6 Rekomendasi Menu Masakan Rumahan yang Praktis dan Lezat

Memasak sendiri di rumah terkadang terasa membosankan dan melelahkan. Apalagi jika harus memikirkan menu yang berbeda tiap harinya. Nah, untuk mengatasi rasa bosan terhadap menu harian, berikut ada beberapa rekomendasi menu masakan rumahan yang praktis namun tetap lezat.

Menu-menu ini bahan dan cara membuatnya cukup sederhana. Hampir semua bahan juga tersedia di pasar maupun minimarket terdekat. Jadi tak perlu khawatir soal ketersediaan bahan. Penasaran menu apa saja yang direkomendasikan? Langsung saja disimak ulasannya berikut ini!

  • Capcay

Siapa sih yang tidak suka capcay? Masakan oriental satu ini boleh dibilang jadi kesukaan banyak orang Indonesia. Selain praktis, capcay juga kaya nutrisi karena berisi beragam jenis sayuran. 

Bahan-bahan yang diperlukan antara lain kol, brokoli, wortel, bunga kol, sawi putih, bakso, udang, dan lainnya. Semuanya cukup ditumis dengan bawang putih dan bawang bombay lalu dibumbui dengan saus tiram. Voila, capcay siap disantap!

  • Nasi Kuning

Nasi kuning adalah salah satu menu masakan rumahan yang cocok disajikan kapan saja. Rasanya yang gurih ditambah aroma rempah kunyit bikin nasi kuning jadi makin menggugah selera. 

Cara membuatnya cukup dengan menambahkan kunyit bubuk atau kunyit parut ke dalam beras sebelum dimasak menjadi nasi. Setelah masak, nasi beras kuning langsung siap dinikmati bersama lauk seperti ayam goreng, tempe orek, sambal goreng ati, dan lainnya.

  • Nasi Timbel

Menu masakan rumahan selanjutnya adalah nasi timbel. Makanan yang satu ini berasal dari Sunda, Jawa Barat. Nasi putih dibungkus daun pisang lalu ditambahkan sayuran, teri, telur, dan sambal.

Rasanya yang unik dan menggugah selera ini bikin nasi timbel pantas dijadikan santapan mengenyangkan kapan saja. Cara membuatnya pun cukup mudah dan bisa disesuaikan dengan bahan yang ada.

  • Nasi Goreng

Siapa yang tidak kenal nasi goreng? Masakan rumahan yang satu ini boleh dibilang jadi makanan nasional Indonesia. Selain di rumah, nasi goreng juga kerap disajikan di restoran hingga hotel berbintang.

Cara membuat nasi goreng sebenarnya cukup praktis. Intinya adalah menumis nasi putih dengan bumbu bawang merah, bawang putih, kecap dan beberapa bahan pelengkap seperti telur, ayam, bakso, sosis dan sayuran. Toppingnya bisa disesuaikan dengan selera.

  • Ayam Goreng Rempah

Bagi pecinta ayam, ayam goreng rempah bisa jadi pilihan menu masakan rumahan yang nikmat. Rasa gurih ayam dipadukan dengan berbagai bumbu rempah menjadikan ayam goreng ini istimewa.

Aroma dan rasanya bikin susah untuk berhenti mengunyah! Cara membuatnya pun tergolong mudah. Pertama, lumuri ayam dengan air jeruk nipis dan garam.

Setelah itu balurkan ayam dengan bumbu halus berisi rempah-rempah seperti bawang putih, merica, jahe, kunyit dan lengkuas. Terakhir tinggal digoreng hingga matang kecokelatan. Sajikan bersama sambal dan lalapan.

  • Udang Asam Manis

Masih bingung mau masak menu apa untuk makan malam? Udang asam manis bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain rasanya mantap, cara membuatnya juga cukup mudah untuk pemula.

Resep udang asam manis ini menggunakan bahan utama udang yang dimasak dengan saus paduan rasa asam dan manis. Ditambah irisan bawang bombay, paprika serta nanas sebagai topping. Sensasi rasa asam manisnya bakal bikin ketagihan! Itu dia enam rekomendasi menu masakan rumahan praktis dan lezat yang bisa dicoba. Semua menu di atas bahan dan caranya cukup sederhana. Jadi tak ada alasan untuk tidak mencoba memasaknya sendiri di rumah kan? Selamat mencoba resepnya dan semoga bisa jadi inspirasi menu makan sehari-hari.