by

Makin Jago Copywriting dengan Menggunakan Rumus 4U

Membuat headline yang menarik merupakah salah satu keterampilan yang sangat penting bagi seorang penulis konten atau copywriter. Hal ini terjadi karena ada banyak sekali pilihan konten artikel yang dapat audiens konsumsi setiap harinya, dan audiens pasti akan lebih memilih konten artikel yang menarik perhatian mereka serta bisa menjawab kebutuhan mereka. Dalam memilih artikel, audiens akan cenderung membaca bagian judul terlebih dahulu. Oleh karena itu Anda perlu membuat headline semenarik mungkin agar dapat menarik perhatian audiens untuk membaca konten Anda. 

Untuk dapat membuat headline yang kuat, dan  menarik minat baca audiens, tentunya skill copywriting Anda perlu diasah agar semakin jago copywriting. Tidak hanya skill copywriting, membuat konten marketing yang tajam dan relevan juga dapat menarik perhatian audiens untuk membaca konten yang Anda buat lho. Oleh sebab itu strategi konten marketing harus berjalan selaras dengan teknik copywriting yang baik. Adapun salah satu teknik copywriting yang bisa Anda gunakan untuk membuat headline yang menarik adalah rumus 4u copywriting.

Apa Itu Rumus 4U Copywriting?

Rumus 4U copywriting adalah salah satu formula penulisan headline dalam copywriting yang dikembangkan oleh master copywriting dan pelatih sukses Michael Masterson. Rumus 4U copywriting ini terdiri dari Useful, Unique, Ultra-specific, dan Urgent atau dalam bahasa Indonesianya yaitu Berguna, Unik, Sangat spesifik, dan Mendesak. 

Empat komponen copywriting tersebut dapat digunakan untuk menulis konten untuk artikel blog atau halaman web dengan membuat headline yang kuat, mengevaluasi headline, serta meningkatkannya. Adapun dalam penggunaannya pada pembuatan headline, keempat komponen dari rumus 4U copywriting ini tidak harus digunakan semua atau komponen mana yang lebih didahulukan. Karena urutan penggunaan komponen dan jumlah komponen yang digunakan tetap harus sesuai dengan kebutuhan headline serta isi konten yang akan Anda buat. Sehingga hasil dari headline yang Anda buat dari penggunaan rumus 4u copywriting dapat lebih menarik. 

Komponen dalam 4U Copywriting

Pada dasarnya 4u copywriting terdiri dari empat komponen yaitu Useful, Urgent, Unique, dan Ultra-Specific yang bisa Anda jadikan panduan untuk membuat sebuah headline yang powerful dan menarik. Panduan ini tentunya dapat membantu Anda dalam menentukan prioritas saat menilai tulisan Anda sendiri, karena setiap komponen dari rumus copywriting tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda, seperti berikut ini:

1. Useful – Bagaimana judul bisa membantu pembaca?

Komponen rumus 4U copywriting yang pertama yaitu useful yang berarti berguna. Judul atau headline yang biasa disukai oleh audiens adalah judul yang mengandung sesuatu yang bermanfaat bagi mereka. Seperti halnya judul yang mengandung informasi atau jawaban yang sedang audiens cari. Adapun maksud dari useful atau berguna disini yaitu judul atau tulisan yang dibuat harus berguna untuk menjawab permasalahan audiens saat mereka mencari jawaban melalui kata kunci tertentu. Karena judul yang useful biasanya berfokus pada membantu pembaca mendapatkan keinginannya

Untuk itu pastikan Anda membuat judul yang memuat jawaban dari suatu permasalahan. Contohnya, “Tips Mudah Memperbaiki Keyboard Laptop yang Rusak”, judul tersebut dapat menjawab permasalahan audiens yang sedang bingung bagaimana cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak.

2. Unique – Bagaimana headline bisa mengejutkan pembaca?

Komponen rumus 4U copywriting yang kedua yaitu unique yang berarti unik. Pada dasarnya definisi unik ini memiliki banyak arti, namun judul yang unik pada sebuah konten adalah judul yang memberikan kesan mengejutkan terhadap pembaca karena keunikan judulnya, sehingga menarik perhatian pembaca. 

Dalam membuat judul atau tulisan yang unik dan mengejutkan, Anda bisa menggunakan kata sapaan yang akrab. Contohnya seperti, “Cara Mudah Beriklan di Instagram, Marketers dan Pebisnis Wajib Baca!. Judul tersebut unik karena memberikan informasi khusus serta menggunakan kata sapaan yaitu “marketers” yang berarti pemasar dan “pebisnis” yang berarti para pelaku atau pemilik bisnis. Sehingga beberapa audiens seperti para pebisnis dan pemasar akan tertarik untuk membaca judul tersebut.

3. Ultra-specific – Bagaimana judul memberikan detail kepada pembaca?

Komponen rumus 4u copywriting yang ketiga yaitu ultra-specific yang berarti sangat spesifik. Maksud dari ultra-specific disini yaitu membuat judul yang spesifik dan detail dalam menggambarkan isi konten secara keseluruhan. Anda juga bisa menambahkan angka untuk menjelaskan nomor dan data yang disajikan dalam konten. 

Pada judul tersebut sudah sangat jelas bahwa ada 4 strategi dan ditujukan bagi para pelaku usaha pemula yang ingin belajar strategi digital marketing untuk bisnis mereka. Judul tersebut sangat spesifik dan detail karena memuat angka, memberitahu langkah-langkah tertentu, menawarkan harga spesial, dan lain-lain.