5 Aplikasi Kredit HP Tanpa DP dan Terpercaya Berbunga Rendah

Aplikasi13 views

Buat kamu yang masih bingung mencari aplikasi kredit terbaik, ada beberapa pilihan aplikasi kredit yang tidak memerlukan uang muka atau jaminan sama sekali. Syaratnya mudah, prosesnya juga cepat kurang dari 24 jam saja sudah bisa mengetahui status pinjaman kamu, sama seperti melakukan pendaftaran media sosial.

Sebelum mengajukan pinjaman lewat aplikasi kredit, pahami dulu cara kerja serta risiko yang ditimbulkan di kemudian hari. Pasalnya ada beberapa aplikasi kredit yang justru membuat kondisi finansial kamu jadi makin berantakan terutama saat tidak bisa membayar cicilan.

Jika kamu sudah menganalisa dan mengetahui kondisi kemampuan finansial kamu, barulah ajukan pinjaman dengan bijak. Pastikan jumlah cicilan tidak lebih dari sepertiga penghasilan kamu saat ini. Sehingga kamu masih punya dana untuk kebutuhan bulanan lainnya.

Berikut ini beberapa aplikasi kredit yang bisa dijadikan rujukan terutama yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan sehingga memberikan kepastian hukum yang jelas, sebagai berikut ini;

Kredivo

Soal branding, Kredivo saat ini sudah cukup dikenal secara luas oleh masyarakat. Tidak heran jika salah satu aplikasi kredit ini terus berkembang dengan memberikan fitur-fitur keuangan yang membantu kebutuhan finansial bulanan. Mulai dari membayar berbagai tagihan sampai dengan pembelian tiket pesawat.

Selain itu, Kredivo punya opsi cicilan tanpa perlu bayar bunga khusus untuk tenor 3 bulan dan bayar dalam waktu 30 hari saja. Bedanya untuk tenor 3 bulan, akan dikenakan admin 3% dari total belanjaan atau cicilan di dalam keranjang.

Sementara itu, jika ingin memilih cicilan dengan tenor yang lebih fleksibel, kamu bisa memilih tenor 6 dan 12 bulan dengan bunga rendah hanya 2.6% saja per bulan. Limit pinjamannya juga kini semakin besar hingga Rp50 juta khususnya bagi member premium.

Kredivo punya jaringan merchant yang sangat luas sehingga bisa digunakan untuk transaksi secara online dan offline. Mau kredit hp atau barang elektronik juga mudah sekali lewat Kredivo. Yang pasti, kamu hanya perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu dan pengajuan membership. Setelah pengajuan disetujui, kamu bisa langsung menggunakan akun Kredivo sesuai dengan limit pinjaman yang disetujui.

Shopee Pay Later

Bagi pengguna akun Shopee pasti familiar juga dengan layanan Shopee Pay Laternya. Jika kamu ingin belanja di Shopee memang paling cocok menggunakan Shopee Pay Later karena banyak promo atau diskon yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan Shopee Pay Later.

Tidak berbeda dengan Kredivo, Shopee Pay Later juga menawarkan tenor cicilan yang beragam mulai dari 30 hari, 3 bulan, 6 bulan dan 12 bulan. Setiap transaksi dengan menggunakan akun Shopee Pay Later akan dikenakan bunga sebesar 2.95% dan tambahan biaya penanganan sebesar 1%.

Jadi, jika dibandingkan dengan Kredivo, Shopee Pay Later punya bunga cicilan yang lebih tinggi. Selain itu tidak ada promo cicilan dengan bunga 0% untuk semua opsi tenor yang diberikan. Limit pinjamannya pun biasanya akan berangsur naik jika banyak digunakan untuk transaksi.

Akulaku

Aplikasi kredit ini memang sudah cukup lama malang melintang di belantika dunia pinjaman online. Akulaku banyak dikenal di kalangan mahasiswa utamanya bagi mereka yang butuh mencicil smartphone.

Tenor Akulaku juga cukup fleksibel dengan penawaran bunga rendah 2,6% saja per bulan, tetapi hanya untuk pinjaman di atas Rp1 juta dengan tenor minimal 30 hari. Untuk pinjaman Rp1 juta atau dibawahnya dengan tenor 30 hari, tidak dikenakan bunga. Namun, ada biaya administrasi yang harus dibayarkan sebesar 5%-6% dari total pinjaman. Artinya makin besar pinjamannya, biaya adminnya bisa makin besar. 

Indodana

Indondana termasuk salah satu aplikasi kredit yang menawarkan bunga rendah. Serendah apakah bunga pinjamannya? Untuk tenor 1 bulan tidak dikenai bunga alias bunga 0%, sedangkan untuk tenor 3-12 bulan dikenakan bunga flat sebesar 3% dan admin fee sebesar 1% atau minimal Rp1.000.

Perhitungan pinjaman serta pengenaan bunganya masih tetap mudah untuk dipahami. Namun, pada akhirnya jika kamu mengajukan pinjaman Rp2 juta dengan tenor 3 bulan maka bunga yang harus dibayarkan 3 x 3% = 9%. Belum ditambah dengan biaya admin sebesar 1% dari total pinjaman. Untuk kategori pinjaman dana termasuk terjangkau dan murah. Namun, untuk kategori belanja dengan cicilan, bunga yang ditawarkan terlalu tinggi.

Adakami

Aplikasi kredit yang satu ini cukup gencar melakukan iklan dan penawaran di berbagai platform termasuk di Youtube dan Media Sosial seperti Instagram dengan menyasar kalangan anak muda dan first jobber.

Plafon pinjaman yang ditawarkan sangat tinggi hingga Rp80 juta dengan opsi tenor 3,6 dan 12 bulan. Bunga yang dikenakan oleh Adakami beragam, jadi berbeda-beda tergantung dengan tenor yang dipilih. Misalnya untuk tenor cicilan 14, 21 dan 28 hari bervariasi antara 0.1-0.13% yang jika dikalikan dalam satu bulan antara 3%-4% per bulan, dimana bunga ini masih lebih tinggi dibandingkan aplikasi kredit lainnya.

Sementara itu untuk cicilan 3,6 dan 12 bulan punya ketentuan bunga yang berbeda yaitu flat 3% per bulan namun belum termasuk biaya layanan. Besarnya biaya layanan sekitar 1,42% dari total pokok pinjaman.