AIA Bahagia Bersama Cegah Masyarakat Awam Asuransi Merasa Tertikung

Bisnis8 views

Belakangan ini banyak nasabah atau pengguna produk jasa keuangan yang melakukan komplain atau merasa dirugikan. Hal tersebut bisa jadi karena kurang memahami produk yang mereka pilih atau deskripsi produk yang memang ‘rancu’ untuk konsumen.

Menampung aspirasi ini, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengeluarkan Surat Edaran OJK nomor 5 Tahun 2022 mengenai Produk Asuransi yang Dikaitkan dengan Investasi (SEOJK PAYDI) atau unit link. AIA sebagai salah satu provider asuransi terkemuka di Indonesia dan dunia, bergerak cepat dengan melakukan penyesuaian dan pemutakhiran program mereka.

Dengan mengusung nama AIA Bahagia Bersama dan visi misi untuk menjadi sahabat bagi nasabah dalam melalui setiap tahapan hidup mereka yang tentunya memiliki prioritas beragam. Yang jelas, perencanaan dana untuk asuransi jiwa dan kesehatan saat ini adalah hal yang sangat dipertimbangkan baik nasabah perorangan atau mereka yang ingin memberikan perlindungan pada keluarganya.

AIA Bahagia Bersama menjadi produk unit link pertama yang mempelopori penyesuaian terhadap Surat Edaran OJK nomor 5 Tahun 2022 tersebut. Sebab hal ini juga sejalan dengan keinginan AIA untuk nasabahnya bisa merasakan sesuai semboyan ‘live healthier, longer, better lives’.

Artinya adalah membantu nasabah merencanakan hidup yang sehat lebih lama dan lebih baik. Selain itu banyak manfaat yang ditawarkan secara transparan, jelas dan pembayaran sesuai regulasi SE OJK PAYDI tersebut, Biaya akuisisi ialah 40% pada 3 tahun pertama, kemudian 20% sepanjang tahun keempat hingga keenam dan tahun ketujuh hingga kesembilan biayanya adalah 5%.

Dengan demikian selain meringankan nasabah, juga membantu mereka mempertimbangkan untuk rencana alokasi dana dengan lebih baik dan tenang. Sebab tidak akan ada perubahan sewaktu-waktu yang mendadak atau keluar dari kesepakatan awal.

Hal ini juga berkaitan dengan sistem yang diterapkan AIA, berupa zero illustration. Di mana dengan ini pihaknya menampilkan potensi fluktuasi yang terdapat pada unit link, serta memaparkan besaran biaya asuransi, baik dari produk asuransi dasar atau asuransi tambahan pilihan nasabah secara transparan.

Jika nasabah ingin mengetahui nilai asuransi dan manfaat yang bisa mereka gunakan, kini juga semakin mudah dengan menggunakan fitur video unit link yang terintegrasi dengan tools sales. Artinya, nasabah tak perlu kerepotan dan dapat mengetahui informasi terkait manfaat dan produk unit link yang dimiliki dengan lebih jelas.

Dengan demikian, nasabah bisa menghindari risiko merasa ‘ditikung’ karena tidak mendapat informasi sesuai dengan ekspektasi di awal. Tentunya membuat diri menjadi lebih nyaman dan tenang untuk mengasuransikan diri dan seluruh keluarga.

Benefit sebagaimana asuransi unit link adalah perlindungan hingga usia 99 tahun, serta manfaat tambahan yang bisa nasabah pilih guna menunjang kenyamanan dan pemulihan yang lebih baik, bila ada kondisi yang tak diinginkan seperti sakit atau kebutuhan rawat inap di rumah sakit.

Tentunya hal ini menjadi kabar baik bagi mereka yang masih gamang ingin memilih dan memiliki asuransi. Sebab AIA Bahagia Bersama telah mengikuti standar OJK sehingga terpercaya dan bisa membuat nasabah lebih tenang.