by

5 Tips Mendekorasi Ruang Makan Agar Lebih Nyaman

Ruang makan merupakan salah satu bagian penting dari rumah yang tak boleh diabaikan. Dalam ruang makan inilah Anda akan banyak menghabiskan waktu untuk menyantap makanan kesukaan ataupun sekedar ngemil dan bersantai. Seringkali ruang makan juga menjadi area favorit keluarga untuk bercengkrama. Tata letak ruang makan tentu berbeda-beda, ada yang terpisah dengan dapur dan ada juga yang terhubung secara langsung dengan area dapur. Sebagai tempat terbaik menyantap makanan, tentu ruang makan ini perlu Anda rawat dengan baik.

Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah dengan selalu menjaga kebersihan ruang makan agar tetap indah dan nyaman ketika Anda gunakan. Selain menjaga kebersihan, hal lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan mendekorasi atau menata ulang ruang makan Anda. Hal ini dilakukan agar Anda merasa lebih nyaman dan tidak bosan dengan interior ruang makan. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendekorasi ruang makan seperti menambahkan hiasan atau pajangan, dan menggunakan meja makan yang sesuai. Meja makan sebagai furnitur utama memiliki banyak sekali model dan ukuran yang bisa Anda sesuaikan dengan selera dan kebutuhan Anda. Selain itu, simak tips mendekorasi ruang makan lainnya berikut ini ya!

Manfaatkan Ruang Secara Maksimal

Tips pertama yang bisa Anda lakukan dalam mendekorasi ruang makan adalah dengan memanfaatkan setiap area secara maksimal. Apabila Anda memiliki ruang makan berukuran besar dan menyatu dengan dapur, Anda bisa mengatur posisi meja makan, dapur, dan perkakas lain serapi mungkin. Anda bisa memaksimalkan setiap area yang ada, apabila masih ada area kosong, Anda bisa mengisinya dengan sofa atau vas bunga sebagai hiasan. Sedangkan jika Anda memiliki ruang makan berukuran kecil, Anda bisa memaksimalkan ruangan dengan menggunakan lemari makan atau rak yang bisa dipasang di dinding. Hal ini bisa mengurangi pemakaian ruang. Anda juga bisa menyesuaikan perkakas apa saja yang akan Anda gunakan, sebaiknya jangan terlalu banyak menyimpan barang di ruang makan agar tidak terasa semakin sempit.

Gunakan Warna yang Serasi

Tips Kedua yang bisa Anda terapkan dalam mendekorasi ruang makan agar terlihat lebih indah adalah dengan menggunakan warna-warna yang serasi. Beberapa warna memiliki kesan dan maknanya masing-masing. Misalnya, Anda bisa menggunakan warna dominan putih agar terlihat minimalis dan lega. Kemudian Anda bisa menggunakan warna-warna gelap agar terlihat lebih intim dan elegan. Selain itu, warna lain yang bisa Anda pilih adalah kombinasi warna merah dan kuning yang bisa meningkatkan nafsu makan. Jika Anda tidak punya banyak waktu untuk mengecat ruang makan, Anda bisa menggunakan kertas dinding yang bisa Anda peroleh dengan mudah serta tidak membutuhkan waktu lama untuk dipasang. Selain itu, Anda juga bisa menggantinya dengan cepat. Anda juga bisa menggunakan karpet dalam ruang makan Anda.

Tambahkan Hiasan

Tips selanjutnya dalam mendekorasi ruang makan adalah dengan menambahkan hiasan. Ada berbagai macam hiasan yang bisa Anda gunakan seperti vas bunga, lukisan, tanaman sintetis, gambar kolase, rak, dan pajangan lain. Berbagai hiasan tersebut memiliki banyak sekali model dan warna yang bisa menyempurnakan interior ruang makan Anda agar terlihat lebih menarik. Anda bisa menyesuaikan hiasan tersebut sesuai selera. Jika Anda ingin ruang makan bergaya minimalis, Anda bisa menambahkan hiasan kayu dan vas bunga berwarna putih sebagai pelengkap. Jika Anda ingin ruang makan yang terlihat ceria, Anda bisa menambahkan lukisan mural dan tanaman sintetis berwarna-warni. Anda bisa membeli berbagai hiasan ruang makan tersebut secara online melalui aplikasi Blibli.

Gunakan Furnitur yang Sesuai

Tips berikutnya yang bisa Anda terapkan adalah dengan menggunakan furnitur yang sesuai. Ada banyak sekali furnitur di ruang makan seperti meja makan, kursi, bean bag, rak, lemari, sofa, hingga bar. Semua furnitur tersebut memiliki beragam model dan ukuran. Misalnya untuk meja makan, Anda bisa memilih meja makan dengan material kayu, plastik, hingga marmer. Anda juga bisa memilih beragam bentuk meja makan baik yang bisa dirakit sendiri maupun meja makan portable yang bisa dilipat. Anda bisa menyesuaikan kebutuhan meja makan dengan ruang yang Anda miliki. Anda juga bisa memilih furnitur sesuai dengan selera desain Anda, seperti bergaya Jepang, kontemporer, modern, dan minimalis. Bahkan, Anda juga bisa mengganti kursi makan Anda dengan bean bag dan menggunakan meja makan yang lebih rendah.

Atur Pencahayaan

Tips terakhir dalam mendekorasi ruang makan adalah mengatur pencahayaan dengan baik. Anda bisa memanfaatkan lampu sebagai pencahayaan yang bisa memberikan suasana yang nyaman. Anda bisa memposisikan meja makan Anda tepat di bawah lampu, hal ini membuat Anda mendapatkan pencahayaan yang baik saat makan. Anda juga bisa menggunakan lampu dengan model gantung yang terlihat unik dan minimalis. Selain itu, Anda juga bisa mengganti warna lampu menjadi kuning agar terasa lebih hangat dan nyaman di mata.

Nah, itulah beberapa tips mendekorasi ruang makan yang bisa Anda coba. Ada beragam furnitur hiasan yang bisa Anda pilih seperti kursi, lemari, sofa, vas bunga, dan meja makan. Barang-barang tersebut bisa Anda beli secara online melalui aplikasi Blibli. Anda juga bisa mendapat promo menarik dan diskon yang menguntungkan.

News Feed