by

Cara Budidaya Jambu Mete dan Manfaat dari Jambu Mete

Jambu mete termasuk tanaman buah yang langka, masih belum banyak yang membudidayakan, sehingga harga kacang mete juga terbilang masih tinggi di pasaran. Budi daya buah jambu mete, hampir dam dengan budi daya atau menanam tanaman buah pada umumnya saja. Jambu mete biasanya ditanam di tanah langsung, walaupun sekarang banyak yang mencoba menanam jambu mete di dalam pot dan terbukti berhasil berbuah, dengan perawatan yang maksimal.

Cara Menanam Jambu Mete

Cara menanam buah jambu mete, tidak jauh beda dengan cara menanam tanaman buah pada umumnya, inilah langkah-langkah menanam buah jambu mete atau jambu monyet :

Menyiapkan Bibit

Mencari bibit yang unggul dan juga berkualitas agar tanaman jambu mete ini tumbuh dengan baik. Untuk mendapatkan bibit yang unggul dan berkualitas Kamu dapat mendapatkan dari penjual bibit tanaman buah yang terpercaya

Mempersiapkan Lahan

Berikutnya yang harus di persiapkan selain bibit adalah lahan. Bersihkan lahan yang akan ditanam dari rumput atau tanaman liar yang mengganggu.

Membuat Lubang Tanam

Setelah lahan di bersihkan, lalu buatlah lubang tanam dengan ukuran 40x40x40, setelah itu taburi dengan furadan secukupnya agar tanah terhindar dari hama atau ulat tanah yang akan mengganggu pertumbuhan bibit.

Setelah itu beri pupuk kandang setengah volume dari lubang tersebut dengan pupuk kandang yang sudah jadi. Setelah diberi pupuk kandang, lalu di urug kembali dengan tanah sekitar 5 cm, setelah itu baru bibit ditanam dan siram sampai basah.

Pemupukan dan Perawatan

Setelah bibit tertanam, hal yang harus kita lakukan adalah pemupukan dan penyiraman secara berkala. Untuk pemupukan awal dapat diberi pupuk kandang secukupnya, ditabur di sekeliling bibit dengan jarak sekitar 10 cm dari batang. Untuk penyiraman dilakukan ketika musim kemarau satu hari 2 kali, yaitu sore hari dan pagi hari. Apabila bukan musim kemarau, bibit dapat disiram satu haru sekali secara berkelanjutan sampai usia tanaman dewasa dan dapat mencari makanan sendiri.

Manfaat buah Jambu Mete

Membantu Menurunkan Kolesterol

Lemak juga terdiri atas dari 2 bagian yaitu, lemak tak jenuh dan lemak jenuh. Nah buah jambu mente ini mempunyai kandungan dari salah satunya yaitu lemak tak jenuh seperti yang sudah saya jelaskan bahwa lemak tak jenuh sangat baik bagi kesehatan kita salah satunya adalah sebagai pencegahan kolestrol, kolestrol adalah penyakit yang terjadi ketika pola makan yang tidak sehat kebiasaan hidup tak sehat dan menimbulkan lemak pada darah menumpuk hal tersebut juga dapat memicu terjadinya strok dan serangan jantung koroner.

Melindungi Tubuh dari Kanker

Sekarang ini banyak sekali polusi yang membahayakan bagi tubuh. Dengan kamu mengkonsumsi buah jambu mete dapat melindungi tubuh dari kanker. Karena terdapat kandungan zat yang berada pada buah dan daun jambu mete ini seperti vitamin, mineral, serat yang dipercaya juga dapat mencegah terjadinya sel kanker pada tubuh manusia. Kanker juga sering kali menyerang tubuh manusia pada saat tubuh merasa lelah dan metabolisme sering sekali terganggu.

Itulah informasi tentang Cara Budidaya Jambu Mete dan Manfaat dari Jambu mete. Dan kamu juga bisa lihat tentang bibit buah terbaik yang belum kamu ketahui. Semoga bermanfaat buat semuanya bagi yang belum mengetahui cara budi daya jambu mete dan juga manfaatnya.

Hosting Unlimited Indonesia

News Feed