by

Inilah Tips untuk Sukses dalam Presentasi Menggunakan Bahasa Inggris

Bagi kamu yang pernah merasakan bangku perkuliahan mungkin sudah tidak asing lagi untuk presentasi, itupun kalau aktif kuliah. Presentasi ini memang bisa dikatakan susah-susah gampang karena terkadang seseorang sukar atau gugup menyampaikan sesuatu. Tetapi ada juga yang dengan lancar mempresentasikan apa yang telah menjadi tugasnya.

Jika presentasi menggunakan bahasa Indonesia mungkin sudah biasa tetapi ketika presentasi menggunakan bahasa inggris tentu menjadi hal berbeda. Dalam menghafal kosakata saja sudah susah apalagi ini harus mempresentasikan. Tapi kamu tidak perlu khawatir ada tips agar kamu sukses dalam presentasi dengan bahasa inggris ini.

Penampilan

Dalam mempresentasikan sesuatu, jangan pernah lupa untuk selalu berpenampilan menarik. Bentuk penampilan menarik ini bisa mencakup banyak hal seperti menjaga kesehatan agar kamu terlihat good looking di depan audiens. Jika penampilan kamu kurang sesuai, mereka biasanya akan enggan untuk mendengarkan apa yang kamu sampaikan.

Jadi selain nanti kamu menyiapkan materi, penampilan juga jangan diabaikan. Dalam berpenampilan kamu tidak harus memakai baju baru tetapi pembawaan yang ada pada diri itu yang paling penting. Jadi kamu terlihat mudah menyampian dan juga dari sisi muka tidak cemberut atau sedang memikirkan sesuatu.

Persiapan Materi

Sebelum mempresentasikan sesuatu tentu kamu butuh materi apa yang akan disampaikan nantinya. Untuk masalah materi ini kamu bisa memilih topik yang memang benar-benar dikuasai, misalnya mengusai dunia bisnis online. Kamu pahami terlebih dahulu dan cara hal-hal apa yang mudah dari pembahasan itu.

Pemilihan materi ini dapat kamu cari juga referensinya di internet mulai dari awal hingga akhir. Karena konsepnya presentasi maka kamu cukup menuliskan poin-poin yang akan kamu sampaikan nanti. Poin-poin tersebut bisa kamu siapkan dan dibuat dalam bentuk slide di powerpoint. Buatlah slide sebaik mungkin agar kamu mendapatkan respon yang menarik dari audiens.

Penyampaian Materi

Ketika kamu sudah menemukana akan materi yang akan dibawakan maka tugas selanjutnya adalah menyampaikan materi ini dengan baik. Sebelum kamu masuk pada hari H, ada baiknya kamu melakukan latihan terlebih dahulu.

Untuk latihan ini dapat kamu lakukan di rumah dan usahakan ada anggota keluarga. Dengan seperti ini tentu kamu selain mematangkan materi juga sedikit belajar percaya diri. Sebab, banyak juga yang latihan sendiri tetapi ketika ada orang malah gugup saat presentasi. Kamu bisa menggunakan waktu untuk presentasi ini agar bisa memanfaatnya dengan baik

Ketika semua sudah selesai dan sampai pada hari H maka kamu harus enjoy saat menyampaikan. Anggap saja para audiens itu anggota keluarga tempat kamu latihan presentasi itu. Teruslah percaya diri dan fokus pada materi yang akan disampaikan di tempat tersebut. Dengan terus fokus seperti ini tentu kamu akan dengan mudah memresentasikan sesuatu di depan orang banyak.

Itulah beberapa hal terkait tips presentasi bahasa inggris dihadapan orang banyak. Inti dari ini semua tentu terletak pada kepercayaan diri dan materi yang disampaikan. Kalau kamu percaya diri tentu apa yang ada di materi akan dengan sangat mudah disampaikan. Begitu juga sebaliknya, jika tidak percaya diri maka semua materi yang disiapkan akan hilang dari dalam pikiran.

Untuk masalah materi kamu tidak perlu khawatir kesulitan, kamu bisa lihat semuanya di contoh presentasi bahasa inggris. Pada link tersebut sudah disediakan beberapa contoh presentasi itu, sehingga akan memudahkan kamu mempunyai gambaran akan apa saja yang harus disampaikan.

News Feed