by

Inilah 5 Manfaat Minum Air Putih yang Penting untuk Diketahui

Air minum tidak hanya memuaskan dahaga Anda – sangat penting untuk menjaga tubuh Anda berfungsi dengan baik dan merasa sehat. Hampir semua sistem utama tubuh Anda bergantung pada air untuk berfungsi dan bertahan hidup. (1)

Berikut adalah beberapa manfaat minum air putih yang sangat penting untuk kesehatan tubuh Anda.

  • Membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh.

Tubuh Anda terdiri dari sekitar 60% air. Fungsi cairan tubuh ini termasuk pencernaan, penyerapan, sirkulasi, pembuatan air liur, transportasi nutrisi, dan pemeliharaan suhu tubuh.

“Melalui kelenjar pituitari posterior, otak Anda berkomunikasi dengan ginjal Anda dan memberi tahu seberapa banyak air untuk dikeluarkan sebagai urin atau disimpan sebagai cadangan,” kata Guest, yang juga seorang profesor kedokteran di Universitas Stanford.

Saat Anda kekurangan cairan, otak memicu mekanisme haus tubuh. Dan kecuali Anda minum obat yang membuat Anda haus, kata Guest, Anda harus mendengarkan isyarat itu dan segera minum air. (2)

  • Mengontrol kalori

Selama bertahun-tahun, pelaku diet telah minum banyak air sebagai strategi penurunan berat badan. Meskipun air tidak memiliki efek magis pada penurunan berat badan, menggantinya dengan minuman berkalori lebih tinggi tentu bisa membantu.

“Yang berhasil dengan penurunan berat badan adalah jika Anda memilih air atau minuman non-kalori daripada minuman kalori dan / atau makan makanan yang lebih tinggi dalam makanan kaya air yang lebih sehat, lebih kenyal, dan membantu Anda mengurangi asupan kalori,” kata Barbara Rolls, PhD, penulis The Volumetrics Weight Control Plan.

Makanan dengan kadar air tinggi cenderung terlihat lebih besar, volumenya lebih tinggi membutuhkan lebih banyak mengunyah, dan diserap lebih lambat oleh tubuh, yang membantu Anda merasa kenyang. Makanan kaya air termasuk buah-buahan, sayuran, sup berbasis kaldu, oatmeal, dan kacang-kacangan. (2)

  • Membantu menjaga kulit tampil lebih baik

Kulit Anda mengandung banyak air, dan berfungsi sebagai pelindung untuk mencegah kehilangan cairan yang berlebihan. Tetapi jangan berharap terlalu hidrasi untuk menghapus keriput atau garis-garis halus, kata ahli kulit Kenneth Ellner, MD.

“Dehidrasi membuat kulit Anda terlihat lebih kering dan kusut, yang dapat diperbaiki dengan hidrasi yang tepat,” katanya. “Tapi begitu kau cukup terhidrasi, ginjal mengambil alih dan mengeluarkan kelebihan cairan.”

Anda juga dapat membantu “mengunci” kelembaban di kulit Anda dengan menggunakan pelembab, yang menciptakan penghalang fisik untuk menjaga kelembapan. (2)

  • Membantu memberdayakan otot.

Sel-sel yang tidak mempertahankan keseimbangan cairan dan elektrolitnya menyusut, yang dapat menyebabkan kelelahan otot. “Ketika sel-sel otot tidak memiliki cairan yang memadai, mereka tidak bekerja dengan baik dan kinerja dapat menderita,” kata Guest.

Minum cukup cairan penting saat berolahraga. Ikuti pedoman American College of Sports Medicine untuk asupan cairan sebelum dan selama aktivitas fisik. (2)

  • Melancarkan ginjal

Cairan tubuh mengangkut produk limbah masuk dan keluar sel. Toksin utama dalam tubuh adalah nitrogen urea darah, limbah yang larut dalam air yang mampu melewati ginjal untuk diekskresikan dalam urin, jelas Guest.

“Ginjal Anda melakukan pekerjaan yang luar biasa untuk membersihkan dan membersihkan tubuh dari racun selama asupan cairan Anda memadai,” katanya.

Ketika Anda mendapatkan cairan yang cukup, air seni mengalir dengan bebas, berwarna terang dan bebas bau. Ketika tubuh Anda tidak mendapatkan cukup cairan, konsentrasi urin, warna, dan bau meningkat karena ginjal memerangkap cairan tambahan untuk fungsi tubuh.

Jika Anda minum terlalu sedikit secara kronis, Anda mungkin berisiko lebih tinggi terkena batu ginjal, terutama di daerah beriklim hangat, Tamu memperingatkan. (1)

Itulah tadi penjelasan mengenai berbagai manfaat minum air putih. Manfaat tersebut menunjukkan seberapa pentingnya minum air putih. Untuk air putih berkualitas selalu pilihlah AQUA, karena kesegarannya tetap terjaga, setiap tetes kemurniannya melalui lebih dari 400 cek kualitas, dan dikemas langsung dari sumbernya.

Tak lupa, AQUA juga melindungi ekosistem di sekitar sumber mata air. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk melindungi kealamian mineral dan keberlangsungan sumber air. Hal ini selaras dengan komunikasi baru AQUA, “Terlindungi Untuk Melindungi”.

News Feed