by

4 Cara Meningkatkan Daya Ingat Paling Jitu dalam Waktu Singkat

Otak adalah hardware yang dimiliki manusia dan memiliki kemampuan dalam menyimpan ingatan bahkan untuk jangka waktu yang sangat lama. Jika otak bermasalah, maka ingatan pun juga bisa menjadi buruk. Supaya daya ingat terus baik ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Menjadi orang yang pelupa adalah sebuah hal yang sangat mengganggu. Kinerja jadi menurun dan prestasi tentu sulit untuk diraih. Padahal masih muda, pasti kamu tak ingin memiliki daya ingat yang buruk. Ada beberapa cara meningkatkan daya ingat  sekaligus kecerdasan otak yang bisa diikuti. Apa saja itu?

Cara Mudah Meningkatkan Daya Ingat Serta Kecerdasan Otak

Bagi para pelupa, cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan daya ingat adalah dengan menjaga kesehatan. Kemudian menghindari beberapa kebiasaan buruk yang tanpa disadari menurunkan kinerja otak. Berikut ini beberapa cara meningkatkan daya ingat dan kecerdasan otak.

  • Rajin menulis

Menulis adalah langkah tepat untuk memperkuat memori apalagi dibandingkan dengan mengetik. Dengan menulis tangan, otak akan lebih banyak bekerja dan rangsangan untuk mengidentifikasi informasi yang ditulis. Dengan begitu daya ingat akan meningkat, cukup rutin menulis sebelum tidur akan memperbaiki kinerja otak.

  • Hentikan kegiatan multitasking

Dalam pekerjaan, kemampuan multitasking seringkali dibutuhkan. Sayangnya kegiatan ini justru akan membuat kinerja otak menurun akhirnya daya ingat pun juga berangsur menurun. Karena kegiatan multitasking menjadi penyebab terganggunya memori jangka pendek. Informasi pun tidak bisa disimpan dalam jangka panjang.

  • Belajar bahasa baru

Belajar adalah langkah tepat untuk memperkuat memori, khususnya bahasa. Dengan belajar bahasa baru, otak akan dipaksa bekerja mengingat banyak kosakata. Cukup menghafalkan kosakata baru setiap minggunya cukup baik untuk meningkatkan kemampuan daya ingat.

  • Mendapatkan tidur cukup

Tidur menjadi cara meningkatkan daya ingat otak secara alami yang perlu dijadikan kebiasaan. Bukan hanya tidur memejamkan mata tetapi memperoleh tidur yang cukup dan nyenyak. Tidur akan mengistirahatkan otak sehingga mampu bekerja kembali dengan kemampuan yang lebih baik. Waktu tidur yang baik orang dewasa adalah 7 hingga 9 jam sehari.

Kemampuan daya ingat sangat penting bagi semua manusia, untuk itu menjaga otak bisa bekerja dengan baik sangatlah penting. Dengan empat cara ini, kamu bisa meningkatkan  daya ingat dengan lebih cepat.

News Feed