5 Rekomendasi Content Analysis Tools untuk Perkuat SEO Konten Anda

Bisnis33 views

Daftar tools untuk content analysis berikut ini akan memudahkan Anda dalam menentukan strategi penyampaian informasi kepada audiens.

Dengan kehadiran content analysis tools, Anda tidak perlu lagi menyewa jasa analisis konten. Pasalnya tools yang tersedia secara online berikut ini dapat digunakan secara gratis.

Sebelum mengulas lebih jauh tentang rekomendasi content analysis tools, pahami dulu apa itu analisis konten.

Definisi Content Analysis                                              

Data dan informasi menjadi bagian penting dalam dunia komunikasi saat ini. Ketepatan penyampaian informasi akan membantu Anda dalam menyampaikan maksud dan tujuan yang diinginkan, terutama jika ingin menyampaikan pesan brand dalam sebuah iklan. 

Salah satu metode yang dapat digunakan dalam menganalisis ketepatan informasi yang ingin Anda sampaikan adalah dengan metode analisis konten (content analysis).

Analisis konten adalah metode yang digunakan untuk menganalisis aspek objek digital yang berkaitan dengan maknanya dalam suatu pesan komunikasi.

Analisis konten awalnya dipelopori oleh Harold D. Lasswell, tokoh yang juga mempelopori metode atau teknik symbol coding.

Secara umum, tujuan dari analisis konten ini yaitu untuk menggambarkan karakteristik isi dan menarik kesimpulan penyebab dari suatu pesan.

Metode analisis konten pada awalnya memerlukan berbagai tahapan agar Anda bisa menarik kesimpulan pada suatu informasi.

Namun kini pekerjaan Anda akan jauh lebih mudah dengan kehadiran sejumlah tools online untuk menganalisis konten yang Anda sajikan.

Rekomendasi Content Analysis Tools

Dikutip dari situs Impactplus dan Contentmender, berikut ini adalah 5 content analysis tools yang dapat digunakan secara gratis maupun berbayar:

1. Google Analytics

Google Analytics adalah platform gratis yang disediakan google untuk melacak audiens yang mengakses konten Anda berupa data distribusi sumber traffic, waktu kunjungan hingga konten yang paling banyak dibaca.

Untuk mendapatkan informasi yang lebih detail terkait kualitas situs maupun konten, sebaiknya Anda membuat akun bisnis pada Google Analytics. Contohnya adalah Google Analytics Standard Ecommerce

Anda akan mendapatkan laporan terperinci seputar perilaku berbelanja, kinerja produk, performa penjualan, performa daftar produk hingga data pemasaran.

2. Wordcount

Alat ini akan membantu Anda menghitung berapa banyak kata dan karakter yang Anda buat pada sebuah konten. Selain itu, alat ini akan membantu mengidentifikasi kesalahan dalam tata bahasa dan plagiarisme.

3. BuzzSumo

Alat analisis konten ini memberikan banyak masukan untuk pengembangan konten pada website Anda, mulai dari pencarian konten paling populer atau paling banyak dicari, brand atau merek yang paling banyak disebut, analisis kompetitor, dan pencarian influencer menurut keyword-nya.

4. Check My Links

Check My Links digunakan untuk menjelajahi halaman situs Anda untuk mencari link yang rusak. Alat ini membantu Anda untuk menerbitkan konten tanpa perlu khawatir ada kesalahan pada link yang Anda buat.

5. Atomic Reach

Tool ini akan menjelajahi dan menilai konten yang Anda buat berdasarkan kosakata, keterbacaan, dampak emosional, dan banyak lagi. Atomic Reach juga dapat menyajikan konten apa saja yang banyak pembacanya di situs Anda maupun yang perlu ditingkatkan.

Selain 5 rekomendasi content analysis tools di atas, masih banyak alat lain yang dapat Anda gunakan untuk mengoptimalkan SEO pada konten maupun situs Anda. Selamat mencoba!