by

Assessment Center: Pengertian Hingga Manfaatnya Lengkap

Assessment center mungkin banyak didengar masyarakat namun tidak sedikit dari mereka yang masih belum paham pengertian sampai dengan manfaat yang diperolehnya. Nah, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai apa itu pengertian dari assessment center serta manfaat yang didapatkan. Dimana itu merupakan cara atau metode untuk mengetahui kompetensi diri pada seseorang sehingga bisa lebih mengetahui hal-hal mana saja yang perlu untuk dikembangkan dan memberikan kan kualitas hidup beserta memenangkan persaingan dalam dunia kerja saat ini.

Banyak metode yang diperlukan untuk melihat kompetensi pada seseorang, terutama mulai dari simulasi-simulasi yang diberikan secara bertahap untuk mengidentifikasi masalah, mengetahui cara pengambilan keputusan sampai dengan melihat cara kerja individu tersebut dari diri sendiri ataupun ketika bersama dengan kelompok. Dalam perusahaan ini merupakan salah satu bentuk training yang diperlukan semua SDM, pemimpin perusahaan akan lebih bisa mengetahui dan memposisikan setiap karyawannya pada posisi yang tepat. Misalnya mulai dari bawahan sampai dengan pimpinan, masing-masing memiliki keterampilan yang berbeda yang terkadang tidak disadari oleh orang tersebut. Makanya perlu untuk melihat melalui metode assessment ini.

Secara umum dalam proses assessment ada beberapa bagian yang dilakukan mulai dari assessment, assessment day sampai dengan report dan evaluation. Masing-masing merupakan tahapan yang digunakan untuk mengetahui hasil akhirnya jadi tidak bisa salah satu tidak dilakukan secara berurutan. Tri assessment sendiri merupakan tahapan dalam penetapan jabatan simulasinya melalui wawancara serta tes dengan beberapa pedoman. Kemudian dilanjutkan dengan menjalankan proses yang telah ditetapkan di dalam assessment terakhir mengevaluasi dari hasil yang telah dilakukan pada tahap sebelumnya.

Sampai dengan saat ini masih banyak perusahaan yang tidak mengetahui manfaat baik dari assessment center, bahkan hal itu tidak disadari akan pentingnya dalam kemajuan perusahaan. Padahal dengan melakukan assessment bisa memberikan berbagai manfaat antara lain seperti berikut ini:

  1. Bisa mendapatkan kriteria SDM yang sesuai dengan jabatan yang dicari sehingga tidak perlu lagi menempatkan seseorang pada jabatan yang salah, hasil kerja akan lebih maksimal.
  2. Metode yang digunakan untuk mengidentifikasi calon atau kader pemimpin potensial di masa yang akan datang sebagai persiapan secara dini supaya proses atau tahapan lebih terarah berdasarkan kemampuan yang sudah terasah sebelumnya.
  3. Sebagai cara untuk menyusun strategi pengembangan bagi SDM yang lebih terencana misalnya melalui dari evaluasi assessment perusahaan akan mengetahui pola penempatan posisi kerja, pertimbangan promosi jabatan sampai dengan pembinaan para tenaga kerja yang perlu dilakukan.
  4. Paham mengenai kompetensi yang dimiliki setiap tenaga kerja sehingga bisa lebih diarahkan untuk menuju jalur mana dan posisi mana yang tepat.

Melihat beberapa manfaat yang bisa didapatkan seperti di atas, sebagai pemilik perusahaan tentu akan lebih sadar akan pentingnya melakukan assessment seperti saat ini. Bukan hanya untuk memposisikan tenaga kerja, namun juga bisa memberikan peluang besar perusahaan untuk lebih berkembang karena kinerja masing-masing SDM lebih maksimal. Tidak perlu kesulitan untuk mencari lembaga yang bisa membantu Anda dalam proses assessment yang dilakukan perusahaan. Prasmul-ELI menjadi salah satu rekomendasi yang bisa Anda jadikan partner dalam kerjasama menentukan bakat tenaga kerja.

Mengenai pengalaman yang dimiliki Prasmul-ELI sudah merupakan perusahaan atau lembaga pelatihan assessment center serta kursus yang tidak perlu dilakukan lagi di Indonesia bahkan lembaga yang sertifikat tersebut sudah memiliki banyak trainer berpengalaman dan karyawan perusahaan yang sudah mulai mengembangkan diri dan kualitas bakatnya. Bagi Anda yang ingin bergabung di Prasmul-ELI bisa cek melalui website resminya terlebih dahulu mengenai pilihan program serta apapun informasi yang Anda perlukan.

News Feed