Apa Itu Idiom Bahasa Inggris? Ini Pengertian dan Contohnya

Pendidikan14 views

Apa itu idiom Bahasa Inggris? Kata idiom berasal dari bahasa Yunani idios, yang berarti “milik sendiri” atau “pribadi”. Alasan ini tepat karena idiom seperti lelucon pribadi di antara orang-orang yang mengenalnya. Idiom juga spesifik secara budaya, tidak hanya terkait dengan bahasa.

 Di Inggris, ketika seseorang mengatakan mereka “chuffed to bits”, misalnya, maka makna dari kata itu bukan tercengang, melainkan mereka sangat senang. Jika Anda berbicara bahasa Inggris Amerika, Anda mungkin tidak terbiasa dengan idiom itu. Mari mengenal pengertian idiom dan contohnya.

Apa itu idiom Bahasa Inggris?

Idiom adalah frasa yang tidak dapat dipahami hanya dengan melihat arti kata-kata dalam frasa tersebut. Ahli bahasa Anatoly Liberman, yang telah mempelajari dan menulis tentang asal usul idiom secara ekstensif, menemukan bahwa beberapa idiom dipengaruhi oleh budaya dari daerah itu sendiri dan tidak pernah digunakan di luar komunitas kecil.

Idiom adalah frasa dan dipelajari seperti halnya Anda mempelajari kata-kata. Idiom adalah seluruh frasa yang memiliki arti. Seringkali, urutan kata dalam frasa tidak dapat diubah. Nah, bisa dibilang idiom adalah sejenis singkatan sastra dan budaya.

Idiom yang Dapat Anda Gunakan Saat Belajar Bahasa Inggris

Ada banyak contoh idiom bahasa inggris keren yang memiliki arti tertentu dan berbeda jika diartikan sendiri-sendiri. Inilah beberapa contoh idiom yang bisa Anda pahami:

  • Better late than never

Ungkapan ini berarti lebih baik datang terlambat daripada tidak sama sekali. Namun, artinya tidak menyarankan Anda datang terlambat untuk pelajaran bahasa Inggris dan mengucapkan kalimat ini kepada mentor.

  •  Break a leg

Anda bisa mengatakan ‘break a leg’ kepada seseorang sebelum mereka akan melakukan ujian atau apapun. Nah, idiom satu ini berarti ‘semoga berhasil’.

  • Hang in there

Kalau teman mengalami kesulitan dengan pelajaran bahasa Inggris mereka, Anda dapat menyemangatinya dengan idiom ini yang mana artinya adakah ‘bertahanlah, terus mencoba dan jangan menyerah’.

Sudah tahu apa itu idiom Bahasa Inggris dan ingin sekali mempelajari contoh idiom yang lain? Ayo belajar di EF Adults sekarang!