by

Mengenal Stasiun Purwosari Solo Agar Anda Lebih Tahu!

Dengan banyaknya jadwal kereta api salah satu yang sering banyak di kunjungi adalah Solo, Solo adalah salah satu kota yang asyik untuk dikunjungi. Kekayaan sejarahnya yang tak terkira membuat kota ini begitu menyenangkan untuk dijelajahi. Sajian kulinernya yang amat beragam juga cukup menjadi alasan banyak orang memilih Solo sebagai destinasi liburannya. Anda yang pernah berkunjung ke Solo tentu tak asing dengan nama Stasiun Purwosari. Meskipun ada beberapa stasiun di Solo, namun kebanyakan kereta yang datang dari luar kota akan berhenti di stasiun ini. Hal tersebut khususnya berlaku bagi kereta yang melewati jalur lintas selatan. Selain itu, stasiun kereta api purwosari juga menjadi salah satu poros perlintasan kereta api lokal.

Stasiun Purwosari

Stasiun Purwosari tepatnya terletak di daerah Purwosari, Laweyan, Surakarta. Stasiun yang didirikan pada tahun 1875 ini merupakan salah satu stasiun tertua di Indonesia dan berada di bawah pengelolaan PT. Kereta Api Indonesia Persero Daerah Operasional 6 Yogyakarta. Sebagai salah satu stasiun tertua, Bangunan Stasiun Kereta Purwosari tentunya sangat kental dengan nuansa kolonila Belanda.

Setiap sudutnya masih sangat identik dengan gaya arsitektur khas negara kincir angin tersebut. Ternyata semua kesan tersebut memang sengaja dipertahankan meskipun stasiun ini sudah beberapa kali menjalani proses renovasi. Bangunan asli stasiun tetap dipertahankan dan kemudian dijadikan salah satu cagar budaya yang menambah kaya khazanah wisata sejarah di kota Surakarta.

Kereta yang Melewati Stasiun Purwosari

Stasiun Purwosari hanya melayani keberangkatan, kedatangan dan perlintasan untuk kereta api penumpang kelas ekonomi. Beberapa kereta yang berangkat dan datang di stasiun ini antara lain adalah:

  • Joglosemarkerto
  • Singasari
  • Gaya Baru Malam Selatan
  • Pasundan
  • Kahuripan
  • Bengawan
  • Logawa, dan
  • Sri Tanjung

Sebagaimana stasiun lain, stasiun kereta yang satu ini masih menyediakan loket untuk pembelian tiket. Namun tetap akan lebih mudah untuk membeli tiket secara online dari berbagai web dan aplikasi jasa travel. Saat ini loket di stasiun lebih banyak digunakan oleh mereka yang ingin melakukan perjalanan dengan kereta lokal seperti kereta Solo Ekspres tujuan Solo Balapan dan Kutoarjo serta beberapa kereta komuter lokal lainnya. 

Tips Aman Naik Kereta Api, Apa Saja?

Datang lebih awal ke stasiun

Meski biasanya Anda terbiasa datang ke stasiun sekitar 30 menit sebelum jam keberangkatan, namun kebiasaan tersebut harus diubah. Jika Anda naik kereta api saat masa adaptasi kebiasaan baru ini Anda diharuskan untuk datang lebih awal sekitar 1-2 jam sebelum jam keberangkatan. Hal ini karena dikarenakan akan ada proses pemeriksaan tambahan yang akan memakan waktu.

Patuhi instruksi petugas

Petugas di stasiun akan lebih aktif memberikan instruksi mengenai pelaksanaan protokol kesehatan di dalam lingkungan stasiun.  Mulai dari mengingatkan untuk tidak berkerumun, menjaga jarak dengan penumpang lain dan sebagainya. Agar perjalanan Anda lancar, jangan lupa untuk selalu mematuhi instruksi petugas yang ada di stasiun ya.

Tidak berbicara selama perjalanan

Untuk mencegah keluarnya droplet yang bisa saja berpotensi menyebarkan virus, maka selama masa adaptasi kebiasaan baru PT KAI mengeluarkan aturan baru dimana penumpang dilarang berbicara, baik secara langsung maupun lewat telepon selama perjalanan kecuali untuk hal-hal darurat.