by

Master Financial Planner Teguh Boentoro: Bagaimana Cara Mematuhi Anggaran Selama Resesi? (Bagian 2.)

Oleh: Teguh Boentoro

Periksa Biaya Berulang Anda

Di antara pengguna layanan manajemen berlangganan Truebill, sekitar satu dari empat menyadari bahwa mereka membayar untuk berlangganan yang tidak mereka inginkan. Dan untuk 17% pengguna situs yang membatalkan langganan, penghematan tahunan rata-rata adalah $ 512. Anda mungkin membayar untuk hal-hal yang sudah lama Anda lupakan, dan biaya itu — bahkan untuk $ 9,99 atau $ 12,99 per bulan — bertambah dengan cepat. Perhatikan biaya siklus yang muncul pada kartu kredit atau rekening bank Anda dan pastikan Anda masih menggunakan semuanya.

Berhenti Hutang yang Agresif

Jika Anda secara tegas mengejar utang konsumen — melunasi pinjaman mobil atau pinjaman mahasiswa Anda lebih awal, katakanlah — kembalilah ke jadwal pembayaran reguler Anda. Anda juga mungkin menemukan bahwa selama masa-masa yang sangat sulit, pemerintah membiarkan Anda menjeda pembayaran sama sekali, jadi manfaatkan. Karena uang tunai (dan pekerjaan) dapat menjadi ketat selama resesi, penting untuk menyimpannya sebanyak mungkin.

Tetap Menyimpan untuk Pensiun

Ini mungkin tampak seperti waktu yang gila untuk menabung untuk masa depan, tetapi ini adalah waktu yang buruk untuk ketinggalan. (Dan jelas bukan saatnya untuk menguangkan akun pensiun Anda.) Jika Anda bisa, teruskan kontribusi pensiun Anda, atau setidaknya pertahankan kontribusi yang cukup untuk mendapatkan kecocokan perusahaan yang mungkin tersedia. Perlu diingat bahwa jika pasar turun, itu berarti Anda membeli investasi dengan harga lebih rendah dari biasanya, yang berarti ada lebih banyak ruang untuk pertumbuhan di masa depan.

Miliki Rencana Cadangan untuk Manfaat

Dengan jutaan orang yang baru keluar dari pekerjaan, ada kemungkinan Anda dapat berjuang untuk mengganti tunjangan yang disponsori majikan jika Anda diberhentikan. Anda mungkin dapat mempertahankan tunjangan tempat kerja Anda hingga 18 bulan di bawah Undang-Undang Rekonsiliasi Anggaran Omnibus Konsolidasi (atau COBRA), tetapi itu bisa mahal — Anda harus membayar premi penuh ditambah biaya administrasi. Anda mungkin ingin menyelidiki rencana pasar seperti apa yang tersedia di layanan kesehatan.

Massal Dana Darurat Anda

Jika Anda tidak memiliki tiga hingga enam bulan biaya hidup di rekening tabungan yang menghasilkan bunga, sekarang saatnya untuk mengatasinya. Singkirkan sedikit setiap gaji untuk membantu membangun bantal Anda, yang akan berguna jika Anda dihadapkan dengan pemotongan gaji yang tidak terduga atau tagihan kejutan. Anda dapat mengatur transfer otomatis dari rekening giro Anda ke rekening tabungan yang terjadi pada hari pembayaran. Seperti akun 401 (k), jika uang diambil sebelum Anda melihatnya, Anda tidak akan melewatkannya.

Hosting Unlimited Indonesia

News Feed