by

Metode yang Digunakan Panti Rehablitasi Narkoba

Panti rehabilitasi narkoba adalah sebuah tempat yang dikhususkan guna memulihkan para pecandu narkotika. Di Indonesia sendiri lokasinya sudah menyebar secara meluas bahkan diseluruh provinsi. Hal tersebut guna memudahkan masyarkat yang ingin rehabilitasi.

Cara Mendaftar di Panti Rehabilitasi Narkoba

Sebelum membahas perihal metodenya, satu pertanyaan yang sering ditanyakan ialah dimana keberadaannya. Hal ini dikarenakan masyarakat mungkin belum mengetahui tempat Rehabiltasi yang telah disediakan oleh pemerintah. Berikut beberapa penjelasannya.

  1. Letak Panti Rehabilitasi Narkoba

Perihal keberadaannya, sesuai dengan informasi yang telah diberikan oleh pemerintah bahwa panti rehabilitasi ada disetiap provinsi. Hal tersebut dilakukan agar memudahkan masyarakatnya yang ingin menggunakan layanan Rehabiltasi. Bahkan bersifat gratis pastinya.

Panti rehabilitasi dibawah naungan dan pengawasan pemerintah saat ini sudah cukup banyak jumlahnya. Hal tersebut sebagai bentuk kepedulian serta cara menurunkan angka pengguna narkoba. Mengingat bahwa sampai pada hari ini jumlah pecandu masih tergolong tinggi.

  1. Cara Mendaftar Rehabilitasi Narkoba

Untuk bisa menikmati layanan rehablitasi maka Anda harus memenuhi beberapa persyaratan dan ketentuan yang berlaku. Salah satu langkah awalnya adalah membuat surat pengajuan atau pernyataan. Nantinya akan dilakukan pengecekan lebih lanjut sebelum disepakati.

Jika rehablitasi berlangsung atas dasar pengajuan bukan tangkap tangan, maka tetap harus melewati beberapa prosedur. Diantaranya adalah membuat surat permohonan. Bisa juga dengan mengunjungi situs BNN guna mendaftar secara online.

Metode yang Digunakan Oleh Panti Rehablitasi Narkoba

Panti Rehabiltasi narkoba tentu memiliki berbagai metode yang digunakan untuk membantu proses pemulihan. Masing-masing pengobatan mempunyai cara yang beragam namun tetap merujuk pada pemulihan pasien secara maksimal. Berikut beberapa metodenya.

  1. Metode Cold Turkey

Metode pertama yang digunakan oleh pihak panti rehabilitasi ialah cold Turkey. Cara ini bisa dikatakan salah satu metode yang tertua diantara lainnya. Sudah digunakan sejak lama dan hingga hari ini pun masih diandalkan dalam proses pemulihan pecandu narkoba aktif.

Metode cold Turkey memiliki definisi dimana para pecandu memutuskan atau diputuskan untuk berhenti langsung konsumsi narkoba. Langkahnya cukup ekstrem dimana mengurung pasien tanpa diberikan obat-obatan. Setelahnya barulah tahap konseling dan lainnya.

  1. Metode Subtitusi Opioda

Pada umumnya terapi atau metode subtitusi opioda hanya diberlakukan kepada para pencandu narkoba jenis heroin. Terkhusus terhadap pengguna yang elah mengonsumsi zat Opioda selama bertahun-tahun. Maka metode ini akan digunakan dalam proses pemulihan.

Umimnya gejala yang ditimbulkan ialah adanya kekambuhan secara kronis sehingga harus menjalani pemulihan terus menerus. Dengan metode ini yaitu mengganti kebutuhan heroin menggunakan narkotika ilegal (subtitusi). Obat tersebut merupakan detoksifikasi.

  1. Metode Therapeutic Community dan 12 Step

Metode Therapeutic Community atau TC merupakan salah satu pengobatan yang sudah berlangsung sejak 1950 di Amerika Serikat. Tahap ini digunakan dengan tujuan agar pecandu bisa kembali bermasyarakat dan produktif. Sebutan lainnya yaitu drug free Self help program.

Selain itu ada juga metode yang dinamakan dengan 12 steps. Cara ini masih digunakan seperti pada negara Amerika Serikat. Apabila disana terdapat pecandu yang tertangkap maka akan masuk ke pengadilan. Lalu diberikan hukuman yaitu 12 step merujuk dalam kehidupan.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa metode yang digunakan oleh panti rehabilitasi narkoba. Selain itu, tempat atau letak keberadaannya bisa Anda temui hampir diseluruh provinsi Indonesia. Untuk informasi lengkapnya mungkin bisa kunjungi situs terkait.

News Feed