by

Pengertian Argumentasi

Siapa sih yang tidak pernah mengemukakan pendapat? Tentu, setiap dari kita pernah mengungkapkan pendapat baik saat berada di forum resmi maupun hanya saat berkumpul santai dengan teman – teman.

Kegiatan mengungkapkan pendapat biasa disebut dengan berargumentasi memang seringkali dilakukan, namun apakah sebenarnya pengertian argumentasi?

Pengertian Argumentasi Secara Umum

Terdapat beberapa pengertian argumentasi yang belum banyak diketahui. Kata argumentasi berasal dari kata argumen yang memiliki arti dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia yakni sebuah alasan atau sanggahan yang kerap digunakan untuk menolak gagasan, pendirian, pendapat atau ide dari orang lain disertai dengan alasan yang objektif dan rasional.

Terdapat beberapa bagian dalam argumentasi disamping memahami pengertiannya seperti halnya yang sudah di ulas dihalaman pendidikan Cryptowi.com. Argumentasi juga terdiri atas tujuan, ciri – ciri, struktur, komposisi, langkah – langkah serta beberapa hal penting lainnya yang mendukung adanya argumentasi dengan benar. Berikut akan dijelaskan beberapa bagian penting dalam argumentasi.

Pengertian Argumentasi Menurut Para Ahli

Secara sederhana argumen lebih dapat diartikan berdebat guna mempertahankan pendapat atau gagasan yang dimiliki. Namun beberapa ahli memberikan pengertian argumentasi yang berbeda – beda, sebagai berikut :

  1. Menurut Alwasilah (2005)

Mengemukakan arti argumentasi sebagai sebuah esai yang dapat digunakan untuk membuktikan sebuah kebenaran atau ketidakbenaran dari adanya statement atau pernyataan yang disampaikan.

  1. Menurut Aceng Hasani (2005)

Argumentasi merupakan salah satu jenis esai yang mencoba memberi pengaruh kepada orang lain dengan menghadirkan beberapa bukti yang dapat membuktikan argumen menyatakan secara faktual dan logis dengan sebuah tujuan pendengar maupun pembaca tertarik disarankan.

  1. Menurut Gorys Keraf (1997)

Pengertian argumentasi yang diungkapkannya yakni suatu retorika yang berupaya  mempengaruhi pendapat dan sikap dari orang lain sehingga mereka percaya kemudian bertindak sesuai dengan apa yang diinginkan pembicara

Dengan adanya argumentasi seseorang dapat berusaha untuk merangkai beberapa fakta sedemikian rupa sehingga mampu menunjukkan apakah gagasan yang disampaikan benar atau tidak.

Tujuan Argumentasi

Mengemukakan pendapat dan gagasan atau yang biasa disebut dengan berargumentasi memiliki tujuan tertentu yang harus dicapai. Beberapa tujuan argumentasi diantaranya :

  1. Mempengaruhi orang lain

Tujuan argumentasi ini ditujukan supaya pendapat atau gagasan yang disampaikan dapat diterima dan dilakukan oleh orang lain. Namun terkadang dalam penyampaian pendapat  tersebut hanya untuk menyampaikan pandangan dan bukan untuk mempengaruhi seseorang.

  1. Mengemukakan pendapat atau gagasan

Mengungkapkan gagasan atau pendapat merupakan salah satu tujuan yang paling umum dalam argumentasi. Dalam penyampaian pendapat tersebut seseorang dapat mendukung atau bahkan menentang pendapat yang telah disampaikan oleh orang lain.

  1. Diskusi suatu permasalahan

Dalam hal ini, mendiskusikan suatu permasalahan yang sedang terjadi tidak harus mencapai sebuah titik tertentu yang artinya suatu permasalahan yang dibahas tidak mencapai titik terang dikarenakan kuatnya setiap pendapat yang disampaikan.

  1. Sarana pemecahan masalah

Disamping untuk mengemukakan pendapat atau gagasan, argumentasi juga memiliki tujuan untuk mengupayakan pemecahan suatu permasalahan yang terjadi. Setiap permasalahan yang dikemukakan membutuhkan pendapat, kritik dan saran dari berbagai pihak guna terselesaikannya masalah tersebut.

Ciri-ciri Argumentasi yang Baik dan Benar

Sebelum memahami bagian lain dalam argumentasi, ciri – ciri pokok dalam argumentasi harus diperhatikan. Menyanggah suatu pendapat dan memberikan argumentasi tidaklah berbeda jauh, namun perbedaan paling mencolok antara keduanya adalah alasan yang objektif. Inilah ciri – ciri atau karakteristik argumentasi :

  1. Terdapat pandangan, gagasan, pendapat atau pernyataan seseorang tentang suatau permasalahan yang dapat disampaikan melalui tulisan maupun lisan
  2. Penyampaian argumentasi harus disertai dengan alasan guna meyakinkan orang lain tentang setiap pendapat yang telah disampaikan
  3. Argumentasi disertai data valid, objektif, faktual serta mengandung kebenaran guna memperkuat setiap pendapat yang disampaikan.

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Pengungkapan Argumentasi

Mengemukakan argumentasi pun perlu memperhatikan beberapa hal penting yang tidak boleh ditinggalkan. Beberapa hal tersebut diantaranya :

  1. Mengumpulkan dan memilih fakta yang cocok dengan topik tujuan, serta mampu merangkainya guna membuktikan pendapat dan meyakinkan seseorang.
  2. Berfikir secara logis, sehat dan kritis
  3. Menggunakan bahasa yang baik dan benar, efektif serta tidak menimbulkan penafsiran yang salah
  4. Mengesampingkan emosi dan unsur subjektif

News Feed