by

Inilah Keuntungan dan Tips Membeli Rumah Cluster untuk Pilihan Hunian Pertama!

Membeli rumah pertama memang harus memiliki banyak pertimbangan, apalagi mengingat belum ada pengalaman sebelumnya. Merasa gugup untuk beli rumah baru untuk pertama kalinya memang hal yang wajar, apalagi jika Anda ingin membeli tipe perumahan cluster. 

Yang artinya, dana yang dibutuhkan biasanya lebih mahal dibanding rumah inden atau membeli rumah bekas. Rumah cluster atau klaster adalah perumahan yang hanya memiliki beberapa unit di dalam lokasi yang sama. 

Biasanya, perumahan cluster memiliki desain bangunan yang sama. Yang membedakannya adalah tipe rumah dengan ukuran luas tanah dan bangunan. Hunian cluster biasanya telah dilengkapi fasilitas kawasan yang memberi kenyamanan dan keamanan para warga sehingga ini menjadi keunggulannya. Nah, untuk kamu yang ingin memakai cluster. Grand wisata merupakan solusi yang tepat karena dapat menyediakan sebuah cluster dan ruko untuk kegiatan bisnis kamu.

Rumah klaster juga menawarkan suasana yang nyaman untuk tempat tinggal. Berkat hal tersebut, hunian cluster kerap diminati. Jika Anda tertarik, berikut sejumlah keuntungan juga tips membeli rumah cluster, terutama jika ini adalah pengalaman pertama Anda membeli rumah. 

Keuntungan Membeli Rumah Cluster di Grand Wisata

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, membeli rumah cluster telah dilengkapi fasilitas yang memberi kenyamanan dan keamanan penghuni. 

Tak hanya itu, keunggulan lain membeli rumah cluster adalah didukung sarana modern juga suasana hunian yang nyaman. 

Nah, untuk mengulas lebih lengkap keunggulan membeli rumah cluster, simak selengkapnya di bawah ini.

Fasilitas Kawasan Lengkap

Keunggulan pertama membeli rumah cluster, biasanya menawarkan sarana di dalam kawasan yang modern. Jika Anda pernah mengumpulkan brosur perumahan, atau mencarinya di situs properti, para developer selalu mengedepankan keunggulan fasilitas di dalam perumahan.

Contohnya, one gate system, keamanan 24 jam oleh security, CCTV di sekitar area perumahan, sarana ibadah, playground untuk anak, ruang terbuka hijau dan taman hingga clubhouse yang dapat menunjang aktivitas penghuni. Tak hanya itu, infrastrukturnya pun memadai seperti ROW jalan di dalam cluster yang lebar, kabel listrik bawah tanah, hingga fasilitas air bersih. 

Sementara fasilitas di dalam rumah yang fully furnished dilengkapi AC atau TV LED. Bahkan untuk perumahan cluster dengan harga yang lebih mahal dilengkapi pula dengan fasilitas smart home system. 

Memiliki Unit yang Banyak

Perumahan cluster biasanya memiliki jumlah unit yang banyak dalam satu lingkungan.  Biasanya, di dalam perumahan akan terbagi menjadi beberapa blok dan dalam satu blok terdiri dari 5-10 rumah. 

Dengan begitu, para penghuni di dalam kawasan pun bisa bertetangga dan berinteraksi, sehingga menciptakan lingkungan sosial yang nyaman. Saat hendak membeli rumah cluster Anda bisa memilih tipe unit yang diinginkan karena jumlah unit yang disediakan cukup banyak.

Tips Membeli Rumah Cluster

Setelah membahas berbagai keunggulan rumah cluster, berikut ini adalah tips membeli rumah cluster yang bisa dijadikan informasi sebelum membeli rumah.

Rencanakan Dana

Saat hendak membeli rumah pertama atau hunian cluster, merencanakan dana menjadi hal wajib yang dilakukan. Merencanakan bujet dengan matang dan penuh perhitungan perlu dilakukan demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan misalnya membebani finansial sehari-hari.

Pastikan Anda memiliki dana yang cukup sesuai dengan batas kemampuan sebelum membeli rumah.  Jangan libatkan dana kebutuhan pokok untuk membayar cicilan rumah!

Survei Lokasi

Lokasi, lokasi, lokasi. Ya, sebelum membeli rumah cluster, pastikan Anda melakukan survei lokasi untuk mengetahui akses perumahan.

Apakah jalan ke perumahan mudah di akses? Apakah perumahan banyak dilalui moda transportasi umum? Apakah kondisi lingkungan di perumahan bagus dan aman tanpa banjir atau longsor? Apakah kawasan perumahan dekat fasilitas publik atau tidak?

Pertanyaan di atas dapat menjadi pertimbangan yang wajib dipikirkan