by

Memahami Pengiriman Ekspedisi dan Kargo Apakah Sama?

Banyak jenis layanan yang disediakan jasa pengiriman barang, dua yang paling populer adalah ekspedisi dan kargo. Buat yang awam mungkin keduanya digolongkan dalam kategori sama. Padahal ada perbedaan tegas yang membuat orang hanya bisa pakai ekspedisi atau pakai kargo saja.

Definisi Ekspedisi dan Kargo

Hal pertama yang perlu dipahami adalah pengertian dari kedua layanan ini, apakah perbedaan pengiriman cargo dan ekspedisi simak berikut ini:

Ekspedisi

Layanan ekspedisi ternyata ditujukan untuk pengiriman barang yang jumlahnya terbatas alias sedikit. Secara umum ada dua yang disediakan jasa logisti, yaitu ekspedisi jenis khusus yang orientasinya ke lokasi tertentu, tim pengiriman khusus, hingga waktu kirim lebih cepat.

Kemudian ada yang namanya ekspedisi jenis regular, yaitu ekspedisi yang mengirimkan barang dengan aturan dan layanan standar. Mulai dari armada hingga waktu pengiriman juga masuk kategori standar seperti tiga sampai 5 hari usai dikirim.

Kargo

Beda dengan kargo yang merupakan jasa untuk mengirim barang dalam jumlah besar bahkan paling besar diantara layanan yang lain. Kalangan yang menggunakan layanan ini biasanya perusahaan yang mau mendistribusikan produknya ke berbagai daerah.

Soal waktu kirim, biasanya juga lebih lama jika dibanding layanan lainnya. Untuk pengiriman jenis ini, kami berkoordinasi dengan berbagai jenis armada transportasi termasuk stasiun kereta api, pelabuhan kapal dan lainnya.

Perbedaan Layanan Ekspedisi dan Kargo

Sudah jelas bahwa ternyata kedua layanan ini berbeda bukan? Saatnya untuk mengetahui poin-poin beda lainnya yang akan semakin memaksimalkan pemahaman Anda, tentang jasa ekspedisi dan cargo yang popular di bidang logistik ini.

Berat Barang

Layanan ekspedisi menerima pengiriman barang tanpa minimal berat, bahkan ketika Anda mau kirim barang sekecil apapun seperti cincin atau aksesoris juga bisa diterima dan dikirim ke alamat yang dituju.

Sedangkan untuk layanan kargo, berat barang sudah ditentukan yaitu minimal 10 Kg. Makanya pengiriman dengan layanan ini banyak dipilih oleh pebisnis sebuah produk, ketika mau mendistribusikan barang ke daerah lain.

Kalkulasi Harga

Untuk layanan jenis ekspedisi, harganya dipatok untuk setiap 1 Kg. Jadi ketika Anda mengirim barang dengan berat di bawah 1 Kg maka ongkos pengiriman-nya adalah untuk berat 1 Kg.

Jika Anda kirim barang dengan layanan kargo, biasanya penghitungan akan dilakukan dengan sistem berat dan volume barang. Semakin banyak yang dikirim, akan ada diskon harga sesuai ketentuan yang berlaku.

Layanan Antar Jemput

Kami menyediakan layanan antar jemput untuk Anda yang mau mengirim barang pakai ekspedisi. Jadi tinggal hubungi customer service dan berikan informasi soal jenis barang dan lokasi penjemputan.

Layanan ini akan sangat memudahkan bagi Anda yang tak punya banyak waktu untuk datang ke kantor penyedia layanan logistik.

Untuk kargo tidak semua yang menyediakan layanan antar jemput sehingga konsumen harus mengantarkannya langsung untuk dikirim. Tapi kami menyediakannya untuk Anda sebagai bagian dari upaya memuaskan konsumen.

Waktu Pengiriman

Pengiriman untuk ekspedisi standar biasanya tiga hari ke atas, tergantung lokasi tujuan. Sedangkan untuk ekspedisi cepat tersedia one day service atau paket akan sampai dalam satu hari bahkan di hari yang sama.

Sedangkan beda ekspedisi dan cargo soal waktu kirim yaitu kargo  membutuhkan waktu lebih lama. Namun tetap dengan jadwal yang jelas, mengikuti jadwal pengantaran barang yang ada di pelabuhan atau stasiun kereta api.

Jangkauan

Soal jangkauan layanan, ekspedisi bisa menjangkau berbagai daerah yang memang sudah menjadi rute yang dilewati ekspedisi. Sedangkan kargo, jangkauannya tidak terlalu luas.

Bahkan pada beberapa kawasan kemungkinan besar penerima perlu menjemput langsung barang yang dikirim.

Trik Kirim Barang Pakai Ekspedisi atau Kargo

Sudah paham soal perbedaan antara ekspedisi dan kargo? Ternyata memang berbeda dan perlu persiapan yang juga tak sama, ketika Anda memilih pakai salah satu layanan tersebut. Nah, berikut ini beberapa trik yang perlu dilakukan sebelum kirim barang. Baik itu menggunakan ekspedisi maupun kargo.

Ekspedisi

Untuk pengiriman pakai jasa ekspedisi, Anda perlu melakukan beberapa hal di antaranya:

  1. Packing dengan cara yang mudah, tapi tetap terjamin keamanannya. Misalnya pakai bubble wrap untuk barang yang mudah pecah atau rusak. Sedangkan untuk dokumen penting cukup melapisi dokumen dengan plastik, kemudian dimasukkan ke dalam amplop.
  2. Tulis alamat dengan sangat lengkap dan jelas, mulai dari nama jalan, gang, nomor rumah, kelurahan, kecamatan, sampai kode pos dari lokasi penerima.
  3. Pilih jasa yang menyediakan layanan ekspedisi seperti unionlogistics.co.id, sehingga pengiriman yang dilakukan lebih terjamin.
  4. Minta nomor resi pengiriman setelah proses transaksi selesai. Sehingga, Anda bisa melakukan pelacakan lokasi barang melalui sistem online.
  5. Bila barang yang dikirim rentan rusak, maka pastikan untuk menggunakan fitur asuransi.

Kargo

Ketika Anda ingin mengirim barang dalam jumlah besar dan menggunakan kargo, maka beberapa trik berikut bisa digunakan. Memang akan ada beberapa bedanya cargo dan ekspedisi, tapi intinya tetap sama yaitu keamanan dan kenyamanan pengiriman barang.

  1. Pilih yang sudah terpercaya mengirimkan barang skala besar dengan aman, cepat, dan memuaskan.
  2. Jangan lupa untuk memastikan jangkauan layanan kargo sudah lengkap dan sesuai dengan kebutuhan Anda.
  3. Jika memang barang yang akan dikirim, tidak memenuhi kuota pengiriman minimal dari layanan kargo. Maka Anda bisa menyiasatinya dengan berkolaborasi dengan pebisnis atau penjual lain yang juga ingin mengirim ke lokasi yang sama.

Itulah penjelasan lengkap tentang layanan pengiriman barang ekspedisi dan kargo. Dimana keduanya ternyata sangat berbeda, sehingga perlu trik yang tepat untuk menggunakan sesuai dengan kebutuhan.