Cara Mudah Mematikan Fitur Talkback pada Perangkat Oppo

Gadget8 views

Fitur Talkback adalah salah satu fitur aksesibilitas yang dirancang untuk membantu pengguna dengan kebutuhan khusus, terutama mereka yang memiliki masalah penglihatan. Fitur ini memberikan umpan balik suara untuk membantu pengguna dalam menavigasi perangkat. Namun, ada situasi di mana pengguna ingin mematikan Talkback, misalnya saat meminjamkan perangkat kepada orang lain. Artikel ini akan membahas langkah-langkah cara mematikan Talkback Oppo.

Langkah-langkah Mematikan Talkback pada Perangkat Oppo:

  1. Buka Pengaturan:
    • Buka aplikasi “Pengaturan” pada layar utama perangkat Oppo Anda. Anda dapat menemukannya di laci aplikasi atau langsung dari layar beranda.
  2. Masuk ke Menu Aksesibilitas:
    • Gulir ke bawah dan cari opsi “Aksesibilitas”. Ketuk opsi ini untuk masuk ke menu aksesibilitas.
  3. Pilih “Aksesibilitas”:
    • Di dalam menu aksesibilitas, cari dan ketuk opsi “Aksesibilitas” atau “Accessibility”.
  4. Buka Pengaturan Talkback:
    • Cari dan pilih opsi “Talkback” dalam menu aksesibilitas. Ini akan membawa Anda ke pengaturan khusus Talkback.
  5. Nonaktifkan Talkback:
    • Di halaman pengaturan Talkback, temukan tombol switch atau saklar untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur ini. Geser saklar ke posisi “Nonaktif” untuk mematikan Talkback.
  6. Konfirmasi Tindakan:
    • Setelah mematikan Talkback, sistem akan meminta konfirmasi. Ketuk “Matikan” atau “OK” untuk mengonfirmasi bahwa Anda ingin mematikan fitur ini.
  7. Periksa Pengaturan:
    • Pastikan Talkback telah dimatikan dengan membuka kembali menu aksesibilitas dan memastikan bahwa opsi Talkback berada dalam status “Nonaktif”.
  8. Reboot Perangkat (Opsional):
    • Beberapa perangkat mungkin memerlukan reboot setelah mematikan Talkback. Jika diminta untuk me-restart perangkat, lakukan hal itu.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda seharusnya dapat mematikan fitur Talkback pada perangkat Oppo Anda. Jika Anda mengalami kesulitan atau perlu bantuan lebih lanjut, merujuk ke panduan pengguna perangkat atau menghubungi dukungan pelanggan Oppo dapat memberikan informasi yang lebih spesifik sesuai dengan model perangkat Anda.