Penting! Mengenal Hari Raya Umat Hindu Beserta Maknanya

Gaya Hidup30 views

Hari raya umat Hindu umumnya dilaksanakan sebagai perayaan lokal setempat, bukan secara internasional. Dimana, dalam kitab suci Weda atau ajaran Hindu pun tidak pernah mengatur perayaan hari besar tersebut. Diantaranya ada hari Raya Galungan, Saraswati Bali, Nyepi Nusantara, hingga Kuningan yang bisa Anda simak di bawah ini.

Hari Raya Galungan

Hari raya umat Hindu pertama yang diperingati setiap 6 bulan kalender Bali atau 210 hari sekali adalah Galungan. Perayaan Galungan dimaknai sebagai hari kemenangan Dharma (Kebenaran) melawan Adharma (Angkara Jahat). Hari Galungan diperingati oleh umat Hindu sejagat raya dengan memasang penjor di tepi jalan setiap rumah-rumah warga.

Hari Raya Saraswati

Hari Raya Saraswati merupakan peringatan turunnya ilmu pengetahuan ajaran Hindu, khususnya diadakan di daerah Bali. Hari Saraswati menggambarkan kemakmuran, perdamaian, dan peradaban umat manusia yang semakin modern. Adapun kegiatannya yakni mengadakan sembahyang di pura dengan alat tulis diletakkakan di depannya.

Hari Raya Nyepi

Hari Raya Nyepi untuk umat Hindu adalah peringatan pergantian tahun Saka atau kalender khusus dalam agama Hindu. Saat Nyepi, masyarakat Bali biasanya berdiam diri di rumah dan merenungi segala perbuatannya selama setahun. Tujuan hari raya nyepi sendiri yaitu sebagai motivasi spiritual dan ritual melepas sifat serakah yang umumnya dimiliki manusia.

Hari Raya Kuningan

Umat Hindu di seluruh Indonesia umumnya serentak memperingati hari Raya Kuningan setelah 10 hari perayaan Galungan. Kuningan untuk persembahyangan kepada Sang Hyang Widhi dilakukan dengan mempersiapkan sesajen dan nasi kuning. Saat Kuningan, umat Hindu akan memohon kesejahteraan dan keberkahan hidup kepada dewa.

Demikian tadi rangkaian hari raya umat Hindu yang pastinya menyimpan makna masing-masing. Nah, jika ingin lebih puas belajar konten Bahasa Inggris, yuk langsung saja daftarkan diri Anda di EF Adults yang dikhususkan untuk orang dewasa. Di sana Anda akan memilih program mana yang memang sesuai degan kebutuhan. Jangan khawatir karena ada tutor lokal dan native speaker yang siap memandu Anda belajar menyenangkan di kelas offline ataupun online.