Hikmah Niatnya, Tata Cara Mandi Wajib Setelah Haid Berdasar Siklus Begitu Penting

Gaya Hidup26 views

Manusia diciptakan untuk diberi akal dan fikiran. Dengan menjaga badan agar tetap bersih maka Anda dapat melakukannya dengan menerapkan budaya hidup sehat. Didalam Al – Quran juga telah menyebut haid ini hingga empat kali. Riwayat imam muslim untuk wanita yang sedang haid yakni, telah datang sekelompok sahabat dari Nabi yang sedang bertanya tentang salah satu orang yang berperilaku jarang makan. Berikut hikmah dan niatnya, tata cara mandi wajib setelah haid berdasar siklus begitu penting antara lain :

  • Hikmah ketika terjadi haid

Pada saat wanita sedang mengalami haid maka aka nada hikmah yang bisa didapat. Haid bersifat normal dan umum terjadi kepada wanita. Haid juga bukanlah sebuah penyakit atau bahkan luka namun merupakan suatu kondisi dimana hormon pada tubuh wanita sedang aktif. Haid juga baik untuk seorang wanita karena ketika sedang dalam pembuahan maka rahimlah yang akan mensupplay makanan. Ketika seorang wanita sedang hamil, maka ciri – ciri pertama yang bisa ditemui adalah telat atau bahkan tidak mengalami haid dalam kurun waktu tertentu. Hikmahnya yakni bahwasannya Allah telah memerintahkan suatu kondisi khusus untuk wanita yang berasal dari gumpalan gumpalan darah Rahim. Adanya haid semata – mata memang tidaklah dibutuhkan sehingga perlu untuk dikeluarkan berdasar siklus tertentu.

  • Surat al – baqarah ayat 222 yang menerangkan tentang haid

وَيَسْـَٔلُوْنَكَ عَنِ الْمَحِيْضِ ۗ قُلْ هُوَ اَذًىۙ فَاعْتَزِلُوا النِّسَاۤءَ فِى الْمَحِيْضِۙ وَلَا تَقْرَبُوْهُنَّ حَتّٰى يَطْهُرْنَ ۚ فَاِذَا تَطَهَّرْنَ فَأْتُوْهُنَّ مِنْ حَيْثُ اَمَرَكُمُ اللّٰهُ ۗ اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ التَّوَّابِيْنَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِيْنَ

Bahasa Latin: Wa yas`alụnaka ‘anil-maḥīḍ, qul huwa ażan fa’tazilun-nisā`a fil-maḥīḍi wa lā taqrabụhunna ḥattā yaṭ-hurn, fa iżā taṭahharna fa`tụhunna min ḥaiṡu amarakumullāh, innallāha yuḥibbut-tawwābīna wa yuḥibbul-mutaṭahhirīn

Artinya: Dan mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang haid. Katakanlah, “Itu adalah sesuatu yang kotor.” Karena itu jauhilah istri pada waktu haid; dan jangan kamu dekati mereka sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, campurilah mereka sesuai dengan (ketentuan) yang diperintahkan Allah kepadamu. Sungguh, Allah menyukai orang yang tobat dan menyukai orang yang menyucikan diri.

  • Dialami oleh semua wanita diantara usia tertentu

Haid adalah sebuah kondisi yang sangat umum. Wanita yang akan mengalami haid tentunya memiliki kondisi serta usia tertentu. Usia pada wanita yang bisa mengalami haid adalah mulai dari 9 tahun hingga batas akhirnya adalah 55 tahun.

  • Siklus haid normalnya adalah per 28 hari dalam setiap bulan

Masa normal ketika wanita sedang mengalami haid adalah dihitung per 28 hari dalam setiap bulan. Siklus haid ini memiliki hitungan yang matang dan bersifat rutin. Selama usia wanita yang sedang haid dalam jangkauan maka siklus ini tidak bisa dihindari. Wanita yang haid juga membuktikan bahwa sudah memiliki usia yang matang.

  • Masa haid paling pendek sehari semalam dan paling panjang 15 hari

Haid juga memiliki hitungan masa tersendiri. Umumnya masa haid paling pendek sehari semalam dan paling panjang 15 hari.

  • Keluarnya darah pada area Rahim

Haid terjadi di area Rahim. Haid atau menstruasi umum terjadi pada wanita yang sudah menginjak usia remaja hingga dewasa.

  • Terjadinya nyeri pada area perut bawah atau punggung

Haid juga akan memiliki efek nyeri pada area perut bawah atau punggung.

Tata cara mandi wajib setelah haid perlu diawali dengan niat. Selama niat yang dilakukan adalah baik maka pahala juga akan mengalir.