by

Kayu Mahoni untuk Bahan Furniture Jepara

Kayu mahoni memang sering di gunakan sebagai bahan furniture jepara.  Kayu mahoni di jadikan bahan baku utama setelah kayu jati. Kayu jenis ini memiliki tingkat kekerasan dan kekuatan di bawah kayu jati, Namun bukan berarti kayu mahoni tidak kuat, Hanya saja kayu jati memang sangat kuat maka nya kayu mahoni disebut sebagai nomor 2 dalam masalah kekuatan.

Untuk penampilan seratnya, kayu mahoni memiliki permukaan papan yang berwarna kemerahan dengan serat yang padat dan untuk bagian pinggir luar kayu atau sap wood berwarna putih abu-abu. Kayu mahoni dapat tumbuh hampir di mana saja, Dia tergolong pohon yang tangguh.

Maka dari itu pohon mahoni banyak sekali dijumpai di pinggir jalan sebagai pohon peneduh, Dia juga sangat suka dengan polusi dari kendaraan bermotor. Nah, selanjutnya saya akan membahas apa sih Kegunaan Pohon mahoni selain di jadikan bahan baku Furniture jepara? Langsung saja simak di bawah ini!

Kegunaan Kayu Mahoni

Konon biji buah mahoni (yang katanya sangat pahit) bisa dibuat obat, kulitnya bisa dipakai untuk pewarna pakaian, daunnya untuk pakan ternak. Tukang kayu jadi kurang begitu tertarik dengan manfaat pohon mahoni…selain untuk bikin meja.

Kayu mahoni untuk furniture jepara rata-rata dipakai untuk pesanan furniture model klasik. Kenapa ? entahlah, namun menurut pendapat kami karena rata-rata pembeli furniture model klasik itu adalah dari eropa dan amerika. Di sana kayu mahoni tergolong salah satu kayu mahal dan mewah, itulah mengapa ( lagi, menurut kami ) di jepara kayu mahoni rata-rata dibuat furniture model klasik.

Kenapa negara-negara Eropa dan Amerika tidak memilih jati ? Mungkin saja mereka lebih mengenal kayu jati sebagai kayu yang tangguh, mereka banyak memesan kayu jati untuk furniture luar ruangan dan juga untuk bahan baku kapal.

Setelah kita mengulas kegunaan kayu mahoni sekarang selanjutnya, apa sih keunggulan kayu mahoni dan juga kekuranganya? langsung aja, yuk dibaca lanjut lagi.

Kayu Mahoni Untuk Furniture Jepara, Keunggulannya

Seratnya halus dan sangat seragam. penampilan yang seperti ini sangat bagus jika difinishing dengan warna-warna natural atau klasik. Yang kedua adalah Penampang kayu yang sangat stabil sekali, kayu mahoni yang dikenal untuk kekuatan akan penyusutan dan perubahan bentuk, dan ini alasan mengapa kayu mahoni banyak juga digunakan dalam industri gitar dan alat-alat musik lainnya.

Tentu saja syarat utama nya adalah kekeringan bahan baku kayunya. Ketiga, Kandungan minyak alami kayu rendah, ini menjadikan kayu mahoni bisa di finishing cat duco tanpa resiko meninggalkan noda kekuningan seperti pada kayu jati. Namun lagi, kekeringan kayu adalah syarat utama. nah, itu tadi sedikit penjelasan tentang keunggulan kayu mahoni.

Yang selanjutnya mengenai apa ya? benar sekali, tentunya kalau ada keunggulan pastinya ada kekurangannya dong. Kira kira apa ya kekurangan kayu mahoni ? katanya tadi kayu mahoni kualitasnya nomer dua setelah kayu jati, kok masih ada kekuranganya! di dunia ini tidak ada yang sempurna , yang sempurna hanya Tuhan yang maha Esa.

Itulah informasi tentang Kayu Mahoni Untuk Bahan Furniture Jepara dan semoga bermanfaat buat anda semuanya.

News Feed