5 Tips membuat Label Kosmetik yang Baik

Bisnis87 views

Label bagi produk kosmetik memiliki peranan yang krusial dan cukup berpengaruh terhadap keseluruhan branding produk. 

Selain berfungsi sebagai media penyampai informasi terkait produk, label pada kosmetik juga berfungsi sebagai media branding yang cukup efektif. Label dan kemasan dapat membentuk perspektif calon konsumen terhadap sebuah produk/brand, serta dapat menggambarkan target market yang sesuai dengan produk mereka. 

Label kosmetik umumnya menggunakan bahan yang tidak mudah robek (vinyl/polymer), diantaranya adalah vinyl, vinyl transparan, dan yupo. 

Bahan label sticker berbasis polymer atau plastik, memiliki karakteristik bahan yang tidak mudah robek, tahan air dan mudah untuk dicetak. Bahan jenis ini cocok digunakan sebagai label produk kosmetik, produk FMCG, makanan dan minuman. 

Berikut ini 5 tips yang bisa anda perhatikan dalam membuat label kosmetik yang baik. 

Gunakan Material Bahan yang Sesuai dan Berkualitas

Saat anda akan membuat label, anda harus menyesuaikan material bahan label anda dengan fungsi atau kegunaan produk. Pastikan material label anda memiliki kualitas yang baik. Gunakan material label yang sudah terbukti kualitasnya dan telah memenuhi standar kualitas ekspor. Beberapa jenis bahan label yang bisa anda gunakan adalah bahan vinyl, vinyl transparan, yupo, semicoated dan chromo.

Jika produk anda beresiko untuk terkena air, di dalam lemari pendingin atau diluar ruangan, maka anda dapat menggunakan label dengan bahan dasar polymer seperti vinyl, vinyl transparan dan yupo. 

Namun jika produk anda tidak terlalu beresiko terkena air dan di dalam ruangan, atau anda menginginkan biaya yang lebih terjangkau, anda dapat menggunakan bahan berbasis kertas seperti Semicoated, Chromo dan HVS. 

Berikan Desain yang Unik dan Sesuai dengan Karakter Target Audience

Desain untuk keperluan label tidak boleh dilakukan secara sembarangan, anda harus memperhatikan dengan betul desain label yang akan anda gunakan untuk produk anda. Pastikan desain label anda sudah cukup menarik dan unik untuk mudah diingat oleh pelanggan. Selain itu, anda harus menyesuaikan style desain anda dengan karakter target audience yang ingin anda bidik. Contohnya, jika target audience anda adalah orang-orang yang berusia remaja, anda bisa menggunakan desain yang colourful dengan style desain minimalist/flat. Namun jika anda ingin menjangkau kalangan diatasnya dan sosialita, anda bisa menggunakan desain yang simple dengan pilihan warna yang elegan. 

Perhatikan Hasil Cetak Label 

Setelah anda menetapkan desain label untuk produk anda, ada baiknya anda turut memperhatikan kualitas cetak label sticker produk anda. Pastikan tidak ada cacat dalam hasil cetaknya, dan cetakan sudah baik/tajam. Perhatikan detail-detail kecil yang ada pada label. Untuk mendapatkan hasil cetak yang maksimal, anda bisa melakukan pemasanan label ke vendor atau pabrik label yang menggunakan mesin cetak flexo atau rotogravure. Tentunya dengan hasil cetak yang tajam dan berkualitas, produk anda akan dipandang baik oleh calon pelanggan, sebaliknya jika hasil cetak label anda buruk atau terkesan asal-asalan, maka itu akan mempengaruhi persepsi calon pelanggan terhadap produk anda. 

Gunakan Label Sticker Roll 

Setelah urusan material bahan, desain dan kualitas hasil cetak, anda juga harus memperhitungkan terkait efisiensi dan efektifitas proses produksi produk anda. Label sangat identik dengan proses labeling atau proses penempelan label. Proses labeling harus berlangsung dengan efisien dan efektif. Anda dapat menggunakan label sticker dengan finishing bentuk roll atau gulungan. Fungsinya adalah agar anda dapat menggunakan mesin penempelan label, baik yang manual, semi otomatis dan full otomatis. Jika anda baru memulai produksi kosmetik brand anda, anda dapat menggunakan mesin labeling manual yang memiliki harga relatif terjangkau. Dengan bantuan mesin, proses labeling anda akan berjalan lebih cepat, lebih rapi dan presisi.

Produksi di Vendor atau Pabrik yang Tepat

Satu hal penting yang harus anda perhatikan adalah tempat produksi atau pabrik produksi label yang tepat untuk produk anda. Pastikan anda mencetak label di pabrik yang terpercaya dan memberikan garansi terhadap kualitas hasil cetaknya. Untuk anda yang berada di wilayah Jabodetabek, anda bisa percayakan kebutuhan label anda pada PT Galtys Jayanti Mandiri. Galtys telah berpengalaman lebih dari 12 tahun dalam industri label dan telah terbukti bekerja sama dengan banyak brand besar berkualitas internasional. Selain itu, Galtys juga menggunakan material bahan berstandar ekspor dan mesin cetak flexografi yang memiliki hasil cetak yang tajam. 

Untuk anda yang ingin lebih tahu seputar PT Galtys Jayanti Mandiri, anda dapat mengunjungi website official Galtys disini.

Referensi : https://rollsticker.id/jenis-material-bahan-label-sticker-kosmetik/