by

Berikut 9 Gejala Sakit Ginjal yang Harus Diwaspadai

Setiap organ yang ada di dalam tubuh manusia memiliki peran yang penting di dalam satu kesatuan, sehingga jika seandainya salah satunya mengalami masalah sudah pasti akan menganggu kinerja dari organ tubuh yang lainnya. seperti diantaranya adalah ginjal, pastinya banyak yang tidak asing dengan organ yang berfungsi sebagai penyaringan darah tersebut bukan, zat sisanya adalah dalam bentuk urine yang akan dikeluarkan oleh tubuh. Jika seandainya ginjal mengalami masalah tentunya akan mempengaruhi pembuangan zat-zat sisa atau berbahaya di dalam tubuh. Sehingga mempengaruhi kinerja organ yang lain. Gejala sakit ginjal ini sendiri sebenarnya juga mudah untuk dideteksi.

Mereka yang mengalami masalah pada organ ginjal ini sendiri biasanya akan merasakan beberapa gejala, berikut ini yang wajib untuk diketahui, sehingga pengobatan yang dilakukan tidak terlambat, yaitu:

  1. Jumlah urine yang dikeluarkan oleh tubuh, normalnya Anda akan buang air kecil antara 3 hingga 7 kali dalam sehari, namun jika seandainya jumlah yang dikeluarkan sedikit bahkan tidak bisa buang air kecil sama sekali, waspadai, mungkin ginjal Anda tengah bermasalah.
  2. Kulit mengalami perubahan menjadi tidak sehat, seperti diantaranya adalah warnanya menjadi pucat, gatal dan juga sangat kering.
  3. Nafsu makan akan turun.
  4. Mengalami mual dan juga muntah jika seandainya sudah cukup parah.
  5. Tubuh akan mengalami pembengkakan, masalah yang terjadi pada organ penyaringan darah ini umumnya juga akan disertai dengan aliran darah yang tidak normal, sehingga menyebabkan beberapa bagian tubuh juga membengkak, seperti yang terjadi pada pergelangan kaki, sehingga menyebabkan sulit untuk bergerak.
  6. Kram otot, biasanya kram tersebut terjadi di otot bagian kaki.
  7. Lebih mudah lelah dan napas menjadi lebih pendek.
  8. Mengalami bau napas, bau napas menjadi tidak sedap dikarenakan zat-zat yang bersifat racun masih menumpuk di dalam tubuh, sehingga aroma napas Anda juga tercium seperti urine.
  9. Hipertensi atau tekanan darah tinggi, karena darah tidak disaring sebagai mana mestinya.

Jika sudah mulai terasa gejala-gejala tersebut maka ada baiknya bagi Anda untuk segera memeriksakan diri ke dokter, sehingga langkah penanganan atau pertolongan yang dilakukan juga lebih optimal, sebelum nantinya ginjal Anda benar-benar mengalami kerusakan seperti terkena gagal ginjal. Ada baiknya pula untuk tahu beberapa langkah mudah untuk menjaga kesehatan ginjal, bagaimanapun organ yang satu ini sangat mahal harganya, yaitu:

  1. Konsumsi makanan yang sehat, seperti memperbanyak asupan sayur dan juga buah-buahan. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan mineral ini bagus untuk tubuh, sebaiknya kurangi konsumsi makanan yang terlalu asin dan juga berlemak.
  2. Cukupi kebutuhan cairan setiap hari, sehingga kinerja ginjal di dalam menyaring darah nantinya kian lancar. Ketercukupan cairan yang dikonsumsi bisa dilihat dari warna urine yang Anda keluarkan, apakah bening atau justru kuning pekat.
  3. Menghindari rokok dan juga minuman beralkohol, karena kedua bahan ini memang rentan menyebabkan tekanan darah tinggi atau hipertensi, kondisi yang juga dapat memicu terjadinya kerusakan ginjal.
  4. Menjaga berat badan agar tetap ideal, diantaranya adalah dengan menjaga pola makan Anda diimbangi dengan olahraga yang teratur.

Mudah bukan, lebih baik mencegah dibandingkan dengan mengobati, mulailah sejak masih muda. sehingga setiap organ tubuh Anda tetap dalam kondisi yang sehat. Waspadai jika sudah mulai merasakan gejala sakit ginjal.

News Feed