by

5 Cara Agar Terhindar dari Virus Corona Selama Berada di Transportasi Umum

Infeksi virus Corona pada dasarnya memang bukan sesuatu yang dapat diremehkan. Mengingat sampai saat ini virus tersebut sudah membunuh sekitar puluhan ribu jiwa yang ada di seluruh dunia. Bahkan sangat mungkin nantinya jumlah tersebut akan senantiasa mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Mengingat jika dilihat sendiri tim medis Indonesia juga masih kurang tanggap di dalam membantu penyembuhannya. Kurangnya fasilitas medis juga menjadi salah satu faktor penyebabnya.

Untuk itu maka upayakan sebisa mungkin agar nantinya kita dapat terhindar dari virus mematikan tersebut. Karena mencegah pada dasarnya memang lebih baik daripada mengobati. Virus yang satu ini pada dasarnya dapat menular kepada siapa saja secara mudah, mulai dari droplet saat penderitanya batuk ataupun juga bersin. Bersentuhan secara langsung dengan penderitanya sampai juga disebabkan oleh benda-benda maupun sarana umum yang terpapar oleh virus yang satu ini. Tentunya hal yang sangat mengkhawatirkan bukan.

Apalagi bagi Anda yang terbiasa memakai sarana transportasi umum sebenarnya juga termasuk kalangan yang rentan terpapar oleh virus Corona. Hanya saja terkadang kita memang lebih banyak mengandalkan transportasi umum demi kenyamanan, begitu pula bagi orang-orang yang tidak memiliki kendaraan pribadi. Untuk itukah maka berikut ini diantaranya ada beberapa tips agar tidak terserang Covid 19 ketika Anda mengandalkan sarana transportasi umum, yaitu:

  1. Jagalah kebersihan tangan, diantaranya adalah dengan membiasakan diri untuk mencuci tangan menggunakan sabun. Bahkan dikatakan jika seandainya efektivitas mencuci tangan memakai sabun ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan hand sanitizer untuk membunuh kuman dan juga virus penyebab penyakit. Namun karena tidak memungkinkan untuk cuci tangan dengan sabun, gantilah dengan pemakaian hand sanitizer, apalagi di area atau tempat umum seperti sekarang ini, tentunya hand sanitizer jadi pilihan yang jauh lebih praktis.
  2. Hindarilah untuk menyentuh ganggang pintu secara langsung, pintu ini pada dasarnya adalah bagian dari sarana transportasi umum yang dipegang banyak orang. Jadi potensinya sendiri sudah tentu begitu tinggi untuk menularkan berbagai macam penyakit. Jika bisa maka Anda dapat mendorongnya dengan lengan ataupun paha, bukan tangan. Jika terasa maka setelahnya langsung gunakan hand sanitizer di tangan Anda, sehingga akan lebih aman.
  3. Jangan memegang ponsel terlalu sering ketika berada di dalam sarana transportasi umum, secara tidak sadar nantinya ponsel Anda tersebut juga menjadi benda yang dapat menularkan penyakit, karena virus bisa menempel disana, apalagi ketika digunakan pada sarana umum. Untuk itu ada baiknya bagi Anda di dalam mengurangi pemakaiannya. Jadi nantinya dapat digunakan untuk meminimalisir penyebaran dari virus yang satu ini.
  4. Tetap menjaga jarak dengan orang lain yang ada di sekitar Anda, langkah lainnya yang bisa Anda lakukan disini adalah dengan jaga jarak atau social distancing untuk mencegah penularan virus. Paling tidak adalah sekitar 1 meter, sebisa mungkin juga hindari duduk di dekat orang yang tampak sedang sakit.
  5. Gunakan masker secara tepat, jangan lupa juga untuk selalu memakai masker ketika keluar rumah, agar tidak sampai terserang penyakit ini. Karena memang penyebaran atau penularan yang paling rentan adalah berasal dari droplets ketika ada orang yang batuk atau bersin.

Setidaknya itulah 5 cara yang bisa Anda upayakan agar tidak sampai tertular virus Corona ketika sedang berada di dalam sarana transportasi umum. Untuk informasi pencegahan yang lainnya bisa cek situs Halodoc.

News Feed