by

Beberapa Bahan untuk Melepas Sambungan Pipa

Permasalahan terhadapa pipa air pasti sering di temukan di rumah anda bukan, banyak permasalahan seperti pipa bocor, pipa rusak atau mengganti posisi alur pipa. Menggunakan kembali pipa yang ada tentu dapat menghemat pengeluaran. Salah satunya dengan melepas sambungan pipa agar bisa digunakan Kembali, namun untuk melepasnya secara manual cukup merepotkan.

Dan untuk lebih mudah ada beberapa bahan yang dapat digunakan untuk melepas sambungan pipa dengan mudah menggunakan bahan berikut, diantaranya :

Menggunakan Minyak Rem

Caranya dengan memberikan minyak rem ke dalam celah bagian dalam pipa dan sambungan pipa, kemudian tunggu beberapa saat hingga minyak rem masuk kedalam celah pipa kemudian tarik kedua bagian atau lakukan Gerakan memutar sambal menarik untuk melepasnya.

Cara ini tergantung pada ketahan lem yang digunakan, ulangi Langkah diatas hingga pipa berhasil terlepas dari sambungannnya. Jika berhasil bersihkan bagian sambungan dan pipa dengan air mengalir.

Menggunakan Minyak Kayu Putih/Minyak Angin

Caranya juga hampir sama dengan sebelumnya namun menggunakan bahan minyak kayu putih atau minyak angin, cara ini sebaga alternatif jika tidak menemukan minyak rem. Minyak kayu putif efektif untuk melepas sambungan pipa yang menggunakan lem.

Olesi sambungan pipa dengan minyak angin ini kemudian tunggu hingga beberapa menit kurang lebih 10 menit kemudian tarik kedua bagian hingga berhasil terlepas.

Menggunakan Air Mendidih

Dengan cara mengaliri sambungan pipa dengan air panas atau mendidih, cara ini berfungsi untuk membuat pipa memuai. Anda bisa merendamnya kedalam air mendidih selama 5-10 menit, cara melepas sambungan dengan cara ini hanya dapat dilakukan untuk pipa ukuran kecil karena dibutuhkan wadah besar untuk ukuran yang besar.

Kemudian tarik pipa dari sambungan ketik suhu benar benar panas. Jangan menunggu hingga dingin karena pipa akan menyusut Kembali, gunakan kain lap untuk membukanya karena pipa tentu panas.

Gunakan beberapa bahan diatas untuk melepaskan sambungan pipa dengan mudah dan cepat dengan bahan bahan yang ada dirumah anda.

News Feed