by

Peluang Bisnis Minimarket: Cek Omzet dan Strateginya!

Sumber gambar: https://unsplash.com/photos/rWMIbqmOxrY

Bisnis minimarket merupakan salah satu usaha yang memiliki prospek yang bagus tidak heran jika banyak orang yang menekuni bisnis tersebut. Anda juga bisa memulai bisnis minimarket dengan menggunakan modal dari pinjaman bunga rendah.

Pinjaman KTA dengan bunga rendah merupakan solusi yang tepat untuk mendapatkan modal bisnis. Dengan menggunakan pinjaman Anda bisa segera membangun bisnis yang sudah direncanakan dengan lebih mudah tanpa perlu merisaukan modal.

Tips Membangun Bisnis Minimarket

Bisnis minimarket berpotensi mendatangkan peluang yang cukup besar baik itu minimarket waralaba maupun minimarket yang didirikan secara mandiri. Ini karena bisnis minimarket bukan termasuk jenis usaha musiman yang akan redup tergeser zaman.

Supaya Anda bisa membangun bisnis minimarket dengan lebih mudah, sebaiknya simak tips berikut ini.

Pelajari Bisnis Minimarket Secara Mendalam

Tips memulai bisnis minimarket yang pertama, yaitu mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan bisnis minimarket. Ketika akan memulai segala sesuatu hampir setiap orang pasti akan mencari tahu tentang hal tersebut terlebih dahulu.

Sama halnya seperti pada bisnis Anda juga harus mencari tahu berbagai hal yang berkaitan dengan bisnis minimarket. Mulai dari mencari informasi mengenai distributor atau supplier, persyaratan izin usaha, hingga strategi yang tepat untuk mengembangkan bisnis.

Membuat Perencanaan Bisnis yang Matang

Perencanaan termasuk hal dasar yang harus Anda buat secara matang sebelum memulai bisnis tidak hanya bisnis minimarket pada bisnis lainnya pun juga sama. Jika, diibaratkan perencanaan merupakan fondasi yang akan memperkuat jalannya bisnis ke depannya.

Perencanaan bisnis umumnya berisi visi misi, nama bisnis, perkiraan modal yang dibutuhkan, hingga rencana antisipasi untuk menghadapi situasi tersulit.

Menghitung Modal dengan Cermat

sumber gambar: https://unsplash.com/photos/ezeC8-clZSs

Tips memulai bisnis minimarket selanjutnya, yaitu mempersiapkan modal yang cukup. Jadi, sebelum menyiapkan modal Anda perlu menghitungnya terlebih dahulu. Menghitung perkiraan modal bisnis tidak boleh dilakukan secara sembarangan karena menyangkut dengan kegiatan operasional bisnis.

Tanpa modal yang cukup kegiatan operasional bisnis supermarket akan dapat terhambat. Jadi, Anda harus memperhitungkan modal keseluruhan dengan cermat dan penuh pertimbangan.

Kisaran modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis minimarket biasanya antara Rp200 juta – Rp300 juta. Bila belum memiliki modal dalam rentang jumlah tersebut dapat Anda bisa memperolehnya dengan mengajukan pinjaman bunga rendah.

Di sana Anda bisa memperoleh pinjaman modal bisnis secara online dengan persyaratan yang mudah. Jadi, sekarang Anda tidak perlu terlalu mengkhawatirkan masalah modal.

Pilihlah Lokasi yang Strategis

Supaya ramai pembeli sebaiknya Anda memilih lokasi di pusat keramaian meskipun biaya sewanya mahal. Jika, memungkinkan carilah lokasi yang terletak di dekat jalan raya, kampus, sekolah, perkantoran, dan pusat keramaian lainnya.

Urus Perizinan Usaha

Izin usaha merupakan hal wajib yang harus Anda urus untuk mendapatkan legalitas usaha. Dengan mengurus perizinan usaha, bisnis Anda bisa beroperasi secara legal di mata hukum.

Ide Mengembangkan Bisnis Minimarket

Dalam menjalankan bisnis Anda harus melakukan upaya-upaya untuk membuat bisnis tersebut berkembang. Bisnis yang terus berkembang akan berpeluang menjadi semakin besar dan sukses sehingga dapat memberikan profit yang maksimal.

Berikut ini beberapa ide untuk mengemban bisnis minimarket yang perlu Anda lakukan.

  • Memperbarui atau mengubah tampilan minimarket agar terlihat berbeda dan unik. Dengan demikian, pelanggan akan merasakan sesuatu hal yang menyenangkan dan tidak mereka temukan di minimarket lain.
  • Memberikan pelayanan yang terbaik agar pelanggan merasa nyaman saat berbelanja. Rasa nyaman tersebut akan membuat pelanggan kembali berbelanja di lain waktu.
  • Melengkapi stok produk dan melakukan pengadaan pada jenis-jenis produk yang banyak dibutuhkan pelanggan.
  • Memberikan harga promo secara rutin untuk menarik pelanggan baru.
  • Lakukan inovasi dalam melakukan upaya-upaya promosi agar tampak lebih menarik di mata calon pelanggan.

Perkiraan Modal dan Omset pada Minimarket

Berikut rincian selengkapnya mengenai perkiraan modal dan juga omset yang akan Anda dapatkan.

Modal awal

  • Anggaran untuk pengadaan lokasi usaha                                            = Rp150.000.000
  • Pembelian peralatan usaha (rak, lemari,  dan etalase)                        = Rp7.000.000
  • Biaya pengadaan stag display cabinet                                               = Rp3.000.000
  • Pengadaan komputer, barcode scanner, software dan printer kasir  = Rp4.000.000
  • Pembelian meja konter kasir, pendingin ruangan, lemari es              = Rp12.000.000
  • Pengadaan barang                                                                               = Rp60.000.000
  • Biaya pembuatan seragam untuk karyawan berjumlah 5 orang         = Rp500.000

Total modal awal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis minimarket adalah sekitar Rp236.500.000. Anda dapat mengajukan pinjaman online bunga rendah bayar bulanan di DBS KTA untuk mendapatkan modal awal.

Biaya Operasional Bulanan

  • Gaji karyawan berjumlah 5 orang                                          Rp10.000.000
  • Biaya tagihan listrik, air, dan lainnya                                     Rp1.000.000
  • Anggaran pengadaan barang bulanan                                     Rp30.000.000
  • Biaya kegiatan promosi                                                          Rp2.000.000

Total biaya operasional bisnis minimarket setiap bulannya adalah   Rp43.000.000.

Perkiraan Omzet Bulanan

@Rp3.000.000 x 30 hari = Rp90.000.000

Perkiraan Keuntungan Bulanan

Rp90.000.000 – Rp43.000.000 = Rp47.000.000

Perkiraan Balik Modal

Rp230.500.000 : Rp47.000.000 = 4,9 bulan

Berdasar perkiraan total omset di atas bisa disimpulkan bahwa Anda akan mendapatkan balik modal dalam waktu sekitar 4 – 5 bulan. Namun, tidak menutup kemungkinan bisa lebih cepat karena jumlah omset dan keuntungan bergantung dengan kinerja bisnis Anda.

Ajukan Pinjaman Bunga Rendah di DBS KTA untuk Mendapatkan Modal Tambahan

Bank DBS KTA menghadirkan produk pinjaman KTA untuk membantu mewujudkan bisnis impian para nasabahnya. Berikut ini beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh DBS KTA untuk Anda:

  • Dapatkan pinjaman bunga rendah untuk modal usaha hingga senilai Rp300 juta.
  • Suku bunga yang relatif rendah yakni mulai dari 0,88 persen per bulannya (bunga flat).
  • Tersedia jangka waktu cicilan hingga 36 bulan (3 tahun).
  • Anda hanya harus memastikan jika tinggal di Jabodetabek. Selain itu Anda juga harus memiliki e-KTP, NPWP. Untuk penghasilan,  minimal gaji 5 juta dan memiliki kredit bank lain dengan limit paling sedikitnya 10 juta.

Tunggu apalagi segera ajukan pinjaman bunga rendah untuk mendapatkan modal bisnis tambahan dan wujudkan bisnis impian Anda bersama DBS KTA sekarang!  Informasi lebih lanjut Anda bisa klik link berikut ini https://www.dbs.id/id/treasures-id/kta/pinjaman-dbs-kta.page.