by

Kilas Balik Tentang Perjalanan Microsoft Windows 10 Mobile

Microsoft Windows 10 Mobile adalah sebuah sistem operasi untuk ponsel yang dikembangkan oleh pihak Microsoft. Sistem ini merupakan versi terbaru dari Windows Phone 8.1, tetapi dipasarkan dengan menggemborkan edisi Windows 10 yakni sistem operasi Microsoft untuk komputer pribadi yang menjadi sebuah rencana dari Microsoft untuk menyatukan seluruh platform ke dalam sebuah sistem operasi.

Microsoft Windows 10 Mobile ini memiliki tujuan memberikan konsistensi yang lebih baik menggunakan platform mitra untuk PC (Windows 10), termasuk jua sinkronisasi konten yang luas, aplikasi Universal Windows Platform, juga kelebihan (pada perangkat keras yang disupport) guna menyambungkan perangkat ke layar eksternal juga menggunakan antar-muka-desktop menggunakan mouse serta dukungan input keyboard (layaknya Windows pada PC).

Microsoft Windows 10 Mobile ini berhasil diterima dengan beragam. Mengutip dari ulasan tentang Lumia 950 XL, pihak The Verge merasa platform tersebut “mempunyai kecacatan juga belum selesai”, serta bahwa antarmuka penggunanya tidak konsisten pada operasi juga merasa lebih layaknya Android yang dicampur adukkan dengan beragam elemen desain yang tak sama dengan maksud menjadi ciri khas Windows Phone. Sudah dicatat jika OS ini masih mempertahankan sebagian besar dari kinerja Windows Phone 8, lalu bahwa Microsoft sudah mengupayakan penciptaan sinergi dengan versi PC Windows 10 memanfaatkan konsep aplikasi universal.

Namun sayangnya Microsoft Windows 10 Mobile ini sudah tidak bisa kita nikmati lagi, karena tepat pada bulan Oktober tahun 2017 lalu Microsoft menyatakan tidak akan memperbaharui versi ini lagi. Segala dukungan kepada Windows 10 juga telah dihentikan total pada tanggal 10 Desember 2019 lalu.

“Dengan berakhirnya dukungan Windows 10 Mobile, kami merekomendasikan pengguna untuk beralih ke perangkat Android atau iOS yang didiukung” ucap pihak Microsoft pada pernyataan lain yang ada di CNBC. Tidak langsung dihentikan secara keseluruhan, namun benar-benar hilang dan tutup sudah Windows 10 Mobile ini di tanggal 10 Maret 2020 lalu. Hal ini dimaksudkan tentu saja untuk memberi waktu kepada pengguna Windows 10 Mobile untuk beralih ke perangkat lain, tentunya ke perangkat yang mendukung Android atau iOS sesuai kemampuan

News Feed