by

Mengenal Pengertian dan Jenis-jenis Domain Website

Ketika mengakses berbagai situs, Anda pasti menemukan banyak sekali domain Indonesia yang beragam. Ia kan? Sehingga kadang, bisa membuat Anda bingung juga ketika akan membuat website. Sebagaimana yang kita tahu, bahwasanya nama domain memang tergolong sangat banyak. Sama halnya dengan angka penggunanya dna ekstensinya. Secara sederhana, nama domain ialah aspek yang sangat penting ketika akan membuat website. 

Hal ini karena nama domain adalah alamat dari website itu sendiri.Adapun nama domain yang kerap kita jumpai menggunakan ekstensi domain .id ataupun .com. Ia kan? Kedua ekstensi domain tersebut memang ekstensi yang paling populer di Indonesia. Baik digunakan oleh website pribadi ataupun website resmi. Meskipun yang terkenal hanya dua ekstensi domain tersebut, sebenarnya masih ada beberapa macam ekstensi domain Indonesia lainnya. Di mana, masing-masing ekstensi mempunyai perbedaan. Baik dari segi fungsi maupun penggunaannya.

Apa itu Ekstensi Domain Indonesia?

Mungkin, masih ada di antara Anda yang bertanya-tanya, apa itu ekstensi domain ya. Khususnya bagi yang baru terjun ke dunia website. Jadi, ekstensi domain merupakan akhiran dari nama domain. Yang mana, ekstensi domain ini akan menjadi pembeda antara nama domain tersebut. 

Misal. ekstensi yang umum adalah .id, .net, .com, dan yang lainnya. Dan yang paling penting adalah, ekstensi domain merupakan hal yang memang meski diperhatikan dan dipikirkan sebelum benar-benar membuat sebuah website. Hal ini karena hal tersebut bisa menjadi branding dan juga ciri khas Anda ataupun perusahaan.   

Jenis-jenis domain Indonesia

Secara umum, domain dibagi menjadi 3 jenis. Yakni, TLD atau top level domain, second level domain, dan terakhir adalah third level domain. Ketiganya adalah satu kesatuan yang mempunyai pengertian yang berbeda. Berikut penjelasannya.

1. Top Level Domain

Mungkin, ketika sudah bergabung di grup-grup blogger, Anda akan sering mendengar para user menggunakan kata TLD, TLD ya. Nah, apa itu TLD? Sebagaimana sudah disebutkan di atas, bahwa TLD merupakan kependekan dari top level domain.

Yang merupakan struktur awal sebuah Domain name server. Adapun top level domain yang paling sering digunakan adalah .id, .com, dan .org. Dan sampai saat ini, banyak orang-orang yang berkeinginan bisa membuat sebuah website dengan ekstensi domain Indonesia tersebut. Dan yang menariknya lagi, TLD masih dibagi lagi menjadi 3 bagian. Yaitu, Country Code Top Level Domains, Generic Top Level Domain, dan terakhir New Generic Top Level Domain.

2. Country code top level domains

Country code top level domains, atau yang sering disingkat dengan CCTLD adalah domain yang didasarkan pada geografis sebuah Negara. Untuk Indonesia sendiri domainnya adalah ,id. Domain ini bisa didaftarkan oleh siapapun, walaupun bukan termasuk Negara yang bersangkutan. keren kan? 

Misal, Anda tinggalnya di Indonesia, namun ingin membuat website yang ekstensi milik Negara Malaysia. Adapun rincian CCTLD adalah: .id : digunakan untuk nama domain di Indonesia, .us : digunakan untuk nama domain di Amerika Serikat, .my : digunakan untuk nama domain di Malaysia, .au : digunakan untuk nama domain di Australia, .sg : digunakan untuk nama domain di Singapura dan .de : digunakan untuk nama domain di Jerman.

3. Generic top level domain

Sementara generic top level domain (GTLD) adalah ekstensi domain yang paling populer dan paling sering digunakan se dunia. Tidak terdapat syarat dan ketentuan Untuk mendaftarkan website Anda menggunakan domain ini. Karena ia bisa digunakan siapapun yang memang menginginkannya. Baok yang akan digunakan untuk website pribadi atau perusahaan. 

Adapun contoh dari Generic Top Level domain adalah, .com yang digunakan untuk kepentingan komersial, .com yang digunakan untuk kepentingan komersial, .org yang digunakan untuk kepentingan organisasi, .net yang digunakan untuk kepentingan internet/ network, .edu yang digunakan untuk kepentingan pendidikan, .info yang digunakan untuk kepentingan informasi, .name yang digunakan untuk kepentingan web pribadi, .net yang digunakan untuk kepentingan internet, .org yang digunakan untuk kepentingan organisasi, .pro yang digunakan untuk kepentingan professional, .aero yang digunakan untuk kepentingan penerbangan, .asia yang digunakan untuk kepentingan domain di asia, .cat : yang digunakan untuk kepentingan kategori, .coop yang digunakan untuk kepentingan perusahaan cooperation, .edu yang digunakan untuk kepentingan pendidikan, .gov yang digunakan untuk kepentingan pemerintahan, .int yang digunakan untuk kepentingan internasional, .jobs : digunakan untuk pekerjaan, .mil yang digunakan untuk kepentingan militer, .mobi yang digunakan untuk kepentingan mobile communication, .tel yang digunakan untuk kepentingan telekomunikasi, .museum yang digunakan untuk kepentingan website museum, .travel yang digunakan untuk kepentingan perjalanan.

4. New generic  top level domain

Untuk Top level domain, jenis satu ini termasuk jenis yang cukup baru. Ia bersifat umum atau general, dan tidak terdapat syarat khusus ketika ingin menggunakan domain ini. 

Contoh dari domain Indonesia dengan jenis New generic top level domain ialah .tech yang digunakan untuk kepentingan website dengan topik teknologi dan pendidikan, .site yang digunakan untuk kepentingan website, bisnis online, personal website, .space : digunakan untuk desainer, fotografer, startup, industri kreatif, freelancer ataupun blogger, .store yang digunakan untuk kepentingan toko online, website bisnis lokal, commerce, website retail, .online yang digunakan untuk kepentingan website perusahaan, website startup, profil personal dan blog.

5. Top level domain Indonesia

Kalau di Indonesia, ada TLD yang bisa digunakan oleh institusi resmi dalam negeri. Dan dalam pengelolaannya akan diatur oleh Pengelola Nama Domain Internet Indonesia. Sehingga, jenisnya memang tidak sembarangan digunakan. Apalagi penggunaan pribadi ya. Hal ini karena memang sudah disetting atau diatur untuk kepentingan yang sifatnya resmi. Anda mesti memenuhi persyaratannya sebelum menggunakan ekstensi domain TLD ini. 

Mulai dari KTP, surat izin usaha, atau yang lainnya. Adapun jenisnya ialah .ac.id yang digunakan untuk kepentingan lingkungan akademik/perguruan tinggi, .co.id yang digunakan untuk kepentingan kepentingan komersial, .or.id yang digunakan untuk kepentingan organisasi, .sch.id yang digunakan untuk kepentingan sekolah,.go.id yang digunakan untuk kepentingan instansi pemerintah. Bagi Anda yang ingin menggunakan Top 

Level domain Indonesia, dan  untuk kepentingan badan pemerintah maupun situs resmi, maka Anda bisa memperhatikan syarat-syarat pengajuannya berikut.

  • .ac.id: Untuk ekstensi domain satu ini, Anda membutuhkan scan KTP penanggung jawab, kemudian scan SK Depdiknas pendirian lembaga, Scan Surat Kuasa Pimpinan Lembaga kepada penanggung jawab untuk pendaftaran nama, Scan Akta Notaris Pendirian / SK Rektor (Pimpinan Lembaga).
  • .id : Tidak terdapat persyaratan untuk menggunakan domain .id.
  • .co.id : Anda membutuhkan scan KTP penanggung jawab, Scan Surat Kepemilikan Merk (bila ada), SIUP/TDP atau Akta Notaris (cover halaman 1 dan NPWP perusahaan).
  • .sch.id: Scan KTP Penanggung Jawab, Scan Surat Permohonan Kepala Sekolah, Surat Kuasa Kepala Sekolah kepada penanggung jawab untuk pendaftaran nama domain. Lihat.
  • .or.id : Scan Akta Notaris atau SK Intern Organisasi, Scan KTP Pimpinan Lembaga.
  • ponpes.id: Scan KTP Penanggung Jawab, Surat pengantar dari kepala sekolah pondok atau institusi.
  • .my.id: Tidak ada persyaratan untuk domain .MY.ID
  • .biz.id: Tidak ada persyaratan untuk domain .BIZ.ID

6. Second level domain

Di bawah TLD, ada tingkatan yang kedua, yaitu second level domain. Second level domain merupakan bagian dari nama domain yang didaftarkan. Untuk jenisnya, bebas ya. Sesuaikan saja dengan kepentingan atau kebutuhan Anda. Untuk melakukan pengecekan terkait ketersedian nama domain yang akan Anda buat bisa dicek di register. Misal. www (dot) hi (dot). Yang mana, kata HI ini nanti akan menjadi second level domain website Anda.

7. Third level domain

Yang terakhir adalah third level domain. Third level domain kerap disebut juga dengan subdomain. Subdomain ini dipakai untuk kepentingan tertentu.

Kesimpulan

Di antara banyaknya domain di atas, mungkin hanya beberapa saja yang pernah kita temukan ketika mengakses sesuatu ya. Nah, jika Anda sedang berniat akan membangun sebuah website, kami sarankan untuk membuat website menggunakan domain yang TLD. Anda bisa beli domain di Exabytes Indonesia. Di mana, mereka menyediakan berbagai macam domain yang Anda butuhkan, Dan untuk saat ini, Exabytes Indonesia adalah salah satu penyedia domain yang cukup terpercaya dan berkualitas di mata public. Semoga bermanfaat.