by

Mengenal Spesialisasi Radiologi dan Mencari Dokter Spesialis Radiologi di Tangerang Selatan

Dalam dunia kesehatan medik, ada beberapa spesialisasi kedokteran yang dipelajari seorang dokter untuk mendapatkan gelar spesialis. Contoh spesialisasi yang populer misalnya spesialis penyakit dalam, spesialis jantung, spesialis saraf, spesialis bedah, spesialis bedah saraf, dan dokter spesialis kandungan dan kebidanan. Satu spesialis biasanya mempelajari satu bagian tubuh tertentu dan mendalami masalah-masalah kesehatan yang ada di dalamnya. Akan tetapi, ternyata ada spesialis yang lain dimana kejuruan ini memperdalam tehnik pemeriksaan pasien menggunakan prosedur pencitraan yaitu spesialis radiologi. Dokter spesialis Radiologi akan membantu Anda atau dokter lain dalam memeriksa pasien menggunakan berbagai teknologi medis untuk menetapkan diagnosa dan perawatan penyakit. Belum familiar dengan spesialis radiologi? Berikut ini adalah informasi lebih dalam mengenai spesialisasi tersebut dan dimana saja Anda bisa menemukan dokter spesialis radiologi di Tangerang Selatan.

Dokter spesialis radiologi juga dikenal sebagai radiologi adalah dokter spesialis yang melakukan pemeriksaan radiologi guna mendeteksi, mendiagnosa, mengobati penyakit menggunakan prosedur radiasi atau pencitraan. Prosedur radiasi ini bisa ditemukan dari berbagai alat atau teknologi medis seperti rontgen, CT Scan, MRI hingga USG. Agar Anda memperoleh gelar dokter spesialis radiologi, Anda harus menempuh pendidikan hingga mendapatkan dokter umum terlebih dahulu kemudian melanjutkan pendidikan spesialis radiologi selama kurang lebih 7 semester.

Dalam melakukan pekerjaannya, seorang radiolog dapat melakukan prosedur radiasi yang terbagi menjadi beberapa kategori, yaitu:

  • Radiologi umum.

Kategori radiologi umum ini fokus untuk melakukan pemeriksaan dan diagnosa dari gejala yang dialami oleh pasien. Pemeriksaan ini juga bisa bertujuan untuk mengetahui hasil dari pengobatan yang telah dilakukan. Yang termasuk dalam prosedur radiologi umum antara lain:

  • Sinar rontgen.
  • Ct scan.
  • Usg.
  • Fluoroskopi.
  • Mamografi.
  • Angiografi.
  • Pencitraan nuklir.

Bidang radiologi umum ini juga melahirkan beberapa subspesialis radiologi seperti Radiologi Kepala dan Leher, Radiologi Anak, Radiologi Payudara, Radiologi Saluran Cerna dan lainnya.

  • Radiologi Intervensi.

Merupakan prosedur radiologi yang dilakukan untuk membantu pelaksanaan prosedur medis tertentu. prosedur radiasi yang dilakukan untuk radiologi intervensi ini antara lain USG, CT Scan, MRI dan Fluoroskopi. Radion intervensi umumnya dilakukan untuk prosedur pemasangan kateter pada saluran kemih, pemasangan ring pada pembuluh darah, embolisasi untuk pendarahan, biopsi jarum halus pada organ, biopsi payudara, pemasangan selang makan dan pemasangan kateter vena.

  • Radiologi Onkologi.

Merupakan prosedur radiologi yang berhubungan dengan penanganan pasien kanker. Seperti diketahui bahwa salah satu cara mengobati penyakit kanker adalah dengan melakukan prosedur radiologi. Radiolog dalam hal ini bertugas untuk meresepkan dan mengawasi rencana dan pelaksanaan radiologi terhadap pasien dengan sel kanker.

Meski dokter radiologi jarang bertemu pasien pada awal pemeriksaannya, namun pada saat pasien mendapatkan rujukan dari dokter spesialis lain untuk melakukan prosedur radiologi maka spesialis radiolog akan mengambil alih. Saat hal tersebut terjadi, bagi Anda yang berdomisili di Tangerang Selatan, dapat melakukan prosedur radiasi pada dokter spesialis radiologi di Tangerang Selatan yang tersebar di berbagai rumah sakit besar. Anda bisa langsung menuju ruang radiologi dengan membawa surat perintah dari dokter untuk melakukan prosedur radiasi jika berada dalam satu rumah sakit. Namun jika Anda mendapatkan surat pengantar untuk prosedur radiologi dari dokter praktek di rumah, Anda bisa membawanya ke laboratorium yang menyediakan prosedur radiologi atau mendaftar ke rumah sakit khusus untuk melakukan prosedur radiologi.

News Feed