by

Cara Mengatasi Laptop yang Lemot (Lambat)

Untuk di masa sekarang ini, pastinya alat elektronik yang berbentuk gadget seperti smartphone dan laptop lebih sering di pakai. Guna untuk alat bantu ketika belajar dengan media online Daring (Dalam Jarigan) dan bahkan sampai pekerjaan pun dengan berbasis online WFH (Work From Home). Dengan begitu semua pekerjaan apapun dialihkan oleh tenaga teknologi modern yang hanya bekerja dirumah tetapi bisa menghasilkan yang sangat bermanfaat.

Bagi kalian yang akhirnya terlalu sering menggunakan laptopnya untuk media belajar dan juga untuk sarana alat bantu media pekerjaan, yang Karena semuanya serba laptop dan akhirnya kalian lambat laun merasakan sistem kerja dari laptop menurun seperti lemot (lambat). Yang mana pada saat kalian akan mengaktifkan laptop atau akan membuka suatu aplikasi, hal itu akan menjadikan kalian menunggu dengan waktu yang cukup lama untuk dapat menggunakannya. Mungkin kalian juga bisa menggunakan cara menghapus file sampah di laptop. Hal itu juga bisa menjadi salah satu faktor laptop kalian menjadi lemot.

  1. Hapuslah file yang sudah tidak diperlukan dengan hati-hati

Terkadang kita banyak  menyimpan file-fle yang sudah tidak terpakai. Ah, pantau dan cek lah selalu berkas dan dokumen kalian. Hapuslah yang memang tidak penting dan tidak digunakan lagi.

Mungkin hal itu merupakan salah satu penyebab dari lambatnya sistem kerja pada laptop kalian, hapuslah dengan hati-hati.

  1. Hapuslah sampah-sampah yang telah menumpuk pada Ricycle Bin

Jika kalian sudah merasa membuang atau menghapus file-file yang memang tidak berguna lagi, baik file yang berukuran kecil maupun besar sebaiknya kamu langsung menuju ke fitur aplikasi Ricycle Bin. Karena semua file-file yang kamu hapus tidak langsung hilang secara permanen, karena terdapat tempat penampungannya pada Ricycle Bin.

Sama saja artinya jika kalian tidak langsung menghapusnya pada Ricycle Bin, karena file yang kamu hapus hanya pada tempat asalnya saja dan masih tersimpan. Maka dari itu, kamu harus sering check pada Ricycle Bin dan untuk menghapusnya. Cara untuk dapat menghapusnya, kalian tinggal klik pada bagian kanan pada Icon Ricycle Bin, setelah itu pilihlah Empty Recycle Bin.

  1. Uninstall aplikasi yang tidak penting dan jarang dipakai

Untuk cara mengatasi laptop lemot atau lambat selanjunya adalah dengan cara mengangistall aplikasi yang menurut kalian tidak penting dan hanya memenuhi RAM pada laptop kalian.

Dengan cara kalian harus masuk pada Control Panel, >Program and Features. Kemudian kalian juga akan menemukan daftar dari aplikasi mana saja yang sudah di install oleh laptop kalian. Nah selanjutnya kalian juga bisa langsung memilih aplikasi mana saja yang akan kalian hapus. Dengan begitu, akan memberikannya ruang yang lumayan luas dari sebelumnya.

  1. Upgrade RAM jika memang urgent

Untuk cara yang terakhir ini, memang menjadi salah satu pilihan jika aplikasi yang sudah dihapus tidak berpengaruh banyak. Untuk fungsi RAM sendiri adalah untuk memberikan ruang untuk aplikasi yang akan kalian operasikan. Misalnya ketika kalian sedang membuka laptop yang aka dioperasikan, dan membuka 3 aplikasi sekaligus dengan cara bersamaan.

Dengan kalian melakukan penambahan RAM, kalian juga bisa membuka lebih banyak aplikasi lainnya dengan waktu yang bersamaan. Cara upgrade RAM, akan kalian rasakan jika produktif dengan aplikasi yang kalian miliki sangat banyak.

Untuk melakukan upgrade, kalian juga harus menyiapkan bujet yang cukup tinggi dan kalian juga harus membawanya pada toko asli atau pun tempat servis asli yang bergarasi khusus produk dari laptop yang kalian miliki untuk dapat memasang RAM.

News Feed