atau pun ganas. Ketika pertumbuhannya semakin tidak terkendali, maka tingkat berbahayanya akan semakin tinggi. Banyak sekali faktor yang menjadi penyebab sakit tumor pada otak.

Ketika pertumbuhan sel tidak normal berkembang, maka tekanan di otak atau tegkorak akan semakin meningkat. Tentunya hal tersebut bisa memicu berbagai masalah serius bagi otak, atau bagi organ-organ yang terhubung padanya. Meskipun begitu, tidak semua tumor berbahaya jika ditangani dengan tepat. Seperti, tidak semua tumor adalah kanker. Pasalnya, kanker hanya akan bermanifestasi dari tumor ganas yang kemudian memunculkan sel-sel kanker di dalamnya.

Jika sel tumor sudah berubah jadi sel kanker, maka akan semakin sulit penderita bertahan hidup karena sangat mengancam keselamatan jiwanya. Mengingat tingkat bahaya yang dihadirkan oleh tumor otak ini, penting sekali bagi kita mengetahui apa saja penyebab sakit tumor pada otak agar lebih berhati-hati dan waspada. Lantas, apa saja penyebab dari penyakit tumor otak ini?

Faktor Usia

Salah satu faktor yang menjadi penyebab pertumbuhan sel tumor di otak adalah usia. Meskipun pada dasarnya tumor otak bisa menyerang pada siapa saja tanpa dibatasi usia, gender, kalangan dan sebagainya, namun rupanya usia menjadi faktor terkuat sebagai penyebab sakit tumor pada otak dalam pertumbuhannya. Biasanya, tumor akan rentan menganai usia-usia non-produktif atau usia-usia lemah seperti anak-anak dan manula. Ketika kondisinya melemah, maka risiko terkena tumor otak pun akan meningkat.

Obesitas

Kelebihan berat badan memang jadi sesuatu hal yang patut diwaspadai. Pasalnya, obesitas mampu meningkatkan kemungkinan-kemungkinan tertentu untuk tubuh diserang penyakit. Tidak hanya diabetes yang bisa disebabkan oleh obesitas ini, ternyata tumor otak pun bisa disebabkan karena obesitas.

Menurut beberapa penelitian, sekitar 2 persen penyebab sakit tumor pada otak berjenis meningioma adalah kelebihan berat badan. Hal ini karena adanyan penumpukan kalori atau hal lainnya yang menyebabkan kurang kontrol tubuh akan pertumbuhan sel tidak sehat.

Faktor Genetik dan Keturunan

Tumor otak adalah penyakit yang bisa diturunkan oleh orang tua pada anaknya atau pada keturunan lainnya. Pasalnya, ketika adanya genetik yang tidak normal dari seseorang kemudian menurun pada keturunannya, maka sel abnormal pun akan ikut. Jika dibiarkan dan tidak diantisipasi, ketidaknormalan sel tersebut akan berubah jadi tumor. Meskipun, pengaruh keturunan ini jarang ditemui, namun jika keluarga Anda punya riwayat tumor patut diwaspadai.

Paparan Radiasi

Pada dasarnya, sinar radiasi bisa berguna untuk beberapa hal. Namun, siapa kira bahwa sinar radiasi ini bisa menyebabkan pertumbuhan sel abnormal dalam tubuh dan otak yang tidak lain adalah tumor. Beberapa ahli medis mengatakan, bahwa orang yang sering terkena paparan sinara radiasi seperti sinar gamma, sinar X yang sering digunakan ketika rontgen, CT scan atau radioterapi akan meningkatkan risiko terkena tumor otak.

Tak hanya itu, beberapa orang yang berkerja di bidang nuklir atau industri bahan kimia tertentu bisa menjadi penyebab sakit tumor pada otak seseorang. Pasalnya, sinar radiasi bisa menghasilkan sinar pengion yang bisa mempercepat proses pertumbuhan meningioma atau glioma sebagai salah satu jenis dari tumor otak.

Selain beberapa penyebab tersebut, ada juga faktor lain yang bisa memicu pertumbuhan sel tumor pada otak. Beberapa lainnya adalah  adanya riwayat kanker  seperti kanker payudara, kanker paru-paru atau kanker darah. Orang-orang yang tidak pernah cacar air pun bisa punya potensi lebih, apalagi orang-orang pengidap HIV/AIDS yang lebih rentan. Tentunya hal ini bisa menjadi  pengetahuan agar kita lebih waspada.

News Feed