by

Keunggulan Telegram dibanding WhatsApp

WhatsApp dan Telegram merupakan aplikasi chatting yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Selama ini. banyak yang beranggapan loh, bahwa kedua aplikasi ini sama-sama unggul. Padahal jika kita perhatikan, ada banyak sekali keunggulan Telegram dibanding WhatsApp.

Sebenarnya, ada banyak banget keunggulan Telegram dibandingkan WhatsApp loh. Dan pada artikel ini kita hanya akan membahas beberapa saja. Keunggulan ini mungkin bisa menjadi pertimbangan Anda ketika akan menggunakan aplikasi Telegram.

Bisa mengirimkan foto dan video

Bisa mengirimkan foto dan video? Sekilas memang kedengaran sederhana dan sangat biasa. Karena Hal ini juga bisa dilakukan oleh WhatsApp.  Tapi tenang. Fitur mengirimkan foto atau video di WhatsApp berbeda dengan Telegram.

Karena hakikatnya, aplikasi Telegram memungkinkan Anda untuk mengirimkan foto dan video dalam dua versi. Baik yang versi original ataupun dalam versi. Berbeda halnya dengan WhatsApp loh.

Yang mana, ketika Anda mengirimkan foto, maka ukuran, resolusi, dan juga kualitasnya akan otomatis mengecil. Jadi buat yang doyan selfie. mungkin Anda memang harus menggunakan Telegram ya, agar ketika mengirimkan foto kepada orang lain kualitasnya tetap sama.

Selain itu, Anda juga bisa langsung mengirimkan file versi kompresnya ke banyak orang dengan sangat mudah.

Memiliki layanan penyimpanan cloud

Keunggulan Telegram dibandingkan WhatsApp yang kedua adalah dari segi layanan penyimpanan Cloudnya. Tahukah Anda, bahwa Telegram menyediakan layanan penyimpanan Cloud kepada seluruh pengguna mereka loh?

Itu artinya, seluruh pesan teks Anda, kemudian  gambar, video file ataupun dokumen bisa tersimpan di sana cloud tersebut. Anda juga bebas login ataupun log out berkali-kali dari beberapa perangkat, di waktu yang sama, dan tidak perlu khawatir datanya akan hilang.

Apakah WhatsApp tidak mempunyai layanan ini? Tentu Whatsapp juga mempunyai layanan satu ini dong. Hanya saja, kapasitas yang ditawarkan antara Telegram jauh lebih besar dan mumpuni dibandingkan yang ditawarkan pihak WA.

Kapasitas Grup

Fitur group merupakan fitur unggulan pada aplikasi Whatsapp dan juga Telegram. Sayangnya, kedua aplikasi ini menawarkan ketentuan grup yang berbeda. Dan jika kita perhatikan, kapasitas anggota grup di WhatsApp sangat terbatas.

Mereka hanya memberikan kapasitas anggota sekitar 256 saja. Yang mana, angka tersebut masih bisa dikatakan kecil, dan sangat kurang untuk menampung anggota dalam berbagai event besar.

Hal ini beda jauh dong dengan ketentuan anggota yang ada di Telegram. Karena aplikasi ini memungkinkan anggota grup yang bisa mencapai 200.000 orang. Hitung aja deh berapa kali lipat dari anggota grup di WhatsApp.

Jadi, jelas banget dong, dari segi kapasitas grupnya, Telegram sangat unggul. Nah buat Anda yang akan melakukan agenda besar-besaran, mempunyai kepanitiaan sangat banyak, atau pun ingin mengumpulkan alumni di dalam sebuah grup besar, tentu Telegram dengan fitur Grupnya adalah pilihan yang paling tepat. Ia kan?

Ada fitur channelnya

Keunggulan Telegram dibanding WhatsApp yang berikutnya adalah dari segi fitur. Keduanya menawarkan fitur yang sebenarnya agak mirip ya. Namun, terdapat perbedaan fitur yang cukup mencolok yaitu pada bagian channel. Di mana, aplikasi WhatsApp tidak menawarkan fitur tersebut.

Fitur channel pada aplikasi Telegram sendiri menawarkan berbagai macam keunggulan. Misal,. dari segi jumlah anggota yang tidak dibatasi.  Sehingga, akan memungkinkan semua orang untuk mengaksesnya dan mendapatkan informasi yang menarik.

Selain itu, channel ini juga bisa diakses oleh semua orang tanpa harus mendapatkan persetujuan dari pemilik channel. Keren banget kan?

Dapat memasukkan nomor sekaligus

Dan keunggulan Telegram dibandingkan WhatsApp yang paling menarik adalah, Anda dapat mengganti nomor ataupun menambahkan beberapa kontak hanya dalam satu waktu, tanpa harus khawatir seluruh obrolan ataupun kontaknya hilang lagi.

Jadi, nggak perlu lagi repot-repot mentransfer seluruh kontak ke nomor baru.  Keunggulan satu ini menjadi salah satu pembeda antara keduanya.

Nah jika ingin mengubah nomornya, Anda hanya perlu membuka bagian setting ataupun pengaturan. Lalu ketikan nomor,  klik ubah di nomor tersebut, dan tinggal ikuti instruksi yang ada. Nggak usah takut deh. Karena  cara satu ini sangat mudah kok.

Kalau sudah, seluruh pesannya akan pindah ke nomor baru tadi. Gimana, keren kan? Hal ini sangat berbeda dengan WhatsApp. Karena ketika ada yang nomor baru, maka begitu Anda menyimpan nomornya, maka seluruh pesannya akan tertinggal pada nomor lamanya.

Ada fitur bot

Keunggulan Telegram dibanding WhatsApp yang selanjutnya adalah fitur bot. Ya, fitur satu ini memang terkesan agak diremehkan oleh banyak orang Padahal nih, terdapat banyak sekali hal-hal menarik yang dapat Anda lakukan dengan menggunakan fitur bot ini loh.

Misal nih, ingin menerima pembayaran dari pengguna Telegram yang lain, mendapatkan berbagai macam pemberitahuan dan juga berita terupdate, mengetahui ramalan cuaca hari ini, menerjemahkan bahasa, dan lain sebagainya.

Bahkan bukan hanya itu saja, bot juga memungkinkan Anda untuk terhubung dengan orang yang mempunyai minat ataupun kedekatan yang sama. Gimana-gimana, keren banget kan?

Selain beberapa keunggulan tersebut, masih ada berbagai macam keunggulan lainnya. Seperti,  Anda bisa mengunggah beberapa foto profil sekaligus, terdapat fitur pesan rahasia atau Secret chat, mengirimkan berbagai macam media tanpa harus takur kualitasnya menurun, bisa mengedit pesan yang sudah dikirim ke orang lain, bisa login atau masuk ke banyak perangkat, dan masih ada segudang keunggulan Telegram dibanding WhatsApp.

Demikian sekilas mengenai keunggulan Telegram seperti yang telah dirinci di situs Klikjon.com. Anda bisa menjadikan ulasan tersebut sebagai pertimbangan ketika akan menggunakan Telegram

News Feed