Aneka Olahan Pisang Kekinian Tanpa Digoreng

Pisang adalah satu buah yang memiliki banyak manfaat dengan beragam kandungan yang ada. Adanya kandungan antioksidan yang tinggi membuat buah yang satu ini cocok untuk menjaga metabolisme dan kesehatan tubuh secara umum.

Nah, tidak hanya bisa dimakan secara langsung saat sudah matang, pisang bisa diolah menjadi aneka makanan yang unik sekaligus lezat nan menyehatkan. Pada kesempatan ini akan dibahas beberapa aneka olahan pisang kekinian tanpa digorengyang bisa Anda coba buat di rumah. Penasaran? Simak ulasannya!

Ragam Olahan Pisang Kekinian Tanpa Digoreng

Tidak dimungkiri bahwa pisang goreng menjadi olahan pisang yang paling digemari, terlebih karena cukup mudah dibuat. Namun, sebenarnya ada beragam olahan pisang lain yang bisa disajikan tanpa minyak. Beberapa diantaranya adalah:

1. Bolu Pisang

Apakah keluarga Anda suka ngemil dengan kue? Maka kamu bisa mencoba resep bolu pisang yang ditulis oleh Adisti Isvara satu ini. Kue bolu ini bisa kamu olah baik dengan cara dikukus maupun dipanggang. Keduanya bisa menghasilkan cemilan yang lembut, lezat dan tentunya disukai oleh anak-anak.

Pastikan gunakan pisang yang sudah cukup matang dengan ditandai kulit yang sudah muncul bintik-bintik hitam. Setelah itu tinggal campurkan dengan adonan berupa telur, gula pasir dan tepung terigu yang sudah dikocok sebelumnya.

2. Pisang Kukus Cokelat Lumer

Paduan pisang dan cokelat memang cukup banyak ditemukan. Nah, untuk olahan yang unik, Anda bisa membuat pisang kukus cokelat lumer sebagai sajian. Paduan rasa manis pisang dan cokelat yang lezat akan memastikan jika olahan ini sungguh nikmat.

Untuk membuat sajian ini, Anda hanya perlu mengukus pisang yang sudah matang. Dalam hal ini, pisang kepok kuning cenderung lebih cocok digunakan. Setelah matang, oles cokelat cair pada permukaan pisang yang sudah dikupas dan berikan parutan keju di atasnya.

3. Roti Pisang Banjar

Roti pisang Banjar adalah panganan tradisional yang saat ini banyak dimodifikasi agar terlihat kekinian. Sekilas, roti Banjar mirip dengan kue apem di Jawa yang dibuat dengan menggunakan tepung beras dan cetakan.

Bedanya, roti pisang Banjar dibuat dengan menggunakan tepung terigu dengan tambahan gula dan juga campuran kelapa. Nah, Anda bisa membuat panganan ini dengan menggunakan keju sebagai pengganti kelapa untuk rasa yang lebih nikmat dan juga unik.

4. Pisang Rai

Pernah mendengar sajian pisang tanpa digoreng yang satu ini? Pisang rai adalah sajian pisang khas Bali yang sangat populer. Sekilas, pisang rai mirip dengan pisang yang digunakan pada es pisang hijau dengan balutan tepung di bagian luar.

Nah, cara pembuatan sajian ini sebenarnya sama karena adonan tepung yang membungkus pisang akan dikukus. Setelah matang, pisang tersebut akan diiris sehingga tampak paduan warna hijau dari kulit dan kuning dari pisang. Menu pisang rai disajikan dengan tambahan kelapa parut.

5. Pisang Kukus Karamel

Olahan pisang karamel biasanya memang digoreng. Namun, untuk variasi, Anda bisa membuat pisang kukus karamel dengan rasa yang tidak kalah lezat. Selain itu, karena dibuat tanpa minyak, tentu pisang karamel cenderung lebih sehat.

Cara pembuatannya pun sangat mudah. Anda hanya perlu mengukus pisang hingga matang. Kemudian, balur pisang dengan karamel yang sudah disediakan. Panganan ini cenderung cocok dibuat dengan menggunakan pisang kepok kuning atau pisang tanduk.

6. Es Pisang Hijau

Jika Anda ingin membuat sajian pisang yang menyegarkan, es pisang hijau mungkin cocok untuk dibuat. Olahan yang satu ini memang sudah sangat populer, terutama disajikan untuk sajian buka puasa di bulan Ramadhan.

Ada cukup banyak resep es pisang hijau yang sudah tersedia. Hanya saja, pastikan Anda menggunakan jenis pisang yang tepat yaitu kepok kuning untuk rasa yang lebih lezat. Beberapa poin di atas adalah ragam olahan pisang kekinian yang bisa dibuat tanpa digoreng. Pilih sajian pisang mana yang Anda inginkan dan coba buat di rumah. Semoga bermanfaat.