by

Lokasi Makam Khusus Covid 19 Di Kota Bontang

Saat ini, seluruh dunia sedang berjuang untuk mengatasi virus Covid-19. Berbagai upaya untuk menekan jumlah kasus pun dilakukan. Selain menggalakkan kepada masyarakat untuk melaksanakan 3M, penanganan pasien Covid-19 juga memiliki permasalahan tersendiri karena sangat beresiko untuk menyebarkan virus kepada tenaga kesehatan.

Selain itu, pemakaman juga menjadi hal yang penting karena untuk memakamkan jenazah positif Covid-19 memerlukan protokol khsusus. Pemakaman juga harus memenuhi kriteria tertentu agar dapat digunakan untuk memakamkan jenazah positif Covid-19. Tentunya, makam khusus telah disediakan di beberapa lokasi di tanah air.

Pentingnya Ketersediaan Makam Khusus Covid-19 di Bontang

Angka kasus positif yang meninggal akibat Covid-19 yang terus mengalami peningkatan membuat ketersediaan lahan untuk pemakaman perlu diperhatikan. Pasalnya, tidak semua TPU diperbolehkan untuk memakamkan jenazah dengan positif Covid-19.  Di beberapa wilayah, terdapat penolakan terhadap jenazah positif Covid-19.

Wali Kota Bontang saat ini telah memberikan instruksi agar lahan pemakaman yang berada di Bontang Lestari dapat dijadikan sebagai pemakaman khusus untuk jenazah positif Covid-19. Lahan pemakaman Bontang lestari terdapat di dekat Taman Makam Pahlawan (TMP). Hal tersebut awalnya masih simpang siur karena belum tertuang dalam aturan tertulis.

Pemilihan TPU Bontang Lestari sebagai pemakaman khsusus Covid-19 juga dipertimbangkan dari lokasi. TPU Bontang lestari cukup jauh dari pemukian warga dan memiliki kontur tanah yang rata. Selain itu, lahan yang tersedia juga cukup luas. Dengan total lahan 4 hektar, pemakaman ini menyediakan 2 hektar untuk jenazah positif Covid dan 2 hektar untuk pemakaman umum.

Saat ini diseluruh Indonesia terdapat banyak titik pemakaman khusus Covid-19. Namun, tidak sedikit juga pemakaman umum yang pada akhirnya diizinkan untuk memakamkan jenazah positif Covid-19. Hal itu dikarenakan jumlah kasus yang meningkat diiringi dengan peningkatkan angka kematian. Ketersediaan lahan yang dikhsususkan untuk Covid-19 yang tidak sebanding dengan kebutuhan, membuat pemakaman umum dapat digunakan untuk memakamkan jenazah positif Covid-19.

Apa Syarat untuk Tempat Pemakaman Khusus Covid-19

Tentunya prosedur untuk pemakaman jenazah dengan positif Covid-19 akan berbeda dengan pemakaman pada umumnya. Kondisi lahan pemakaman juga perlu diperhatikan agar memenuhi standar pemakaman khusus jenazah positif Covid-19. Pemerintah dapat melihat konsep pemakaman dari San diego hills untuk memberikan keamanan dengan situasi yang nyaman dan damai.

Dengan konsep yang baik, maka akan membuat keluarga dapat melakukan ziarah dengan aman dan nyaman. Perjumpaan dengan kerabat di persinggahan terakhir dapat menjadi penyemangat hidup bagi orang terkasih yang ditinggalkan. Walalupun saat ini lahan sulit di cari, namun pembuatan konsep pemakaman junga menjadi hal yang penting.

Terdapat beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk menjadikan pemakaman khusus seperti pemakaman berjarak minimal 500 meter dari perumahan warga. Jarak liang lahat dengan sumber air sumur warga juga minimal berjarak 50 meter. Selain itu, liang lahat harus memenuhi ukuran peti jenazah yang tersedia. Selain itu, dampak dari kekurangan laham pemakaman juga membuat adanya kebijakan tumpang tindih.

Lokasi makam khusus Covid-19 di Kota Bontang tersedia sebagai salah satu layanan yang diberikan kepada masyarakat untuk memakamkan jenazah positif Covid-19. Penekanan kasus Covid-19 perlu dilakukan untuk mengurangi tambahan kasus meninggal dunia akibat Covid-19. Tentunya kita harus berdoa agar pandemi Covid-19 segera berlalu.

News Feed