Inilah Hal Penting untuk Jamaah Haji dan Umroh

Bisnis12 views

Melakukan ibadah haji atau umroh dambaan semua umat Islam. Bagi yang sudah mendapat kesempatan, sebaiknya bisa memanfaatkan nikmat sehat dan nikmat sempat yang dimiliki. Jangan sampai niat suci yang sudah ditanamkan sekian lama rusak, karena salah niat atau dalam melaksanakannya tercampuri dengan hal-hal yang subhat atau pun makruh. Haji dan umroh itu penyempurna agama dan ganjarannya untuk yang melaksanakan adalah surga.

Mengingat Haji dan Umroh itu hanya wajib satu kali seumur hidup, maka agar perjlanan ibadah haji dan umroh penuh keberkahan, lakukannlah tujuh kiat ini.

1. Pelajari Tentang Haji dan Umroh Sejak Dini

Sebelum ke tanah suci hendaknya mempelajari lebih awal tentang tata cara yang benar berhaji dan umroh. Pelajari hukumnya, sunnah dan rukunnya. Perbanyak mencari info yang berhubungan tentang dasar-dasar kegiatan yang akan dilakukan ketika mejalani ibadah haji dan umroh. Haji dan umroh itu rangkaian ibadah yang panjang dan padat. Semua itu perlu persiapan pengetahuan yang cukup dan benar. Berbekal ilmu yang disiapkan ibadah akan lancar, pengalaman berharga pun mendapat pahala.

2. Mantapkan Niat dan Hati

Orang yang sudah berniat ibadah haji dan umroh, niat dan hatinya harus mantap. Jangan lagi ada keraguan. Siapkan fisik dengan menjaga kesehatan. Hati yang bersih bersegera bertaubat dan memperbaiki ibadah sebelum berangkat haji dan umroh juga penting. Haji dan umroh akan jadi perjlanan yang panjang di mana membuuhkan bekal sabar, syukur dan ikhlas, Ibadah ini merupakan ibadah hati dan jiwa diharapkan orang yang beribadah haji hatinya selalu mendekat pada Alla, dan harus siap mental lahir dan batin. Insyaallah akan menjadi haji yang mabrur.

3. Sabar Syukur Ikhlas dalam Menghadapi Masalah dalam Beribadah

Masalah bisa terjadi ketika melaksanakan ibadah haji dan umroh. Setiap tahun jemaah haji dan umroh semakin banyak. Jutaan manusia berkumpul dengan memiliki niat yang sama. Perlu kesabaran, kelapangan dada dan keikhlasan, dan bisa menahan emosi dengan memperbanyak istigfar. Bila ada masalah besar mau pun kecil, jangan panik. Kekacauan bisa saja terjadi, terutama di Mina dan di saat lempar jumroh. Perbanyaklah membaca doa agar dimudahkan dalam beribadah juga terhindar dari mara bahaya yang menggganggu ibadah haji dan umroh.

4. Gunakan Waktu Dengan Baik

Waktu adalah sesuatu yang berharga. Jangan sampai waktu menjalani ibadah haji dan umroh jadi sia-sia karena tidak cermat ketika menggunakannya. Manfaatkan waktu yang dimiliki di Mekkah dan Madinah sepenuhnya untuk ibadah. Ketahuilah begitu keluar dari masjidil Haram dan masjid Nabawi, mata dimanjakan dengan berbagai urusan dunia. Banyak penjual anaeka macam kebutuhan dunia ditawarkan. Jangan sampai lapar mata dan kalap dalam berbelanja. Ingat waktu berbelanja bisa digunakan untuk yang bermanfaat. Hargai waktu agar mendapatkan yang lebih berharga untuk bekal ke kampung akherat. Jangan sampai telat untuk urusan sholat dan ibadah yang lainnya.

5. Haji dan Umroh Itu Ibadah bukan Wisata Agama

Sejak awal harus dikuatkan dalam hati bahwa perjalanan ini adalah ibadah. Jangan melakukan sesuatu yang tidak berguna. Haji dan umroh sangat sakral. Menjalani Haji dan umroh harus bersungguh-sungguh. Kurangi selfie atau hal-hal lain yang justru menurunkan kadar ibadah dan mengurangi pahala karena riya. Jangan gunakan waktu untuk selalu update di sosial media. Singkatnya jemaah harus bisa menempatkan diri sebagai tamu Allah yang santun dan terpuji, maka jangan kotori dengan hal-hal yang kurang baik.

6. Jangan Terlalu Banyak Bicara dan Gembira

Sebagai jemaah haji dan umroh tidak perlu banyak bicara ketika berada di Tanah suci. Fokus saja pada ibadah. Tidak pelu juga terlalu gembira dan menyombongkan diri. Jemaah harus bisa memaknai ibadah ini dengan sebenar-benarnya. Yang terpenting harus bisa menyelami segala hal dengan hati yang lapang. Dengan memaknai ibadah ini dengan benar, maka perjalanan panjang dengan biaya yang cukup mahal jadi tidak sia-sia.

7. Usahakan Selalu Berbuat Kebaikan

Ini tip yang terakhir dan juga sangat penting untuk dilakukan.Jemaah haji dan umroh harus selalu berbuat kebaikan. Dengan berbuat kebaikan semoga Allah menjaga hati para jemaah menjadi tenang dan nyaman. Tidak ada rasa was-was selama laksanankan ibadah. Setiap jemaah pastinya akan memperoleh pengalaman spiritual yang berbeda satu dengan yang lainnya. Pengalaman itu tidak perlu dicari, karena akan tercipta dengan sendirinya.

Bersama sebuah Pelayanan sepenuh hati kami Akan Anda rasakan sepanjang perjalanan umroh semarang Anda.